Lexus LX 600 Generasi Baru 2022 Debut Global, Ini Spesifikasi, Fitur dan Gallery Gambarnya

Lexus LX 600 Debut Global - 14 October 2022

CaruserMagz.com – Sesuai janjinya bahwa Lexus akan menggelar debut global Lexus LX 600 2022 secara virtual pada hari ini, 14 Oktober 2021. Large SUV premium Jepang tersebut hadir sebagai generasi baru yang lebih modern.

Pengungkapan awal ini mengambil venue di Timur Tengah, tepatnya Arab Saudi dan UEA dimana Lexus LX sangat digemari masyarakatnya yang kebanyakan adalah kaum Sultan Petrodollar. Sehingga mobil yang berbanderol miliran rupiah ini terasa murah bagi mereka.

LX600 ini adalah generasi baru, sejak lebih dari 1 dekade Lexus LX tidak berganti generasi. Pasalnya model sebelumnya sudah berumur kurang lebih 14 tahun, sejak pertama kali diluncurkan pada 2007 di ajang New York Auto Show.

Lexus LX 600 - Tampak Samping Depan
Lexus LX600 – Tampak Samping Depan

Didapuk sebagai varian flagship termewah dan paling eksklusif, LX 600 tampil dengan desain baru yang memukau. Ini tampak sangat modern dengan “Spindel Grille” baru yang sangat menonjol. Grill ini terdiri dari 7 floating bar dengan bagian tengah berongga.

Bukan sekedar untuk tampil gagah-gagahan, grill floating berongga tersebut berfungsi meningkatkan pendinginan engine di balik kap mesin. Ini benar-benar meninggalkan kesan truk tradisional pada model sebelumnya.

Perubahan Desain Eksterior Lexus LX 600

Wajah LX 600 ini terlihat garang, gagah sekaligus elegan. Head lampnya lebih ramping dengan LED dan DRL berlatar hitam. Latar hitam pada lampu dan clading hitam pada grill dan foglamp housing membuat ornamennya nampak kontras dan tegas.

Penampakan samping tetap memberi aura gagah sebagaimana warisan LX dari generasi awal. Namun ini terlihat jauh lebih modern dan sedikit melandai. Fender tanpa clading plastik hitam yang bersudut nampak serasi dengan bentuk keseluruhan samping hingga ke atap. Kesan elegan hadir dengan minimnya clading hitam di bagian bawah.

Large SUV Premium - Tampak Samping
Lexus LX600 – Tampak Samping

Di belakang, ada lampu utama LED horizontal dengan ornamen yang terhubung. Uniknya, bagian belakang ini terlihat lebih minimalis dan berkesan jauh lebih modern dari sebelumnya. Lampu belakang juga berlatar hitam untuk kesan yang kontras.

Tidak ada lagi logo huruf L di pintu bagasinya, tapi diganti dengan kata LEXUS yang lengkap. Emblem LX 600 tersemat di sisi kanan bawah pintu bagasi.

Lexus LX 600 - Belakang
Lexus LX600 – Tampak Belakang

Interior Super Mewah

Masuk ke kabin, pada varian 4-seater yang merupakan versi flagship seperti kabin sedan mewah yang lebih mengutamakan luxury dibanding kapasitas penumpang. Sedikit mirip dengan kabin Lexus LM350 4-seater, namun tanpa sekat antara kabin pengemudi dan baris kedua.

Interior LX600 Generasi Baru
Interior LX600 Generasi Baru

Lexus LX 600 ini juga disediakan dengan varian 7-seater untuk dijadikan mobil keluarga. Namun yang lebih ditonjolkan dalam presentasi adalah versi 4-seater, yaitu varian LX 600 Ultra Luxury.

Lexus mengkonfirmasi bahwa LX 600 ini disediakan dalam 5 varian, yaitu Standard, Premium, Luxury, Ultra Luxury dan F Sport. Tipe F-Sport hadir dengan wajah berbeda, yaitu dengan grill krom hitam layaknya mobil Lexus pada umumnya yang tanpa floating bar.

Mesin dan Tenaga

Di bawah kap depan, ada mesin V6 3.5-liter twin-turbo baru yang menggantikan mesin V8 5.7-liter Naturally Aspirated. mesin V6 tersebut menghasilkan tenaga 409 hp (415 PS / 301 kW) dan torsi puncak 649 Nm (479 lb-ft).

Itu meningkat cukup besar, yaitu 26 hp dan torsi bertambah 103 Nm berkat teknologi twin-turbonya. Lexus juga mengklaim mesin tersebut mampu mempertahankan torsi maksimum hingga pada putaran sekitar 3.600 rpm. Itu artinya meningkatkan kinerja off-road untuk kecepatan rendah.

Transmisi juga dirubah dari 8-speed pada generasi sebelumnya menjadi 10-speed. Nafas yang panjang dengan tambahan 2-gigi percepatan akan menjaga rpm mesin yang rendah pada kecepatan tinggi, itu artinya getaran mesin akan lebih tenang dan konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.

Konsumsi bbm yang lebih efisien juga didukung oleh pengurangan bobot yang mencapai 200 kg dari versi lama. Hal itu didapatkan dari perubahan platform bodi dan bahan pintu aluminium yang lebih ringan. Dengan platform baru tersebut, Lexus mengklaim LX 600 ini lebih rigit 20% dari sebelumnya.

Fitur Keselamatan

LX 600 2022 dilengkapi dengan rangkaian sistem bantuan pengemudi, yakni Lexus Safety System+ 2.5. Paket fiturnya antara lain meliputi:

  • Pre-Collision System dengan Frontal Collision Warning ( Peringatan Tabrakan Depan )
  • Automatic Emergency Braking (Pengereman Darurat Otomatis)
  • Pedestrian and Bicyclist Detection (Deteksi Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda)
  • All-Speed Dynamic Radar Cruise Control
  • Lane Tracing Assist (Lane Centering) and Lane Departure Alert with Steering Assist
  • Intelligent High Beams (lampu jauh dengan deteksi kendaraan lain di depan)
  • Emergency Steering Assist
  • Road Sign Assist (deteksi rambu-rambu lalu lintas).
  • Fingerprint authentication pada semua varian. Sensor sidik jari dipasang di tengah sakelar push-start. Mesin hanya akan hidup jika pengemudi yang sidik jarinya sudah didaftarkan pada sistem kendaraan, dengan memegang smart-key dan menyentuh sensor sidik jari pada sakelar push-start sambil menekan rem.
  • AI technology yang mensupport lane-recognition functions of Lane Tracing Assist (LTA).

Fitur-fitur untuk Kenyamanan

Ini adalah Lexus, tentu dirancang untuk kenyamanan yang luar biasa juga kelengkapan tercanggih dari teknologi Toyota saat ini. Untuk fitur-fitur yang mendukung kenyamanan, Lexus menyematkan antara lain:

  • Suspensi double wishbone di depan dipadu dengan suspensi 4-link di belakang untuk stabilitas dan kenyamanan yang superior.
  • New electric power steering system
  • New electronically controlled brake system
  • Active Height Control system dengan pengaturan Low, Normal, Hi1, and Hi2 (Air Suspension). Sistem ini bekerja secara otomatis menyesuaikan kebutuhan ketinggian pengendaraan berdasarkan apa yang Anda lakukan, seperti masuk ke Hi1 atau Hi2 saat pengemudi memilih 4Lo atau menggunakan sistem Multi-Terrain Select.
  • Mode mengemudi dengan Sistem Multi-Terrain Select, yang terdiri dari mode Auto, Dirt, Sand, Mud, Deep Snow, dan Rock.
  • Fitur berkendara off-road: terdiri dari Crawl Control dan Downhill Assist Control serta Multi-Terrain Monitor.

Fitur-fitur Interior

Di interior, kemewahan firts class dihadirkan dengan hal-hal berikut:

  • 4-seater eksekutif pada varian Ultra Luxury
  • Rear control panel digital pada varian 4-seater
  • Konsep kokpit Tazuna dengan perangkat-perangkat intuitif, membantu pengendara untuk lebih fokus.
  • Layar monitor 12,3-inci touchscreen dengan banyak fitur seperti navigasi, Apple CarPlay, Android Auto, dan lain sebagainya.
  • Sistem tampilan informasi mengemudi yang mengarah dari jalan di depan ke tampilan dan pengukur pada head-up display.
  • Pengaturan elektrik pada kursi di setiap baris, baik pada versi 4-seater maupun 7-seater.
  • 25 Premium speaker dari Mark Levinson.
  • Rear entertainment System pada bagian belakang kursi baris pertama dengan layar besar yang intuitif.

Lebih lengkap mengenai spesifikasi, fitur, mesin dan teknologi pada Large SUV Premium 7-Seater ini, Dapat Anda baca dan lihat pada situs resmi Global.toyota.

Gallery Gambar Lexus LX 600 Generasi Baru 2022

Tulis Komentar