BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

BMW XM Versi Produksi 2023 Diungkap, Super SUV Hybrid 644 HP Lawan Lamborghini Urus!

BMW XM 2023 - Versi Produksi

Share

CaruserMagz.com – Setelah muncul sebagai XM Concept yang memukau pada November 2021 silam, akhirnya BMW XM versi produksi diungkap dalam bentuk gambar digital yang detail.

Sebelum itu, penampakan versi produksi tersebut terdeteksi dari gambar paten yang terlihat tidak seatraktif versi konsepnya. Namun gambar digital dari versi produksi ini ternyata cukup sedap dipandang.

Sebelumnya dikabarkan saat peluncuran model BMW XM Concept, bahwa SUV ini akan bertenaga buas di level supercar, yaitu 750 PS.

Jadi jelas bahwa ini adalah SUV performa tinggi dari Divisi Motorsport milik BMW. Sehingga ini adalah mobil performa tinggi BMW Motorsport (M) pertama yang berteknologi penggerak listrik hybrid.

Super SUV Hybrid dari Jerman
BMW XM Hybrid – Tampak Malam

Powertrain BMW XM Versi Produksi

Dapurpacunya adalah mesin V8 twin-turbo yang dikolaborasikan dengan system hybrid berbekal baterai cukup besar, yaitu 27,5 kWh.

Pengendaraan dengan motor listrik saja bisa mencapai 50 km dengan top-speed hingga 140 km/jam. Tapi dengan full power bersama mesin bakarnya, super SUV ini bisa mencapai 250 km/jam, dengan tawaran paket upgrade untuk top-speed hingga 270 km/jam.

Powertrain BMW XM 2023 adalah mesin V8 twin-turbo 4,4-liter yang menghasilkan tenaga 483 hp (490 PS) dan torsi 650 Nm. Dipadu dengan motor listrik tunggal yang bertenaga 194 hp (197 PS).

Tenaga gabungan dari kedua sistem tersebut menghasilkan 644 hp (653 PS) pada 5.400 rpm dan torsi 800 Nm pada putaran mesin 1.600-5.000 rpm. Dengan demikian, XM menjadi BMW M legal-road paling bertenaga yang pernah ada hingga saat ini.

Namun demikian XM tidak akan menjadi yang paling cepat dari jajaran BMW model M. Meski angka tenaganya yang terbesar, dalam hal performa ia masih kalah dari X6M yang bermesin bakar murni. XM diklaim mencapai 96 km per jam dalam 4,1 detik, sedangkan X6M hanya membutuhkan 3,8 detik.

BMW XM 2023 - Plugin Hybrid
BMW XM 2023 – Plugin Hybrid

Kompetitor dari Super SUV Merek Lain

Saingan terdekat dari BMW XM ini adalah Porsche Cayenne turbo S E-Hybrid yang mampu menyelesaikan 96 km/jam dalam 3,6 detik dan top speed hingga 295 km/jam. Tapi harganya lebih mahal $14.800 (Rp 222 juta).

Super SUV dari merek lebih premium yang akan menjadi saingan BMW XM adalah Lamborghini Urus, Aston Martin DBX, dan Bentley Bentayga. Untuk kelas yang lebih premium, ada Ferrari Purosangue yang baru saja meluncur.

Eksterior

Versi produksi ternyata banyak berbeda dari versi konsepnya, seperti handel pintu model flush dan lampu belakang boomerang yang tidak semasif konsepnya.

Namun beberapa bagian dari versi konsep masih ada, seperti grill besar dengan LED signature yang menyala, logo BMW di sisi kiri dan kanan kaca belakang, kenalpot trapesium yang bertumpuk, dan velg raksasa yang arogan.

BMW XM 2023 - Tampak Belakang
BMW XM 2023 – Tampak Belakang

Kesan gagah yang antagonis masih terpancar kuat pada versi produksinya. Untungnya bentuk kidney-grill -nya tidak seabsurd model BMW non-M (standar) yang banyak dibuli.

Pembeli BMW XM akan mendapat tawaran lebih dari 50 pilihan warna cat, dan ada opsi trim eksterior NightGold Metallic pada beberapa bagian seperti tepian kidney-grill, sekeliling difusser dan aksen metalik di sisi samping bodi, juga termasuk aksen gold pada velg berukuran 23-incinya.

Interior

Bagian dalam menampilkan interior yang lebih premium dibanding BMW non-M. Namun terlihat lebih modern dari versi konsep yang lebih klasik.

Perpaduan bahan kulit Vintage Coffee Merino dengan bahan kulit sintetis berwarna biru di sekujur dashboard, doortrim hingga atap, dan konsol tengah, memberi kesan klasik-modern.

Interior Dashboard BMW XM Hybrid
Interior Dashboard BMW XM Hybrid

Ini seperti kemewahan dari hasil pembantaian hewan mamalia berkulit tebal. Cukup kontras dengan konsep ramah lingkungan dengan bahan daur-ulang yang banyak diusung pabrikan pembuat mobil elektrifikasi.

Memasuki segmen super SUV, mobil ini tidak memerlukan kursi penumpang yang banyak, meskipun dimensinya cocok untuk mobil 7-seater.

Kabin BMW XM ini hanya menyediakan kursi untuk 4-penumpang dengan kualitas VVIP, layaknya Lamborghini Urus, Rolls-Royce Cullinan dan Ferrari Purosangue.

Interior Kabin Mewah Super SUV
Interior Kabin Mewah – BMW XM Hybrid

Harga

Kabarnya, BMW XM versi produksi ini akan mulai dirakit pada akhir tahun 2022 ini, dan mulai mencapai pembelinya di awal 2023. Super SUV Hybrid berbobot 2,75 ton ini dibanderol $159.000 atau sekitar Rp 2,38 Miliar (di Eropa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)