Kelebihan Mobil FWD, Apa Keunggulan Penggerak Roda Depan?

Kelebihan Mobil FWD

Kelebihan Mobil FWD atau berpenggerak roda depan. Apa keunggulan atau keuntungan sistem penggerak roda depan untuk mobil penumpang.

CaruserMagz.com – Mobil dengan penggerak roda depan atau sering juga disebut Front Wheel Drive (FWD) sedang booming di Indonesia. Rata-rata mobil penumpang menggunakan sistem penggerak depan, hanya beberapa merek yang masih mempertahankan penggerak belakang untuk mobil andalannya.

Sebut saja di segmen paling gemuk, yaitu low MPV dan turunannya Low SUV, hanya Toyota, Daihatsu dan Wuling yang masih menggunakan penggerak Rear Wheel Drive (RWD), selebihnya sudah menggunakan FWD.

Sistem penggerak roda depan tersebut tidak hanya pada mobil-mobil perkotaan seperti city car dan MPV, tapi kini juga sudah jamak di mobil-mobil SUV besar, semisal Honda CR-V, Wuling Almaz, Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade, dan deretan SUV Eropa.

Mengapa mobil FWD kini jadi dominan di industri otomotif, khususnya mobil penumpang? Tentu ada kelebihan-kelebihan yang sangat menarik bagi produsen mobil, sehingga lebih banyak memproduksi mobil FWD ketimbang RWD.

Berikut kelebihan mobil FWD

Konfigurasi Lebih Kompak dan Lebih Ringan

Mobil berpenggerak roda depan memiliki konfigurasi yang lebih kompak, karena perangkat keras yang lebih sedikit dibanding mobil RWD apalagi AWD atau 4WD.

Semua sistem penggerak ada di bagian depan mobil, sehingga tidak diperlukan as penyalur tenaga dari transmisi ke roda belakang, tidak diperlukan gearbox (gardan) di sistem roda belakang dan posisi transmisi juga lebih di depan.

Akibatnya, bobot mobil jauh lebih ringan, kehilangan tenaga minim karena step penyaluran tenaga dari mesin hingga ke roda lebih ringkas.

Konfigurasi FWD vs RWD
Konfigurasi FWD vs RWD

Lebih Efisien Bahan Bakar

Keuntungan dari bobot yang lebih ringan dan komponen penyaluran tenaga dari mesin hingga ke roda yang lebih ringkas adalah konsumsi bahan bakar yang lebih efisien atau hemat. Sehingga biaya operasional sehari-hari mobil FWD akan lebih murah.

Kabin Lebih Lapang

Absennya as penyalur tenaga dari transmisi ke sistem roda belakang membuat tidak diperlukannya ruang untuk as tersebut di sepanjang bagian tengah mobil. Hal tersebut menyebabkan kabin terasa lebih lapang karena tidak ada gundukan besar di tengah kabin mobil.

Beda Komponen FWD vs RWD
Beda Komponen FWD vs RWD

Ground Clearance Lebih Aman

Mobil berpenggerak roda belakang dan 4WD selalu memiliki gardan di bagian tengah as roda belakang. Komponen tersebut cukup besar hingga menyita ground clearance mobil di bagian tengah.

Pengendalian Lebih Baik

Dengan roda penggerak yang juga berfungsi sebagai roda penentu arah mobil, maka risiko terjadinya under-steer saat berjalan di jalanan licin akan lebih minim.

Apalagi roda depan mobil FWD akan lebih baik daya cengkramnya ke jalan, karena bobot mobil yang lebih besar di depan akan menekan ban lebih baik ke jalan.

Baca juga: Alasan Mengapa SUV Lebih Cocok untuk Tipe Jalanan di Indonesia

Itulah beberapa keuntungan atau kelebihan mobil FWD dibanding mobil RWD. Bagi Sobat yang masih ragu untuk memilih mobil berpenggerak roda depan, semoga artikel ini mencerahkan agar tidak terlalu saklek bahwa mobil harus berpenggerak roda belakang.

Mobil-mobil sejuta umat yang berpenggerak roda depan antara lain ada Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Xpander Cross, Suzuki XL7, Honda BRV, Honda Mobilio, Wuling Cortez, Honda CR-V, Wuling Almaz, Hyundai Santa Fe dan Palisade, Kia Sedona dan lain sebagainya.

Tulis Komentar