Mitsubishi Mirage Facelift 2020 Resmi Diluncurkan, akankah Kembali Hadir di Indonesia?

CaruserMagz.com – Mitsubishi Mirage Facelift 2020 resmi diluncurkan di Thailand pada 28 November 2019 pada Thailand Motor Expo 2019. Mirage 2020 ini merupakan Generasi-2 yang telah mengalami facelift ke-2 dengan penyematan fascia depan “Dynamic Shield Design” sebagaimana program penyeragaman yang dilakukan MMC pada semua lineup-nya.

 
Model Mirage 2020 ini disebut facelift, bukan generasi baru. Karena memang ubahannya lebih menitik beratkan pada penyematan wajah baru sebagai ciri khas mobil-mobil Mitsubishi masa kini.

 
Sehingga perubahan yg paling kentara hanya pada wajah dynamic shield-nya yang membentuk huruf X. Namun justru desain inilah yang membuat semua line up Mitsubishi terlihat menarik, modern dan menjadi kebanggaan bagi pemiliknya.

 
Secara bentuk keseluruhan, tidak berubah dari model sebelumnya, baik sisi eksterior maupun interior. Namun pada detail beberapa bagian mendapat penyegaran yang membuat tampilan small hatchback ini lebih baik.

 

Eksterior

 
Selain dynamic shiled, perubahan signifikan pada fascia depan Mirage 2020 ini cukup menarik, seperti desain lampu yang lebih menyipit dengan bentuk yang cantik dan modern dengan projector head-light. Lampu kabut juga terlihat lebih menarik berkat sirip-sirip pada housingnya.

Mitsubishi Mirage 2020 Facelift  - Tampak depan dengan Dynamic Shield Design
Mitsubishi Mirage 2020 Facelift – Tampak depan dengan Dynamic Shield Design

Di bagian samping, perubahan terlihat pada desain spoke velg yang jadi lebih sporty dan ukuran 15 inci yang lebih besar dari sebelumnya. Kaki baru Mirage 2020 ini membuatnya terlihat lebih kokoh dan cakep. Sayangnya model tuas pintu tidak berubah, masih model tarik yang terasa ketinggalan zaman.

Mitsubishi Mirage 2020 - Tampak Belakang
Mitsubishi Mirage 2020 – Tampak Belakang

Bagian belakang tidak mendapat ubahan signifikan, namun bumpernya baru dengan reflector vertikal. Bentuk lampu belakang tidak berubah, namun tataletak ini lampunya terlihat baru. Di bagian atas, antena model stik pendek cukup membuat mobil ini terlihat kekinian.

 

Interior

 
Masuk ke kabin, kita masih mendapati dashboard persis sama dengan model sebelumnya, hanya saja kini tersemat head unit layar sentuh 7 inci yang telah memiliki fitur konektifitas Smartphone Display Audio (SDA) system, yaitu Apple CarPlay dan Android Auto.

Mitsubishi Mirage Facelift 2020 - Interior Dashboard
Mitsubishi Mirage Facelift 2020 – Interior Dashboard

Tetap dengan keunggulannya . Mitsubishi Mirage 2020 ini memiliki fitur-fitur yang membuat pemiliknya betah di dalam kabin, khususnya kursi pengemudi. Seperti adanya AC Digital, audio steering switch, Start-stop engine button dan MID steering switch.

Pada keseluruhan kabin terlihat desain yang sama dengan Mirage sebelumnya, namun warna jok berbeda dengan kombinasi kulit sintetik hitam dan kain fabric bermotif garis-garis bersilang.

Mitsubishi Mirage 2020 Facelift - Interior Cabin
Mitsubishi Mirage 2020 Facelift – Interior Cabin

Mesin

 
Kurang lengkap jika tak membahas jantung pacunya, apakah ada perubahan? ternyata tidak! Mirage 2020 ini masih menggunakan mesin 3-silinder 1200 cc bertenaga 78 PS dan torsi maksimum 100 Nm. Pilihan transmisi adalah CVT atau manual 5-percepatan.

 
Mungkin kita berharap Mitsubishi akan menyematkan mesin 4-silinder untuk varian tertinggi, seperti yang terjadi pada Toyota Agya dan Nissan March, untuk getaran mesin yang lebih manusiawi. Namun untuk penggunaan sehari-hari, mesin bukanlah konsen yang lebih utama.

 

Kembali hadir di Indonesia?

 
Pertanyaan pamungkas adalah dengan hadirnya Mitsubishi Mirage facelift 2020 ini, akankah PT MMKSI kembali menjual small hatchback-nya di Indonesia? Kabar yang beredar kemungkinan itu kecil. Itu adalah kabar buruk tentunya bagi pecinta mobil ini.

 
Harusnya dibawa saja ke Indonesia, tidak perlu hitung-hitungan karena pasti ada peminatnya. Segmen small hatchback bukanlah yang sepi-sepi amat, apalagi dengan desain yang stand-out seperti ini, kami yakin akan banyak konsumen Indonesia yang kepincut, khususnya mereka yang bosan dengan model mainstream, seperi Brio dan citycar LGCG.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar