Honda CR-V tetap Layak Lebih Mahal dari Wuling Almaz karena Alasan ini

CaruserMagz.com – Untuk orang Indonesia, mobil di segmen Medium SUV sudah digolongkan mobil orang kaya. Pamor mobil SUV 7-Seater seperti Honda CR-V, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan X-Trail dan Hyundai Santa Fe cukup mentereng sebagai kendaraan orang berduit. Walau mungkin di Eropa apalagi Amerika, mobil-mobil tersebut dianggap mobil orang kebanyakan.

 
Di tahun 2019, pasar otomotif Indonesia kedatangan Medium SUV baru dari Brand asal China, yaitu Wuling Amlaz. SUV pertama brand yang masih belia di Indonesia tersebut datang dengan gebrakan luar biasa seolah mencubit pabrikan Jepang yang sudah jauh lebih lama eksis di Indonesia.

 
Wuling seolah mengatakan pada konsumen Indonesia, bahwa untuk membuat mobil yang berkualitas tinggi, bertabur fitur mewah, senyaman mobil Amerika dan dengan desain modern yang menawan, tidak perlu mahal!

 
Kehadiran Wuling Almaz juga seolah mengungkap bahwa selama ini Brand-brand Jepang menjual mobilnya dengan harga jauh lebih mahal dari seharusnya. Wuling Almaz yang berada pada segmen Medium SUV, kasta tertingginya bahkan lebih murah dari Compact SUV Jepang, yang seharusnya satu level di bawah Almaz.

 
Tak pelak Wuling Almaz menjadi ancaman serius bagi mobil-mobil di segmen Medium SUV, khususnya Honda CR-V yang merupakan Medium SUV berpenggerak roda depan terlaris.

 

Wuling Almaz dengan tampilan Modern dan Tangguh
Wuling Almaz dengan tampilan Modern dan Tangguh

Lalu benarkah dalam segala hal Wuling Almaz lebih baik dari Honda CR-V? Ternyata jawabannya tidak! Menurut kami, ada beberapa hal yang membuat Honda CR-V tetap layak lebih mahal dari Wuling Almaz. Ini merupakan pendapat dari sudut pandang kami, sobat pembaca sah-sah saja berpendapat berbeda.

 

Berikut kelebihan Honda CR-V dari Wuling Almaz yang membuatnya tetap lebih layak lebih Mahal:

 

Desain Eksterior

Jika kedua mobil ini dilihat dalam keadaan terpisah, maka keduanya terlihat menarik, modern dan kekinian. Kami kira banyak yang akan setuju jika dibilang keduanya terlihat macho, sporty, jantan atau istilah lainnya yang menggambarkan keduanya menggoda mata.

Namun jika didekatkan, maka kami berpendapat bahwa Honda CR-V terlihat lebih indah, lebih elegan dan lebih aerodinamis dibanding Wuling Almaz. Wajah Honda CR-V terlihat lebih simpel, klimis namun tetap atletis.

Sedangkan Wuling Almaz terlihat terlalu rumit dengan banyaknya garis-garis. Serta posturnya yang tinggi membuatnya terlihat kurang aerodinamis. Sehingga jika berdekatan, Honda CR-V kami nilai menang banyak dari Almaz dalam hal desain eksterior.

 

Tenaga dan Torsi

Hal utama kedua yang menurut kami paling membuat Honda CR-V tetap lebih baik dari Wuling Almaz adalah mengenai output tenaga mesinnya. Walau sama-sama 1500cc dan sama-sama berteknologi turbo, Honda CR-V jauh mengungguli Almaz dalam hal tenaga.

Honda CR-V 1.5 Turbo dibekali mesin DOHC Direct Injection VTEC 4-silinder dengan output tenaga 190 PS dan torsi puncak 248 Nm. Sedangkan Wuling Almaz bertenaga 142 PS dan Torsi 250 Nm. Sehingga CR-V unggul 48 PS dalam hal tenaga dibanding Almaz.

Angka tersebut akan menghasilkan jambakan tenaga yang berbeda, khususnya pada rpm tinggi. Weight to Power Ratio Honda CR-V (8,68 kg/PS) lebih kecil dibanding Almaz (10,63 kg/PS), walau bobot Wuling Almaz yang 1.510 kg Curb Weight lebih ringan dari CR-V 1.649 kg.

 

Driving Impression

Pengendalian Honda CR-V terasa lebih baik dari Wuling Almaz berkat dimensi yang lebih rendah dan bobot yang lebih berat. Kenikmatan mengemudi juga merupakan hal penting yang memberikan rasa percaya diri saat mengemudi di kecepatan tinggi.

 

Konsumsi BBM

Efisiensi bahan bakar adalah salah satu keunggulan utama mobil-mobil Honda. Dari berbagai test media, Honda CR-V mampu berjalan hingga 11 km/liter untuk mode berkendara agresif dan 12.5 km/liter untuk mode berkendara dengan kecepatan beragam dalam perjalan jauh. Klaim pabrikan Honda, CR-V bisa mencatatkan konsumsi bbm hingga 19 km/liter untuk mode berkendara hemat.

Sedangkan Wuling Almaz hanya mencatatkan angka 9,3 km/liter untuk mode berkendara dengan kecepatan beragam di perjalanan jauh. Perbedaan tersebut cukup signifikan yang menandakan Honda CR-V jauh lebih hemat bbm.

 

Jaringan Layanan Purna Jual

Honda sudah jauh lebih lama eksis di Indonesia, sehingga jaringan dealer dan layanan purna jualnya lebih banyak dari Wuling. Kita bisa menemukan dealer dan bengkel Honda hingga ke kota-kota kabupaten, sedangkan Wuling baru ada di kota-kota provinsi.

Sehingga tentu memiliki mobil Honda akan lebih mudah mengakses layanan bengkel resmi. Namun dengan strategi pengembangan jaringan Wuling yang agresif, it’s only the matter of time.

 

Brand Image

Brand image mungkin hanya berlaku pada generasi-old dan sebagian kecil generasi muda, namun para pembeli medium SUV pada umumnya adalah generasi old yang sudah sangat mapan secara ekonomi. Brand image juga tergolong the matter of time, tergantung kemampuan Wuling mengembangkan brand image-nya.

Namun tak dapat dipungkiri lencana Honda pada hidung mobil memang memberi prestise lebih tinggi dari Wuling yang belum dikenal luas di Indonesia. Popularitas Honda CR-V sebagai mobil yang keren dan mewah di Indonesia juga memberikan prestise tersendiri yang masih sulit dicapai Wuling Almaz.

 
Baca juga:
Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz
Apa Beda Honda CR-V Turbo vs non-Turbo

 
Demikianlah ulasan kami mengenai pada poin apa saja Honda CR-V tetap lebih unggul dari Wuling Almaz, sehingga tetap ada nilai lebih jika membeli Honda CR-V walau harganya jauh lebih mahal dari Wuling Almaz.

 
Review ini merupakan pendapat pribadi kami dan kami tidak dibayar oleh salah satu brand tersebut. Jika sobat pembaca punya pendapat berbeda, jangan ragu mengungkapkannya di kolom komentar.

Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar