Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2018 Generasi Kedua, Ini Review Lengkapnya!

CaruserMagz.com – Honda Brio sudah memasuki generasi kedua sejak peluncurannya di ajang GIIAS 2018. Oleh karena itu, Brio 2018 sudah mendapat embel-embel All New. Honda Brio adalah small hatchback terlaris di Indonesia, terlepas dari segala kontroversi mengenai kelebihan dan kekurangannya yang banyak dikritisi pecinta otomotif.

 
Tidak sedikit kalangan pecinta otomotif bahkan jurnalis menyebut All New Brio 2018 ini tidak layak disebut generasi baru, karena masih menggunakan basis desain dan platform yang sama dengan model sebelumnya, bahkan tidak ada perubahan pada interiornya.

 
Namun tentu sah-sah saja bagi Honda Prospect Motor sebagai empunya barang menyebut jagoan mungilnya ini sebagai generasi baru. Toh yang akan membuktikan nantinya tetaplah angka penjualan, bukan celoteh netizen atau kritik tajam jurnalis.

 
Bagi sobat yang sudah tertarik untuk membeli citycar cantik ini, tentu sangat ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Honda All New Brio 2018. Berikut kami coba sajikan review detail mengenai keunggulan dan kelemahan All New Brio:

 

KELEBIHAN HONDA ALL NEW BRIO 2018

 
Kelebihan yang kami maksud disini adalah kelebihan Brio 2018 bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau kompetitor di segmen small hatchback. Berikut beberapa nilai plus pada Honda All New Brio 2018:

 

Dimensi Lebih Panjang

Penambahan dimensi Honda All New Brio dari generasi sebelumnya adalah bertambah panjang 20,5 cm, sedangkan tinggi dan lebarnya sama. Wheelbase diperpanjang 6 cm, sehingga membuat kabin baris kedua lebih lega.

 

Bagasi Lebih Besar

Penambahan dimensi dan perubahan pada desain bokong memungkinkan bagasi jadi lebih luas, hingga bertambah sebanyak 84 liter dibanding versi lama. Total kapasitas bagasi dengan kursi belakang tegak adalah 258 liter.

 

Desain Lebih Normal

Salah satu hal yang paling banyak dikritik dari Brio generai pertama adalah bentuk bokongnya yang tidak normal, yaitu seperti dipotong rata dan hampir semuanya berbahan kaca, hingga dinilai rentan terhadap benturan. Pada generasi kedua, bokong Brio menjadi lebih normal layaknya mobil masa kini.

 

Kelebihan dan Kekurangan Honda All New Brio 2018 Generasi Kedua
Kelebihan dan Kekurangan Honda All New Brio 2018 Generasi Kedua

Baca juga: Apa saja Perubahan Honda Brio 2018, dibanding Genersai Pertama

 

Tampilan Stylist

Tak dapat dipungkiri desain eksterior Honda Brio 2018 ini jadi lebih stylist dengan perubahan pada fasia depan yang mengikuti Mobilio dan bagian belakang yang lebih normal layaknya citycar pada umumnya.

Desain lampu depan yang lebih tajam nampak lebih modern dari versi sebelumnya, apalagi dengan dimensi lebih panjang membuatnya lebih proporsional. Velg Alloy 2-tone berukuran 15 inci juga membuat mobil ini nampak berkelas dan kokoh.

 

Performa Terbaik di Kelasnya

Untuk ukuran small hatchback, Honda Brio punya performa terbaik di kelasnya jika dibandingkan Nissan March, Mitsubishi Mirage, KIA Picanto dan Suzuki Ignis. Mesin 4-silindernya juga menghasilkan getaran mesin yang lebih halus.

Honda Brio 2018 ditenagai mesin 1.198cc (1.2L), SOHC 4-silinder segaris, 16 katup i-VTEC+DBW yang menghasilkan output 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

 

Fitur Keselamatan cukup Lengkap

Fitur keselamatan Honda Brio cukup lengkap untuk kelas small hatchback di Indonesia, yaitu antara lain:

  • Rem ABS+EBD pada Semua Varian
  • Dual SRS-Airbags
  • Pretensioner Seatbelt dengan Load Limiter
  • Teknologi Sasis G-Force Control +ACE

 

Fun to Drive dan Stabil

Keunggulan utama Honda Brio dari semua kompetitornya adalah pengendalian yang terbaik di kelasnya. Honda Brio adalah yang terbaik kenikmatan mengemudinya, terutama karena kestabilan yang didukung desain aerodinamis dan suspensi yang pas.

 

Irit Bahan Bakar

Walaupun dimensinya lebih besar, Honda mengklaim Brio generasi kedua ini lebih hemat berkat beberapa perubahan pada mesinnya yang mengurangi gesekan komponen mesin. Dibanding kompetitor, konsumsi bbm Honda Brio versi lama pun lebih irit, apalagi jika ada peningkatan pada All New Brio ini.

 

Fitur Hiburan Menarik

Pada All New Brio RS, fitur hiburan diberikan layar monitor touchscreen 6.1 inci yang mempunyai berbagai konektifitas dan player, antara lain CD/DVD, AM/FM Radio, iPod/iPhone, Bluetooth dan USB. Untuk kualitas suara didukung oleh 4 speaker dan 2 tweeter.

 

Fitur Interior Lengkap

Fitur-fitur dan kelengkapan interior juga cukup menarik, seperti:

  • AC Digital
  • Power Windows di semua pintu
  • Kepraktisan Baik dengan banyaknya cupholder
  • Vanity Mirror
  • Head Rest kursi depan terpisah tidak lagi menyatu
  • Head unit 2DIN atau Layar Touchscreen (tipe RS)
  • Sound system 4 speaker + 2 tweeter

 

KEKURANGAN HONDA ALL NEW BRIO 2018

 
Dengan bejibun kelebihannya dan berbagai peningkatan yang dilakukan HPM, Honda All New Brio dapat dikatakan citycar terbaik di kelasnya, namun demikian masih ada beberapa hal yang masih dikritisi pecinta otomotif dan menjadi peluang penyempurnaan oleh HPM, yaitu antara lain:

 

Harga dianggap Kemahalan

Dengan pergantian generasi ini, harga Honda All New Brio seperti melejit. Mungkin banyak faktor penyebabnya, seperti kurs rupiah yang anjlok terhadap Dollar Amerika, atau mungkin juga mengikuti hukum tetap pasar, yaitu tingginya minat konsumen pada Citycar terlaris ini membuat HPM yakin tetap akan dibeli walau harganya dinaikkan.

Dalam persaingan di segmen Citycar, harga All New Brio non-LCGC memang sudah mendekati harga low MPV, yaitu Rp. 175 – 190 juta. Sedangkan di kelas LCGC, Brio Satya juga tergolong mahal dibanding kompetitor seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, yaitu Rp. 139 – 162,5 Juta.

 

Bahan Interior masih Terasa Murah

Hal yang masih terus mendapat kritik adalah bahan plastik interior yang cheap-look dan berkesan tipis saat ditekan. Jika dibandingkan dengan Nissan March, Mitsubishi Mirage apalagi Kia Picanto, All New Brio masih terasa kurang kualitas bahannya. Namun kualitas interior New Brio tidak jelek-jelek amat jika dibandingkan LCGC dari brand lain.

 

Fitur belum Begitu Lengkap

Untuk All New Brio tipe RS yang akan bertarung di segmen Citycar non-LCGC, dengan harga Rp. 190 jutaan, fiturnya terasa kurang jika dibanding kompetitor seperti Suzuki Baleno Hatchback, Daihatsu Sirion, Nissan March dan Mitsubishi Mirage.

New Brio 2018 kalah dari New Sirion dalam hal fitur pengendalian, yaitu tidak adanya Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control. Dan Brio juga kalan nuansa kekinian dari Mirage, March dan Baleno dengan absennya Keyless Start-Stop engine Button.

 

Desain Belakang bukan Selera semua Orang

Perubahan desain belakang pada New Brio 2018 ini adalah hal paling besar yang membuatnya disebut All New. Namun sayangnya bagian ini masih tidak luput dari kritik, karena tidak sedikit orang yang merasa kurang sreg dengan desainnya yang terlalu biasa.

Namun hal itu sebenarnya lumayan sebagai langkah awal perubahan untuk menjadi citycar yang lebih normal, jika dibanding generasi sebelumnya yang justru bagian belakang tersebut banyak disebut aneh.

 

Kesenyapan Kabin Kurang Baik

Hal yang juga masih dikritisi adalah kesenyapan kabin yang dirasa masih kurang baik. Suara-suara dari luar belum teredam dengan baik dan road noise dari ban masuk ke kabin dengan suara yang cukup membuat bising. Namun hal tersebut sebenarnya wajar untuk kelas LCGC.

 
Baca juga: Pilihan Mobil Baru 100 Jutaan di Indonesia

 
Demikianlah review mengenai Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2018 Generasi kedua. Jika sobat punya informasi tambahan atau pendapat lain mengenai kenggulan dan kelemahan Honda All New Brio ini, jangan segan untuk berbagi di kolom komentar artikel ini. Kunjungi CaruserMagz.com untuk review detail serta plus-minus mobil-mobil lainnya.

 
Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar