Kapan Kia Picanto Generasi Baru Masuk Indonesia, Begini Kata KMI

CaruserMagz.com – Salah satu mobil small hatchback terlaris di Indonesia adalah KIA All New Picanto. Dapat dikatakan Picanto juga merupakan pionir hadirnya citycar murah di Indonesia sejak tahun 2004, sebelum kelahiran mobil bergenre LCGC yang kemudian menenggelamkan kejayaan hatchback Korea tersebut di Indonesia.

 
Sejak tahun 2017, Kia All New Picanto telah berganti ke generasi-3 secara global. Diluncurkan di Geneva Motor Show pada Maret 2017, Kia meningkatkan tampilan eksterior dan interior Picanto jadi lebih modern dan dijejali fitur kekinian yang kian canggih.

 
Namun hingga pertengahan 2018, tidak ada kabar dari Kia Mobil Indonesia (KMI) apakah Picanto Generasi-3 akan hadir di Indonesia. Bahkan kabar yang datang adalah bahwa Kia tidak ikut meramaikan GIIAS 2018, yang artinya Picanto belum juga diluncurkan.

 
Bukan hanya menjadi lebih atraktif, Kia Picanto generasi ke-3 juga makin bertenaga, bahkan di Eropa supermini ini sudah menggendong mesin Turbo, dengan output tenaga hingga 99 hp dan torsi 176 Nm.

 
Spsifikasi Kia All New Picanto generasi baru tersebut memang sangat menarik, karena generasi kedua saja sudah tergolong nyaman dengan tarikan mesin yang gesit, apalagi dengan fitur dan torsi sebesar itu, akan membuat mobil ini makin fun-to-drive.

 
Baca juga:

 
Pertanyaan yang diulang-ulang oleh para pecinta citycar ini tentunya adalah kapan Picanto genrasi ke-3 akan dihadirkan di Indonesia? Namun ternyata tidak kunjung ada berita baik.

 
Picanto generasi kedua bahkan sudah mulai meredup sejak tahun 2017, dimana yang dijualkan hanya varian terendah dengan spesifikasi dan fitur mirip LCGC. Bahkan benar-benar tidak lagi dijual di Indonesia sejak awal tahun 2018.

 
Hal tersebut dibenarkan oleh Ridjal Mulyadi selaku General Marketing PT KIA Mobil Indonesia. “Tahun lalu masih kita jual. Namun, karena ada perubahan bentuk dan generasinya berubah kita belum masukin (generasi terbaru),” ungkap Ridjal di Jakarta (18/7).

 
Menurut Ridjal, masih ada kemungkinan bahwa mobil yang jadi rival Honda Brio ini akan hadir kembali di Indonesia.

 
“Doakan saja, Picanto sudah kita pasarkan dari 2004 dan saat ini populasi kita paling banyak Picanto. Artinya kalau bicara sama teman-teman pengguna di klub, karena mereka udah lihat produk seperti apa mereka antusias sekali. kita pelajari terus,” ujarnya.

 
Pernyataan tersebut memberi sinyal bahwa kehadiran All New Picanto generasi ke-3 masih sangat jauh. Bahkan petinggi KMI pun belum berani memastikan dan masih minta doa, yang artinya perlu keajaiban untuk menghadirkan Picanto di tanah air.

 
Padahal di beberapa negara tetangga, sebut saja Malaysia dan Filipina, Picanto generasi ke-3 telah dipasarkan sejak tahun 2017 yang lalu.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar