BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Kia Seltos Facelift 2023 Diungkap, Berubah Wajah dan Dashboard Lebih Canggih

Penyegaran Mobil Korea CBU India

Share

CaruserMagz.com – Kia merilis gambar resmi dari wujud Kia Seltos Facelift 2023 pada Kamis, 30 Juni 2022. Compact SUV Korea yang versi awalnya dirancang di India ini mendapat penyegaran pertama sejak kelahirannya pada 2019 silam.

Perubahan yang dilakukan Kia pada sisi eksterior terlihat minor, tapi perubahan di dalam kabinnya cukup signifikan membuat Seltos terasa lebih premium dari sebelumnya.

Di eksterior, hal yang berubah adalah fascia depan dan belakang. Seltos kini punya wajah baru yang disesuaikan dengan bahasa desain yang dianut model-model terkini semisal Grand Carnival dan Sorento generasi baru.

Itu berupa lampu depan LED model taring baru yang seolah terhubung dengan elemen iluminasi pada grill. Sementara grill mendapat revisi minor dengan aksen silver yang lebih diturunkan.

Kia Seltos 2023 Facelift - Samping Depan
Kia Seltos 2023 Facelift – Tampak Samping Depan

Bumper juga didesain ulang jadi terlihat lebih sederhana dengan intake yang lebih luas, skidplate bergaya aluminium baru, dan ekstensi plastik hitam dari grill bawah ke foglamp housing yang dihilangkan.

Di bagian samping, perubahan hanya terlihat pada desain velg dual tone yang kini aksen krom-nya jadi lebih sedikit dan tidak ada lagi aksen merah di poros roda.

Perubahan versi 2023 dari SUV Korea CBU India
Perubahan Kia Seltos 2023 vs 2019 – Belakang

Perubahan cukup banyak di bagian belakang, karena desain lampu yang berubah total jadi seperti lampu belakang Gran Carnival, dengan lampu LED horizontal penuh yang menghubungkan lampu belakang baru.

Logo KIA baru yang frameless telah disematkan menggantikan logo model lama yang berbentuk oval. Logo baru itu juga disematkan di interior, yaitu di tengah lingkar kemudi.

Kia Seltos 2023 Facelift - Samping Belakang
Kia Seltos 2023 Facelift – Samping Belakang

Lampu LED tersebut menggantikan trim krom pada model sebelumnya. Reflector di bagian tengah bodi belakang juga diturunkan ke bumper hingga lebih terlihat normal.

Bumper belakang didesain ulang dengan lampu mundur dan reflector terintegrasi. Skidplate beraksen aluminium tampak lebih besar. Secara keseluruhan, bokong Seltos Facelift 2023 ini jadi lebih sedap dipandang.

Baru vs Lama Seltos - Belakang
Perubahan Kia Seltos 2023 vs 2019 – Belakang

Masuk ke dalam kabin, kokpit digital baru Seltos 2023 ini terlihat lebih modern dengan bilah yang mengintegrasikan kluster instrumen 10,25-inci dengan head unit infotainment yang juga 10,25-inci.

Kia Seltos versi Indonesia sudah menganut pola terintegrasi seperti ini, tapi tidak terlihat benar-benar terintegrasi. Tapi pada versi facelift ini, instrument cluster dak head unit ditempatkan dalam panel yang sejajar.

Interior SUV 2023 - Kokpit
Interior Kia Seltos 2023 Facelift – Kokpit

Konsol tengah terlihat baru dengan hilangnya tuas transmisi yang diganti kenop putar pemilihan girboks otomatis.

Bentuk ventilasi dan panel AC masih sama, tapi kini dengan tombol-tombol baru yang lebih ramai. Ambient light tetap ada di dasbor dan doortrim.

Mungkin dan diharapkan akan ada fitur ADAS dan konektivitas versi KIA semisal SmartSense dan BlueLink pada Hyundai.

Perubahan Interior Kia Seltos 2023 vs 2019 - Dashboard
Perubahan Interior Kia Seltos 2023 vs 2019 – Dashboard

Kia belum mengumumkan perubahan seputar mesin Seltos 2023, kemungkinan besar akan sama dengan versi sebelumnya. Kemungukinan lain adalah hadirnya varian hybrid, mengingat era elektrifikasi yang pesat.

Kia Seltos Facelift 2023 ini kabarnya akan diungkap sepenuhnya dalam wujud nyata di Busan Motor Show 2022 pada 15 Juli 2022 mendatang.

Walau versi awalnya hadir di India, sepertinya Seltos akan jadi model global dengan peluncuran di Korea Selatan.

Interior Kia Seltos Facelift 2023 - Dashboard
Interior Kia Seltos Facelift 2023 – Dashboard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)