Mobil Listrik MG Marvel R Diluncurkan, Hyundai Kona dan Tesla Kalah Keren!

MG Marvel R EV - 2022

Mobil Listrik MG Marvel R Electric Flagship Dijual Di Eropa Dengan Harga Mulai Rp 650 Jutaan.

CaruserMagz.com – MG Motors menunjukkan keagresifan di pasar Eropa yang sedang menyongsong era mobil listrik. Merek asal Inggris tersebut meluncurkan SUV listrik segmen C yang merupakan model flagship, yaitu MG Marvel R Electric.

Model konsep dari Electric Vehicle MG ini diperkenalkan pada bulan Maret dengan proyeksi diluncurkan pada Mei 2021 yang kemudian ditunda. Debut global akhirnya terlaksana pada Oktober 2021.

Nama Marvel R sebenarnya bukanlah mobil baru di pasar China. Sebelumnya sudah ada mobil bernama Roewe Marvel X yang diluncurkan sejak tahun 2020. Faktanya, MG Marvel R adalah versi desain ulang dari Roewe Marvel X yang telah didesain ulang.

Kemiripan Marvel versi MG dan Roewe ada pada bentuk bagian samping, serta styling beberapa ornamen depan dan belakang.

MG Marvel R 2022 - EV Flagship
MG Marvel R 2022 – EV Flagship

Spesifikasi Powertrain Mobil Listrik MG Marvel R

MG Marvel R Electric disediakan dalam tiga level kemewahan, yakni Comfort, Luxury, dan Performance. Tipe Comfort dan Luxury dilengkapi dengan dua motor listrik yang memutar roda belakang. Powertrain tersebut menghasilkan tenaga 177 hp (180 ps) dan torsi 410 Nm (302,4 lb-ft).

Dengan penggerak tersebut, performa EV ini diklaim bisa menuntaskan 0-100 km/jam (0-62 mph) dalam 7,9 detik dan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai adalah 200 km/jam (124 mph).

Varian Performa sebagai yang lebih kencang mendapat tambahan satu motor di depan. Output gabungan dari 3 motor listrik tersebut adalah 284 hp (288 ps) dan torsi hingga 665 Nm (490,5 lb-ft).

MG Marvel R tipe tertinggi ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam (0-62 mph) dalam 4,9 detik. Top-speed-nya yang sama dengan dua model sebelumnya, yaitu 200 km/jam.

MG Marvel R 2022 - EV - Rear Side
MG Marvel R 2022 – EV – Rear Side

Semua tipe MG Marvel R ini dibekali baterai dengan kapasitas yang sama, yaitu baterial 70 kWh yang bisa di isi dari 5 – 80% dalam 43 menit dengan charger DC.

Dengan kapasitas baterai yang sama, maka Marvel tipe Comfort dan Luxury memiliki jangkauan jarak tempuh yang lebih jauh di banding tipe Performa. Dalam pengujian WLTP, pada tipe Performa bisa menempuh 270 km, sementara dua tipe lainnya bisa menempuh 402 km untuk sekali cas penuh.

Desain Eksterior dan Interior

C-SUV Tiongkok berlencana Inggris ini tampil lebih menarik dibanding kompetitornya yang berharga lebih mahal, semisal Hyundai Kona EV, Nissan Leaf EV, atau Tesla Model Y.

Tampilan semua sisi eksteriornya tampak lebih menarik dengan ornamen-ornamen yang memberi aura khas modern. Seperti lampu LED DRL tipis horizontal di bagian depan. Bentuk Head Lamp yang sangat modern, dan lampu belakang LED yang terhubung.

MG Marvel R EV - Sophisticated Front Design
MG Marvel R EV – Sophisticated Front Design

Nuansa SUV yang gagah dengan roda yang proporsional, clading hitam di sekujur bagian bawah dan bentuk bumper depan-belakang yang maskulin, dipadu dengan bentuk bodi yang aerodinamis memberi tampilan yang sedap dipandang. Ini juga terasa lebih modern dengan panoramic roof yang besar.

Di dalam kabin, nuansa canggih dan digital hadir dengan layar touchscreen vertikal berukuran 19,4-inci di center cluster, senada dengan milik Tesla Model X dan Model S yang notabene jauh lebih mahal dari MG ini. Juga ditambah dengan instrument cluster full digital 12,3-inci di balik lingkar kemudi.

MG Marvel R 2022 - EV - Dashboard
MG Marvel R 2022 – EV – Dashboard

Desain interiornya juga terlihat sangat sedap dipandang. Menurut kami bahkan lebih terlihat bagus dibanding milik Tesla atau pun Hyundai Kona EV.

Interior MG Marvel ini bertabur bahan premium semisal soft-touch dan pembalut kulit berkualitas tinggi. Hal itu nampak jelas pada jok kulit, arm-rest di konsol tengah dan beberapa bagian dashboard yang dibalut kulit.

Baca: Komparasi Hyundai Kona EV vs Nissan Leaf Electric

Kelengkapan dan Fitur

Bagasi dalam kondisi semua kursi tegak disebut berukuran 357-liter. Dengan kursi belakang dilipat, ruang penyimpanan menjadi 507 liter (bertambah 150-liter).

Layar sentuh berukuran besar 19,4 inci yang mendominasi konsol tengah telah menggabungkan sistem infotainment MG iSmart, yaitu konektivitas Apple CarPlay – Android Auto, dan Amazon Web Services.

Kelengkapan interior dan Fitur-fitur canggih yang disematkan antara lain sebagai berikut:

  • AC Auto Climate Control dengan dual zone
  • 4 port USB
  • Sunroof panoramik, dan pelapis sebagian kulit
  • Kamera 360 (tipe Luxury and Performance)
  • Ambient Light
  • Seat heater (kursi berpemanas)
  • Audio System Premium dari Merek BOSE
  • MG Pilot Suite mencakup 14 fitur ADAS termasuk Traffic Jam Assistance.

Harga dan Segmen Mobil Listrik MG Marvel R

Mobil listrik MG Marvel R Electric ini dibanderol dengan harga mulai dari €39.990 (sekitar Rp 650 jutaan) untuk tipe Comfort. Naik satu trim menjadi €43.990 (sekitar Rp 715 jutaan) untuk tipe Luxury, dan tipe termahal dibanderol €47.990 (sekitar Rp 780 jutaan) untuk tipe Performa.

Di pasar Eropa, MG Marvel R Electric akan dijual bersama MG HS plug-in hybrid yang berukuran serupa. EV dari MG ini akan bersaing dengan VW ID.4, Skoda Enyaq iV, Kia Niro EV, Hyundai Ioniq 5 dan lain sebagainya.

Gallery MG Marvel R – EV Mewah dari China Berlencana Inggris

Tulis Komentar