CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Pencapaian Lamborghini 2020January 12, 2021

Lamborghini Tutup Tahun 2020 dengan 7.430 Mobil Dikirim dan 6 Model Baru

CaruserMagz.comSant’Agata Bologna, Italia – Automobili Lamborghini mengumumkan pencapaiannya sepanjang tahun 2020 pada 12 Januari 2021. Lamborghini Tutup Tahun 2020 dengan catatan yang terbilang tidak buruk, untuk kondisi badai krisis yang cukup kuat menghantam ekonomi global karena pandemi Covid-19.

Rangkuman pencapaian Automobili Lamborghini sepanjang tahun 2020 dirangkum dalam daftar berikut:

  1. 7.430 unit mobil Lamborghini dikirim ke konsumen di seluruh dunia sepanjang tahun 2020.
  2. Di tengah pandemi Covid-19 yang menyebabkan krisis ekonomi, Lamborghini mencatatkan rekor penjualan enam bulan terbanyak sepanjang masa pada paruh kedua tahun 2020.
  3. Pesanan mobil Lamborghini yang diterima Lamborghini pada tahun 2020 sudah mencakup lebih dari setengah kapasitas produksi tahun 2021.
  4. Enam produk baru diluncurkan: Lamborghini Huracán EVO RWD coupé dan Huracán EVO Spyder, Sián Roadster, Essenza SCV12, Huracán STO dan Huracán SC20.
  5. Super SUV Lamborghini Urus dan Supercar Aventador masing-masing mencatat rekor produksi 10.000 unit.
  6. Pada bulan Desember Stephan Winkelmann diangkat sebagai Presiden dan CEO Automobili Lamborghini.
  7. Inisiatif tanggung jawab sosial dalam pencegahan penyebaran virus Corona, dengan memproduksi masker medis hingga proyek budaya bertajuk “Dengan Italia, untuk Italia
  8. Pertumbuhan yang kuat di jejaring sosial, termasuk debut di Aplikasi TikTok.
Kantor Pusat Automobili Lamborghini di Bologna, Italia
Kantor Pusat Automobili Lamborghini di Bologna, Italia

7.430 unit mobil Lamborghini dikirim

Jumlah mobil yang dikirim ke konsumen dinilai cukup sukses dalam bertahan di badai pandemi Covid-19, karena angka 7.430 unit mobil yang dikirim ke konsumen merupakan penurunan 9% saja dibanding tahun 2019.

Namun penurunan pengiriman tersebut bukan karena pasar supercar yang melemah, melainkan karena penutupan pabrik selama 70 hari berdasarkan instruksi Pemerintah Italia, dalam usaha mencegah meluasnya penyebaran virus Corona.

Berdasarkan wilayah pengiriman ke konsumen, berikut peta konsumen yang menerima Lamborghini pada tahun 2020:

  • Amerika Serikat : 2.224 unit (pasar terbesar Lamborghini).
  • Jerman : 607 unit (meningkat 8%)
  • China daratan, Hong Kong dan Makau : 604 unit
  • Jepang: 600 unit
  • Inggris : 517 unit
  • Italia : 347 unit.
  • Korea Selatan : 303 unit (meningkat 75%).

Sedangkan untuk mobil yang dikirim, adalah sebagai berikut:

  • Lamborghini Urus SUV : 4.391 mobil.
  • Huracan V10 : 2.193 mobil terjual (meningkat 3%).
  • Aventador V12 : 846 unit.

Peluncuran 6 Model Baru

Meskipun di tengah kecamuk Pandemi Covid-19 yang mematikan, Lamborghini tutup tahun 2020 dengan tetap berhasil meluncurkan 6 model barunya, meskipun beberapa diantaranya harus dilakukan secara daring, yaitu sebagai berikut:

  1. Huracán EVO RWD Coupe : Januari 2020.
  2. Huracán EVO RWD Spyder : Mei 2020.
  3. Sián Roadster V12 Hybrid (19 unit Limited Edition) : Juli 2020.
  4. Essenza SCV12, hypercar track-only (40 unit Limited Edition)
  5. Huracán STO – Super Trofeo Omologata
  6. Huracán SC20 – Spyder : Desember 2020.
Lamborghini Sian Roadster - diungkap
Lamborghini Sian Roadster

Event Penting Lamborghini di Tahun 2020

Beberapa gelaran acara dianggap sebagai mill-stone penting bagi Automobili Lamborghini di 2020, yaitu sebagai berikut:

  1. Produksi Lamborghini Urus SUV yang ke-10.000 unit.
  2. Produksi Lamborghini Aventador yang ke-10.000 unit.
  3. Pengenalan studio Ad Personam baru untuk personalisasi mobil secara online.
  4. Peresmian Lamborghini Lounge baru di Tokyo, Jepang.
  5. Presentasi Aventador S khusus yang dirancang oleh desainer Jepang Yohji Yamamoto (bersamaan dengan peresmian Lamborghini Lounge Tokyo).
Lamborghini Virtual Ad Personam New Studio
Lamborghini Virtual Ad Personam New Studio

Inisiasi Tanggung Jawab Sosial

Dalam tanggungjawab sosial terkait wabah virus corona, Lamborghini termasuk yang awal bereaksi menginisiasi beberapa kegiatan sebagai sumbangsi untuk kemanusiaan. Selain itu, proyek terkait seni dan budaya juga diluncurkan, berikut daftarnya:

  1. Memproduksi masker – Lamborghin mengubah beberapa departemennya untuk memproduksi masker dan pelindung medis bagi Rumah Sakit Sant’Orsola di Bologna, serta bekerja sama dengan SIARE Engineering International Group untuk rekayasa bersama dan produksi simulator paru-paru.
  2. Peluncuran proyek Seni dan Budaya bertajuk “With Italy, for Italy” pada September 2020. Melibatkan 21 talent fotografer untuk memotret sisi indah Italia bersama beberapa model mobil Lamborghini. Hasilnya diluncurkan bersama dengan kampanye social media, kemudian diluncurkan sebagai buku fotografi yang diterbitkan oleh Skira.
  3. Kegiatan Amal – Pada Desember 2020, inisiasi Charity penting diluncurkan bersama artis Amerika Lady Gaga. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung komunitas yang secara tidak proporsional terkena dampak penyebaran pandemi Covid-19.

Pertumbuhan Signifikan di Media Sosial

Automobili Lamborghini memperkuat strategi media sosialnya dan mencatat pertumbuhan yang kuat sepanjang tahun 2020. Berikut rangkuman pencapaiannya:

  1. Instagram : Follower bertambah 6 juta akun, dari 23 juta menjadi 29 juta. Ini menempatkan Lamborghini jadi brand supercar terpopuler di Instagram.
  2. Facebook : Lamborghini membukukan 12,9 juta penggemar.
  3. YouTube : Subscriber bertambah sekitar 400ribuan, dari 1,1 juta menjadi 1,6 juta subscriber.
  4. Launching akun resmi TikTok : Mendapat 131.000 followers dalam waktu 2 bulan pertama. Lamborghini menjadi merek supercar pertama yang memiliki akun resmi TikTok, yaitu dengan nama @lamborghiniofficial.

Ekspansi Brand Lamborghini di tahun 2020

Lamborghini membangun kerjasama dengan beberapa brand ternama untuk meluncurkan co-product atau produk bersama yang saling menginspirasi, berikut daftarnya:

  1. LEGO Group – menampilkan Lamborghini Sián FKP 37 LEGO® Technic™, model skala 1:8 yang terdiri dari 3.696 buah menghasilkan reproduksi sempurna dari mobil sport super Lamborghini hybrid yang menakjubkan.
  2. Dunia Fashion – Lamborghini bermitra dengan perancang busana terkenal dunia Yohji Yamamoto dan dengan Supreme, merek pakaian jalanan ikonik dari New York, yang mengarah pada peluncuran koleksi kapsul yang terjual habis hanya dalam waktu 48 jam.
  3. Dunia Bahari – Lamborghini membuat perjanjian dengan The Italian Sea Group dan mempersembahkan pemutaran perdana Tecnomar untuk Lamborghini 63, yaitu motor yacht baru di armada Tecnomar, sebagai edisi terbatas untuk merayakan ulang tahun berdirinya Lamborghini.
  4. Sepeda Motor – Lamborghini berkolaborasi dengan Ducati untuk peluncuran Ducati Diavel 1260 Lamborghini, sepeda motor yang terinspirasi oleh Lamborghini Sián, dibuat sebagai edisi terbatas sebanyak 630 unit, untuk menyenangkan para penggemar dan kolektor sepeda motor di seluruh dunia.

Lamborghini Squadra Corse (Divisi Balap)

Divisi balap motorsport Lamborghini Squadra Corse juga mencatatkan beberapa prestasi pada tahun 2020. Berikut beberapa pencapaiannya:

  1. Menandai 490 unit mobil balap diproduksi sejak 2009.
  2. Berperan penting dalam peluncuran Essenza SCV12 dan SC20, supercar khusus trek edisi terbatas, keduanya dilengkapi dengan mesin V12 naturally-aspirated.
  3. Januari 2020 merupakan tahun ketiga Lamborghini memenangkan balapan “24 Hours of Daytona” secara berturut-turut.
Stephan Winkelmann - CEO Automobili Lamborghini 2021 tentang Lamborghini Tutup Tahun 2020
Stephan Winkelmann – CEO Automobili Lamborghini

Stephan Winkelmann, Presiden dan CEO Automobili Lamborghini yang baru, berkomentar mengenai Lamborghini tutup tahun 2020:

Pencapaian tahun 2020 adalah demonstrasi yang jelas dari pekerjaan luar biasa, terlepas dari kesulitan tantangan global selama setahun, dilakukan oleh seluruh tim Lamborghini dengan dedikasi dan semangat daya hanan yang luar biasa. Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk kembali menjadi bagian dari masa depan kita: rasa kebersamaan yang dirasakan begitu kuat selama setahun terakhir, bersama dengan nilai-nilai tanggung jawab sosial dan dorongan menuju inovasi yang selalu membedakan Lamborghini, akan menjadi dasar untuk menghadapi tahun 2021 yang menantang, dengan tujuan untuk mengkonsolidasikan rangkaian produk, mencari prospek bisnis baru, dan lebih memperkuat merek.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar