CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Keunggulan Mobil Mazda yang Membuatnya IstimewaFebruary 2, 2021

Keunggulan Mazda yang Membuat Mobilnya Istimewa

CaruserMagz.com – Mazda adalah brand otomotif premium yang mendapat julukan BMW-nya Jepang. Hal itu terjadi karena Mazda terkenal dengan mobil-mobil yang memiliki banyak keunggulan dan keistimewaan khas. Sehingga Mazda memiliki banyak pelanggan setia dan pecinta mereknya di seluruh dunia.

Sebagai brand premium, Mazda membuat mobil yang sesempurna mungkin dalam banyak hal, seperti keindahan eksterior, desain dan kualitas interior serta fitur-fitur canggih.

Ciri khas paling dikenal dari Mazda adalah desain yang simpel minimalis namun terlihat cantik, elegan sekaligus megah. Ciri khas kedua adalah mobil-mobil Mazda dibangun untuk driver oriented, sehingga mobilnya memiliki rasa khas pengendalian yang menyenangkan pengemudi.

Berikut Daftar Keunggulan Mobil Mazda yang membuatnya Istimewa:

Desain Eksterior

Mazda punya ciri khas desain superior yang disebut bahasa “KODO Design“. Itu adalah desain yang memadukan seni pahat kuno Jepang dengan teknologi desain canggih dengan sistem komputerisasi. Kodo Design adalah tentang kerajinan tangan terampil dan ulet yang diaplikasikan pada estetika eksterior kendaraan.

Mazda CX-30 - Crossover yang Sangat Cantik
Mazda CX-30 – Crossover yang Sangat Cantik dengan bahasa desain KODO

Bahasa design ini menghindari belokan komposit hingga menghasilkan desain dinamis dengan garis mengalir, yang memberikan kendaraan energi positif tingkat tinggi bahkan saat tidak bergerak.

Daya tarik visual mobil Mazda akan membuat orang langsung tahu bahwa itu adalah mobil mewah yang mahal, bahkan terlihat lebih mahal dari harga sesungguhnya. Hal itu menghipnotis banyak pecinta otomotif bahkan orang-orang yang ahli di bidang desain dan kendaraan.

Baca juga: Mobil Konsep Kodo Design Mazda Terbaru jadi The Best Concept Car 2018 di Geneva Motor Show

Desain dan Kualitas Interior

Senada dengan estetika desain eksterior, Mazda juga memberi perhatian pada interior, baik dari segi desain maupun kualitas bahan dan pemasangannya yang sangat rapi. Value for money mobil Mazda untuk interior dinilai banyak ahli adalah yang terbaik untuk mobil pada rentang harga yang sama.

Interior Mazda CX8
Interior Mazda CX8

Desain kokpit-nya berorientasi pada pengemudi yang berarti mobil-mobil Mazda dibangun untuk kesenangan mengemudi. Para pecinta otomotif akan jatuh cinta pada konsep itu karena pengemudi dimanjakan dengan berbagai kemudahan serta kenyamanan.

Interior Mazda CX-30 yang Mewah
Interior Mazda CX-30 – Premium dan Mewah

Teknologi Mesin Eksklusif

Mesin mobil Mazda bersifat eksklusif, yaitu teknologi SkyActiv yang menggunakan kompresi tinggi walau menggunakan bahan bakar bensin. Teknologi itu terkenal dengan tenaga yang besar dan konsumsi bahan bakar yang irit.

Misalnya mesin bensin 2.5-liter Mazda bisa menghasilkan tenaga hingga 186 hp, dimana pada teknologi lain hanya sekitar 140 hp dengan kubikasi mesin yang sama.

Dipadukan dengan teknologi transmisi yang responsif, membuat kenikmatan mengemudi mobil Mazda jadi superior, walau pada varian yang bukan mobil sport.

Kenikmatan Mengemudi

Perpaduan antara desain eksterior yang aerodinamis, sasis yang kokoh serta teknologi mesin dan transmisi, menghasilkan impresi berkendara yang superior. Banyak para ahli otomotif memuji pengendalian dan kesenangan mengemudi mobil-mobil Mazda.

Mobil Mazda terkenal stabil, lincah bermanufer dan feedback setir yang sangat baik. Mazda meracik mobilnya dengan usaha keras untuk hasil terbaik, hingga semua kerumitan teknologi berujung pada rasa berkendara yang halus, bertenaga dan presisi.

Fitur Canggih

Untuk fitur, Mazda juga menjadi salah satu merek yang menawarkan fitur-fitur superior. Prinsip “Less is More” menampilkan pengontrolan yang user-friendly dan mudah difahami pengguna mobil, namun mengandung berbagai teknologi canggih untuk keselamatan, pengendalian, hiburan serta kenyamanan.

Misalnya pada Mazda-3, sudah dilengkapi dengan fasilitas teknologi terbaru seperti Audio sistem dengan surround 6-speaker dan telepon Bluetooth, port USB, sistem radio HD, Mazda Connect untuk infotainment, kamera 360, Apple CarPlay & Android Auto, sistem navigasi dan banyak lagi.

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Salah satu keunggulan mobil Mazda yang utama adalah peringkat keamanannya. Pada tahun 2020, IIHS memberikan gelar Top Safety Pick+ untuk lineup mobil Mazda3 dan Mazda6, dan tren tersebut berlanjut pada tahun 2021.

Fitur-fitur cerdas seperti Adaptive Cruise Control, Emergency Brake Assist, Lane Departure Warning & Assist, ABS+EBD+BA, Airbag dan lain sebagainya telah menjadi standar pada mobil-mobil Mazda.

Harga Terjangkau

OK, mungkin ada banyak orang yang tidak setuju jika dianggap harga mobil Mazda itu terjangkau atau murah. Itu mungkin benar untuk kalangan ekonomi menengah.

Tapi Mazda adalah merek mobil premium, sehingga konsumennya adalah orang-orang kaya yang membandingkan Mazda dengan BMW, Mercedes-Benz, Audi, Infiniti, Lexus dan lain sebagainya.

Lineup Global SUV Mazda - Keunggulan Mobil Mazda
Lineup Global SUV Mazda – Keunggulan Mobil Mazda

Harga mobil Mazda akan terasa sangat murah jika dibandingkan dengan merek-merek premium tersebut. Pada segmen yang sama, misalnya Mercedes-Benz GLA-200 berharga Rp 775 – 779 juta, BMW X2 berharga Rp 840 juta, Lexus UX Rp 885 – 925 Juta.

Sedangkan Mazda CX-5 yang berdimensi lebih besar hanya berbanderol Rp 510 – 590 juta, atau bahkan Mazda CX-30 yang berdimensi mirip dengan Mercy GLA-200, hanya berharga Rp 480 – 520 juta.

Untuk gengsi merek, memang mobil Eropa terasa lebih bergengsi, namun rasa kemewahan Mazda juga terasa superior. Pada rentang harga yang mirip, Mazda lebih bersaing dengan produk premium dari brand seperti Hyundai, Volkswagen, Peugeot dan lainnya.

Baca juga: Mazda-3, The Best Car of The Year 2019

Kesimpulan

Ada banyak hal baik tentang mobil Mazda. Jadi, bagi Sobat yang ingin memiliki mobil mewah dengan berbagai kekhasan luar biasa, dan tentunya dengan harga lebih murah dari mobil berlencana Eropa, maka Mazda adalah pilihan tepat.

Perlakuan Mazda pada pelanggannya juga sebagaimana brand premium memperlakukan konsumen secara istimewa dan eksklusif. Jadi Sobat tidak perlu ragu untuk memiliki mobil Mazda.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar