Toyota Yaris ECOVan, Hatchback Hybrid Mewah Dijadikan Mobil Kargo

Toyota Yaris Hybrid Ecovan

CaruserMagz.com – Sejak tahun 2020, Toyota Yaris generasi keempat telah hadir di Eropa, Yaris yang terlihat lebih stylist dan sporty berkat bahasa desain TNGA yang baru. Di tahun 2021 ini, Toyota Yaris ECOVan diluncurkan di Spanyol sebagai kendaraan komersial ringan hybrid dengan ruang kargo yang lapang.

Unik! karena pada umumnya mobil kargo dipilih dari basis kendaraan yang beukuran besar, untuk kapasitas kargo yang maksimal. Namun kali ini sebuah kendaraan mungil yang lebih cocok jadi sport car dijadikan mobil kargo.

Kemungkinan mengingat makin maraknya transaksi online di perkotaan yang membutuhkan kendaraan kargo kecil yang lincah, Yaris dianggap cocok untuk melaksanakan tugas mengantarkan berbagai barang pesanan dari pelanggan e-commerce.

Toyota Yaris ECOvan Eksterior dan Interior
Toyota Yaris ECOvan Eksterior dan Interior

Yaris Generasi ke-4 ini merupakan mobil yang dinobatkan sebagai European Car of the Year 2021. Pasalnya, terlihat mirip dengan supermini Jepang.

Toyota Yaris ECOVan Memiliki Kabin yang Lapang

Meskipun lahir sebagai hatchback yang terlihat mungil dari luar, ternyata mobil ini mempunyai ruang kargo yang luas jika dimaksimalkan.

Kursi pada baris belakang dilepas, hingga mempunyai kapasitas kargo sebesar 720 liter. Dimana Yaris versi penumpang dengan kursi penumpang terpasang, memiliki bagasi sekitar 286 liter.

Yaris ECOVan pada bagian belakang dilengkapi dengan partisi pengaman. Dengan begitu, barang bawaan berat dan besar tetap aman.

Kabin Yaris Cargo
Kabin Yaris Cargo

Lebih menariknya lagi,  kendaraan van ini mampu membawa kargo hingga 430 kg atau setara dengan sebagian besar persaingan di segmen LCV, yakni setengah ton.

Akan tetapi, Toyota Yaris ECOVan versi penumpang lebih eksklusif, karena memakai teknologi hybrid yang memungkinkan mobil bergerak bebas di jalanan kota.

Fitur Canggih

Kendaraan ini tersedia dalam dua level trim. Kemudian perlengkapan standarnya menggunakan basis Business Plus dan sistem Toyota Safety Sense ADAS.

Meskipun mobil kargo, Toyota tidak mengurangi fitur-fitur canggih pada Yaris ECOvan Hybrid. Pada sistem infotainment, Toyota menyematkan HU layar sentuh 7-inci. Selanjutnya cakupan fitur keselamatan berupa Smart Entry dan Keyless Go sebagai standar.

Selain itu, Toyota menghadirkan lampu depan LED, AC, dan velg 15-inci. Bahkan Active Tech menambahkan lampu belakang LED berlayar sentuh 8 inci dengan kamera tampak belakang dan setir berbalut kulit.

Performa Mesin

Untuk dapur pacunya, Yaris ECOVan mengkombinasikan mesin tiga silinder 1.500 cc dengan motor listrik. Tenaga yang diperoleh 85 kW atau 116 PS dengan torsi puncak 120 Nm.

Transmisi e-CVT menyalurkan tenaga tersebut ke roda depan melalui gearbox otomatis. Namun, mobil ini hanya tersedia di Spanyol. Tapi, tidak menutup kemungkinan untuk dipasarkan di negara Eropa lainnya

Apabila membandingkan dengan varian sebelumnya, Toyota Yaris ECOVan ini lebih mahal sekitar Rp. 22 jutaan. Pasalnya, Toyota memberikan penawaran pada mobil ini dengan harga sekitar Rp. 398 juta di Eropa.

Tulis Komentar