Kelebihan dan Kekurangan Suzuki All New Ertiga 2018 Generasi Kedua, Detail Review!

CaruserMagz.comSuzuki All New Ertiga generasi kedua diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show 2018. Tepatnya pada hari pertama ajang otomotif terbesar di Indonesia tersebut, yaitu pada tanggal 19 April 2018. Apa saja kelebihan dan kekuranga Suzuki Ertiga generasi kedua ini setelah mendapat ubahan signifikan dalam banyak hal, seperti desain eksterior-interior, dimensi, mesin, fitur dan lain sebagainya.

 
Peningkatan yang dilakukan Suzuki pada Ertiga generasi baru ini banyak memberikan keunggulan dibanding generasi sebelumnya, hingga low MPV ini benar-benar layak bersaing dengan para kompetitor seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander dan Honda Mobilio. Suzuki memenuhi ekspektasi konsumen pada Ertiga dengan berbagai peningkatan signifikan.

 
Namun tak dapat dipungkiri, pada beberapa sisi, masih ada beberapa poin yang dianggap kelemahan atau kekurangan Ertiga, baik jika dibanding dengan generasi sebelumnya, maupun jika dibandingkan dengan kompetitor. Berikut review detail mengenai plus-minus Suzuki All New Ertiga 2018:

 
Baca: Suzuki All New Ertiga 2018 Mirip Xpander?

 

Kelebihan Suzuki All New Ertiga Generasi Ke-2

 

Kabin Lebih Lega – Dengan bertambahnya Dimensi menjadi lebih panjang 13 cm dan lebih lebar 5 cm, kelegaan kabin Ertiga bertambah signifikan. Menghasilkan ruang kaki dan ruang bahu yang lega.

 
Desain eksterior lebih elegan dan modern – Perubahan desain eksterior Ertiga generasi kedua ini lebih ke arah elegan. Tidak sedikit reviewer mengatakan wajah Ertiga 2018 ini punya nuansa Toyota Innova reborn, sedangkan belakangnya mirip Xpander. Setidaknya berbagai kelengkapan modern kekinian sudah disematkan seperti lampu projector dan LED.

 
Desain Interior lebih Mewah – Interior Suzuki Ertiga generasi kedua berubah total, desain dashboard dan doortrim terlihat lebih mewah dengan panel kayu glossy. Desain kursi juga terlihat lebih baik dari generasi sebelumnya.

 
Kursi tebal, empuk dan nyaman – Kursi ertiga dibangun untuk kenyamanan, kursi tersebut terasa lebih empuk dan mewah dibanding kompetitor seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda mobilio.

 
Suspensi empuk – Suspensi Ertiga termasuk nyaman dan empuk, sehingga ayunan mobil ini saat melewati jalanan bergelombang tetap membuat nyaman penumpangnya. Suspensi Ertiga bisa disejajarkan dengan Medium MPV seperti Toyota Innova.

 
Build Quality bagus – pembangunan interior Ertiga 2018 ini masih mempertahankan kualitas pada generasi sebelumnya. Terlihat rapi, jarak antar celah konsisten dan kualitas bahan bagus terasa tebal dan kokoh.

 
Lampu Projector + LED DRL – Kesan modern pada wajah low MPV Suzuki ini terasa dengan kehadiran projector head-lamp dan LED pada rear lampnya.

 
Mesin lebih bertenaga – Suzuki meng-upgrade mesin Ertiga 2018 menjadi 1,5L atau tepatnya 1.462cc. Sehingga tenaganya bertambah signifikan menjadi 107 PS dari sebelumnya hanya 92 PS. Dengan besaran tenaga tersebut, Ertiga menjadi selevel dengan Avanza, Xenia dan Xpander.

 
Lebih hemat bbm – Suzuki Ertiga adalah mobil berpenggerak roda depan (FWD), sehingga penyaluran tenaga dari mesin ke roda lebih efisien dibanding mobil berpenggerak roda belakang. Efek positifnya adalah konsumsi bbm yang juga lebih efisien.

 
Transmisi manual tersedia untuk tipe tertinggi – Tidak seperti Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander yang hanya menyediakan varian otomatis pada tipe tertinggi, Suzuki Ertiga generasi kedua ini disediakan varian manual dan otomatis pada tipe tertinggi.

 
Fitur Berlimpah – Fitur menjadi andalan Suzuki Ertiga sejak kehadirannya di Indonesia, sehingga berbagai fitur canggih tetap dipertahankan. Berikut daftar fitur Suzuki Ertiga 2018:

  • Cup holder di konsol tengah dilengkapi fungsi chiller (pendingin dari semburan AC)
  • Vehicel Stability Control (Tipe GX-ESP)
  • Rem ABS+EBD (GX)
  • Push Start-Stop Engine Button (GX)
  • Smart Entry
  • Immobilizer
  • Head unit touch screen 6.8 inci (GX)
  • Rear Parking Cammera (GX)
  • Parking Sensors
  • AC double blower
  • Driver Seat Adjuster
  • Tilt Steering
  • Isofix
  • Dual Airbags
  • Power outlet di kabin depan dan kedua

 

Baca juga: Pilihan Warna Suzuki All New Ertiga 2018

 

Kekurangan Suzuki All New Ertiga Generasi Kedua

 

Warna Interior Cerah – Warna interior yang cerah akan memerlukan perawatan ekstra, karena mudah terlihat kumal oleh debu atau noda makanan. Sayangnya tidak ada varian Suzuki All New Ertiga dengan warna interior yang gelap, hingga lebih elegan.

 
Panel AC Tidak Menarik – Sangat disayangkan panel AC Suzuki All New Ertiga ini masih menggunakan model kenop kompor gas dengan warna yang sama dengan basis interior, sehingga terlihat murahan dan mengurangi kesan mewah yang sudah dibangun pada bagian atas dashboard.

 
Arm Rest baris kedua dihilangkan – Suzuki menghilangkan arm rest di kabin baris kedua, padahal arm rest tersebut akan sangat berguna jika hanya ada 2 penumpang di tengah. Bagian itu juga membuat Ertiga sebelumnya terasa lebih mewah dibanding kompetitor.

 
Seat Belt height Adjuster dihilangkan – Fitur yang juga dihilangkan adalah pengatur ketinggian sabuk pengaman pada kabin pertama, padahal fitur tersebut sangat berguna untuk pengemudi yang berpostur tubuh kecil.

 
MID masih Monokrom – Dengan level yang lebih tinggi dari segmen di bawahnya, Ertiga 2018 ini kalah oleh Suzuki Ignis dalam hal kecanggihan Multi Information Display di cluster meter.

 
Arah semburan AC ke kaca depan dihilangkan – padahal fitur tersebut dapat berfungsi sebagai defoger saat cuaca dingin atau hujan.

 
Hand Grip tidak Retractable – Pegangan tangan pada sisi-sisi samping interior tidak lagi dapat melipat sendiri saat tidak digunakan. Hal ini memberi kesan kurang mewah. Apalagi ditambah bautnya yang tidak ada penutup memberi kesan kurang rapi. Namun bagi yang tidak begitu memperhatikan detail, mungkin hal ini tidak jadi masalah.

 
Ground Clearance Berkurang – Jarak terendah dengan jalan dikurangi setengah cm (5mm) untuk mengurangi tinggi keseluruhan mobil ini. Efek positifnya pengendalian seharudnya jadi lebih baik, namun daya jelajah berkurang dibanding generasi sebelumnya.

 
Desain Velg Tidak menarik – Spoke velg Ertiga 2018 ini terlihat terlalu ramai hingga seperti jari-jari sepeda motor. Desainnya juga tidak menarik dan kurang sporty. Hal ini akan membuat ribet saat mencuci bagian tersebut, padahal velg adalah bagian yang paling gampang kotor.

 
Baca juga: Perbedaan Suzuki Ertiga Dreza vs Ertiga Biasa

 
Demikianlah review mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki All New Ertiga generasi kedua yang diluncurkan pada April 2018. Semoga informasi ini bermamfaat bagi sobat yang berniat membeli Low MPV ini. Jika sobat punya informasi tambahan mengenai plus minus Ertiga atau ingin berbagi pengalaman mengenai keunggulan dan keluhan pengguna mobil ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar artikel ini.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “Kelebihan dan Kekurangan Suzuki All New Ertiga 2018 Generasi Kedua, Detail Review!

  • September 20, 2018 at 4:44 pm
    Permalink

    D banding dg generasi sebelumnya, mana yg lebih nyaman d kendarai di jalan bergelombang gan?

    Reply

Tulis Komentar