CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Lamborghini Sian Roadster - BlueJuly 9, 2020

Lamborghini Sian Roadster Diluncurkan, Supercar Hybrid Futuristik Bertenaga 819 PS

CaruserMagz.comAutomobili Lamborghini S.p.A meluncurkan varian baru dari supercarnya, yaitu Lamborghini Sián Roadster, pada 8 Juli 2020 secara virtual melalui laman dan channel YouTube resminya. Sian Roadster ini adalah versi atap terbuka dari model Limited Edition Sian FKP 37, Super Sport Car Lamborghini pertama yang memadukan mesin buas V12 dengan motor listrik hybrid.

Ini adalah percepatan elektrifikasi Lamborghini guna menyambut era mobil listrik sebagai antisipasi masa depan dunia otomotif. Tak tanggung-tanggung, pabrikan berlogo Banteng tersebut membuat mesin V12 ikoniknya menjadi berteknologi hybrid. Lamborghini tidak ingin mengurangi citarasa kebuasan tenaga mobilnya dengan elektrifikasi. Seekor Lambo harus tetap ganas baik dari raungan suaranya maupun hentakan tenaganya, sehingga elektrifikasi tidak menjadi alasan untuk mengecilkan mesin super sport car ini.

Sián‘ dalam dialek Bolognese lokal berarti ‘flash‘ atau ‘petir’, hal itu menjadi tanda dari elektrifikasi sebagai bagian dari strategi hibrid masa depan, dengan tidak menghilangkan emosi yang luar biasa pada performa dinamis dan garang dari mesin Lamborghini yang disematkan pada Supercar Hybrid ini.

Lamborghini Sian Roadster - rear top
Lambo Sian Roadster – rear top

Mesin V12 Supercar dan Teknologi Hybrid

Mesin V12 dari Sián Roadster saja sudah bertenaga mengerikan untuk menombakkan super sport car ini. Mesin V12 ikonik milik Lamborghini tersebut bertenaga 785 ps (577 kW) pada 8.500 rpm. Itu adalah mesin Lambo paling kuat yang pernah dibuat. Performa itu dicapai berkat desain yang luar biasa dan teknologi canggih dari materialnya. Tenaga ditingkatkan dengan menggabungkan katup inlet berbahan titanium.

Apalagi ditambah dengan kombinasi motor listrik, tidak terbayangkan hentakan tenaganya saat dipacu. Output gabungan dari mesin V12 dan teknologi hybrid membuat Lambo Sian Roadster menghasilkan tenaga hingga 819 ps (602 kW) dan mencapai kecepatan tertinggi hingga lebih dari 350 km/jam.

Lamborghini Sian Roadster - engine
Lamborghini V12 Iconic Engine

Sián Roadster menampilkan aplikasi superkapasitor inovatif Lamborghini, teknologi pertama di dunia yang menyimpan sepuluh kali kekuatan baterai lithium-ion. Baterai tersebut diletakkan di sekat antara kokpit dan mesin, guna memastikan distribusi bobot yang sempurna.

Baterai canggih ini diklaim tiga kali lebih kuat dari baterai dengan bobot yang sama dan tiga kali lebih ringan dari baterai yang menghasilkan daya yang sama. Sistem listrik dengan superkapasitor dan motor listrik 34 ps hanya berbobot 34 kg, sehingga memberikan rasio weight-to-power yang luar biasa, hanya 1,0 kg beban yang ditanggung setiap tenaga 1 ps. Aliran daya simetris memastikan efisiensi yang sama dalam siklus pengisian baterai dan pemakaian daya listrik, ini adalah solusi hybrid paling ringan dan efisien.

 

Desain Futuristik

Menurut pabrikan supercar Italia tersebut, Sián Roadster menambahkan kemurnian futuristik dari model coupe yang sudah lebih dulu hadir. Desain supercar ini tidak hanya mengejar tampilan yang menarik, tapi juga merupakan perwujudan dari kemajuan teknologi sang Carmaker, untuk membuat mobil yang sangat aerodinamis dan efisien menghasilkan pengalaman berkendara yang luar biasa.

Lamborghini Sian Roadster - Image Gallery
Lambo Sian Roadster – Image Gallery

Tampilan Sian Roadster ini ikonik karena memiliki profil yang kuat. Di depan ada head lamp dengan Y-Shape selaras dengan moncong depan yang sangat rendah. Lampu tersebut terintegrasi dengan splitter serat karbon hingga memberi tampilan yang canggih.

Bagian belakang tak kalah menarik dengan tampilan yang terlihat sangat jantan. Bentuk lampu belakang berupa 6-titik segi enam berpadu dinamis dengan exhaust kenalpot yang berbentuk sama. Ditambah sayap yang berada di sisi kiri dan kanan menambah kesan aerodinamis.

Lamborghini Sian Roadster - Rear Look
Sian Roadster – Rear Look

Pabrikan menyebut bahwa desain Sián yang murni dan tidak berantakan merupakan pernyataan yang jelas tentang efisiensi aerodinamis dan kecakapan teknologi yang dioptimalkan pada mobil. Ini menegaskan bahwa sang pabrikan mampu membuat mobil yang sangat futuristik dan sedap dipandang, tanpa mengorbankan efisiensi aerodinamis.

Lamborghini mematenkan teknologi pendinginan aktif di bagian belakang dengan bahan-bahan unik. Pengoperasian baling-baling dipicu oleh reaksi elemen bahan cerdas terhadap suhu yang dihasilkan oleh sistem pembuangan, menyebabkan elemen tersebut berputar dan memberikan solusi pendinginan yang elegan dan ringan.

Baca: Konsep Supercar Listrik ini Menakjubkan, Terzo Millenio

Personalisasi Ekstrim

Lamborghini Centro Stile dan Departemen Ad Personam bekerja sama dengan setiap klien yang membeli Sián untuk sepenuhnya mempersonalisasi warna hingga ke penyelesaian mobil mereka, agar sepenuhnya mengekspresikan kepribadian sang pemilik supercar.

Lamborghini Sian Roadster - Interior Dashboard
Sian Roadster – Interior Dashboard

Memulai debutnya di Blu Uranus, Sián Roadster merangkum warna biru langit dan hijau ladang, dan selesai dengan roda Oro Electrum, warna seperti kawat tembaga yang dipilih untuk mengumumkan bahwa Sian telah menganut teknologi elektrifikasi.

Interior pelengkap adalah kombinasi putih elegan dengan detail Biru Glauco dan elemen aluminium berwarna Oro Electrum, yaitu ventilasi udara berdesain baru yang diproduksi melalui pencetakan 3D memungkinkan penyesuaian dengan inisial klien.

Lihat lebih jelas penampakan Lamborghini Sian Roaster pada Gallery Gambar berikut:

Yayan Abdhi

Tulis Komentar