SUV VW Penantang Honda HR-V

Volkswagen Hadirkan Penantang Honda HR-V di Oktober 2020, Tiguan Versi Mungil

Berita SUV Volkswagen

CaruserMagz.comPenantang Honda HR-V dari Volkswagen – Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen (VW), telah lama diisukan akan menghadirkan small SUV penantang Honda HR-V, Hyundai Kona dan Mazda CX-3. Baru-baru ini Raksasa otomotif Jerman tersebut merilis teaser gelap dari wajah depan SUV kompaknya yang disebutkan akan meluncur pada 13 Oktober 2020 di Amerika Serikat.

Belum ada kabar lebih detail mengenai nama dan spesifikasi dari Small SUV VW ini. Sehingga kita hanya bisa menerka-nerka dari siluet di gambar teaser yang dirilis. VW memang telah dikabarkan memiliki program untuk menghadirkan SUV sebanyak mungkin di masa mendatang, sebagaimana tren otomotif saat ini di seluruh dunia.

Sebenarnya VW telah memiliki beberapa model small SUV yang dijual di Eropa, China dan Amerika Selatan. Sebut saja ada VW T-Roc dan T-Cross yang dijual di Eropa sejak 2017 dan 2018. Ada juga model SUV kompak yang dijual untuk pasar China dan Amerika Selatan, yaitu VW Tharu di China dan diberi nama Tarek di Amerika Latin.

Penampakan Compact SUV VW Tharu - Baby Tiguan
Penampakan Compact SUV VW Tharu – Baby Tiguan

Dari beberapa detail yang terungkap di teaser, khususnya pada garis di kap mesin, roof rail dan head-lamp, sepertinya bentuk tersebut lebih dekat dengan VW Tharu yang dijual di China, ketimbang desain T-Cross atau T-Roc. Bentuk ini sebenarnya juga identik dengan VW Tiguan, SUV global yang juga ada di Indonesia.

VW Tharu atau Tarek di Amerika Selatan sendiri memang seperti Baby-Tiguan. Bentuk garis-garis desain dan fascia VW Tharu memang sangat dekat dengan Tiguan, hanya saja dimensinya lebih kompak dengan dimensi 10-inci (254 mm) lebih pendek. Selain eksterior yang identik, interiornya juga terlihat serupa.

Baca juga: VW Tiguan Laris Manis di Indonesia

Penampakan Interior VW Tharu - Baby Tiguan

Dikabarkan Compact SUV penantang HR-V tersebut dibangun dengan platform yang sama dengan VW Tharu, yaitu arsitektur Volkswagen MQB. Sehingga kemungkinan besar SUV baru VW tersebut akan berpenggerak roda depan atau AWD sebagai opsional.

Spekulasi terkait dapurpacunya, mesin 2.0-liter turbo yang sama dengan Tiguan diperkirakan akan jadi pilihan utama untuk disematkan. Kemungkinan lain adalah mesin yang lebih kecil tetap dengan Turbo untuk prioritas penghematan bahan bakar. Ada juga kemungkinan mobil ini diberi mesin hybrid mengingat makin maraknya mobil elektrifikasi.

Compact SUV yang belum dikabarkan namanya tersebut diberitakan akan mulai diproduksi pada 2021, namun pengenalannya di Amerika telah dipastikan pada Oktober 2020. Apapun namanya, crossover VW terbaru ini akan berlaga di segmen Compact SUV yang sudah dihuni Honda HR-V, Hyundai Kona, Kia Stonic, Mazda CX-3, Ford EcoSport dan Toyota C-HR.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar