Toyota Rumion 2022 Diluncurkan, Ertiga Berlogo Triple-Elips

Toyota Rumion 2022 - Ertiga Berlogo Toyota

CaruserMagz.comToyota Rumion 2022 resmi dijual di Afrika SelatanSuzuki Ertiga seperti menjadi artis molek yang terkenal di dunia mobil. Kecantikan desainnya menggoda beberapa pabrikan untuk memasangkan lencana logonya pada Ertiga, sebagai model rebadge.

Sebelumnya Ertiga sudah ada versi Mazda dan Proton. Kini giliran raksasa otomotif Jepang berlogo triple-elips yang merebadge Ertiga.

Versi rebadge Ertiga generasi kedua berlencana triple-elips tersebut diberi nama Toyota Rumion dan baru saja diluncurkan di Afrika Selatan. MPV 7-Seater tersebut hadir sebagai Toyota Rumion 2022.

Nama Rumion sebenarnya bukanlah kata yang baru terdengar untuk line-up mobil Toyota. Nama itu pernah tersemat pada sedan Toyota dengan naman Toyota Corolla Rumion.

Toyota Rumion 2022 - Rebadge Ertiga
Toyota Rumion 2022 – Rebadge Ertiga

Ini bukanlah model rebadge Suzuki pertama dari Toyota. Karena sebelumnya di India, sudah ada Toyota Glanza sebagai rebadge Suzuki Baleno, dan Toyota Urban Cruiser untuk kembaran Suzuki Vitara Brezza.

Sebaliknya, Suzuki juga merebadge beberapa model Toyota, misalnya Suzuki Swace di Eropa adalah Toyota Corolla Sport Tourer, dan Suzuki Across di India merupakan Toyota RAV4.

Desain Toyota Rumion ini tidak memiliki banyak perbedaan dari Ertiga yang kita kenal. Tumplek sama hanya berbeda pada logo dan grill-nya saja.

Ertiga Berlencana Toyota hadir di Afrika Selatan
Ertiga Berlencana Toyota hadir di Afrika Selatan

Lokasi logo yang menjadi identitas Toyota ini adalah ada di tengah grill depan, di tengah pintu bagasi pada bagian belakang dan di tiap bagian tengah velg. Nama Toyota Rumion tersemat di sisi kiri pintu bagasi.

Masuk ke kabin, juga tidak berbeda dari Suzuki Ertiga. Semua bagian sama hingga ke warna dashboard dan motif panel kayunya. Perbedaan lagi-lagi ada pada logo di tengah palang setir.

Toyota Rumion - Interior Dashboard
Toyota Rumion – Interior Dashboard

Sama halnya dengan Ertiga, Toyota Rumion memiliki dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm, dengan jarak sumbu roda 2.740 mm.

Serta bagasi 153 liter dengan semua kursi ditegakkan, 550 liter dengan melipat seluruh kursi belakang, dan 803 liter dengan melipat semua kursi.

Toyota Rumion 2022 - Rebadge Ertiga - Tampak Belakang
Toyota Rumion – Rebadge Ertiga – Tampak Belakang

Mesin juga tidak menggunakan teknologi Toyota, melainkan mesin yang sama dengan milik Ertiga, yakni mesin 1.500cc 4-silinder yang bertenaga 103 hp dan torsi 138 Nm. Mobil ini berpenggerak roda depan dengan transmisi manual 5-percepatan dan matic 4-percepatan.

Dalam hal fitur keselamatan, juga tidak berbeda dari Suzuki Ertiga yang ada di Indonesia. MPV ini hanya dilengkapi dual airbags dan fitur standar di masa kini, semisal rem ABS dan EBD.

Di Afrika Selatan, Rumion ini dibanderol mulai R245.600 atau sekitar Rp 229 jutaan hingga R317.200 atau sekitar Rp 296 jutaan. Cukup mahal jika dibandingkan harga Suzuki Ertiga di Indonesia.

Sadis juga ya rebadge ini, Toyota hanya bermodal 7 biji logo triple-elips saja. Kemungkinan Rumion ini juga dirakit di fasilitas milik Suzuki.

Tulis Komentar