Beda Honda Brio 2018 Generasi-2 dibanding Brio Lama, Apa saja Perubahannya?

CaruserMagz.comAll New Honda Brio 2018 generasi ke-2 resmi debut global di Indonesia melalui ajang GIIAS 2018 di ICE-BSD, Serpong Tangerang pada 2 Agustus 2018. Apa saja perubahan citycar terlaris di Indonesia tersebut yang membedakannya dari Brio generasi lama?

 
Honda melakukan upgrade yang sangat signifikan pada Brio 2018 ini, dengan fokus pada hal-hal yang selama ini banyak dikritik oleh pencinta otomotif dan memenuhi hampir semua ekspektasi konsumen Indonesia pada mobil small hatchback yang ideal.

 
Ubahan itu meliputi tampilan eksterior, peningkatan kelegaan kabin, tambahan fitur, kenyamanan interior, kekedapan dan pilihan warna, hingga ke urusan dapurpacu yang mendapat sentuhan peningkatan.

 
Berikut daftar hal-hal yang berubah pada Honda Brio 2018 generasi ke-2:

 

EKSTERIOR

 

Tampilan Eksterior

Perubahan tampilan luar Honda Brio ini memberi kejutan pada bagian belakang. Desain bokong Brio sebelumnya yang banyak dikritik akhirnya diubah menjadi lebih normal dan memungkinkan Brio punya bagasi yang lebih luas, walau bentuknya tidaklah begitu istimewa.

Honda Brio 2018 Generasi-2 - Tampak Belakang
Honda Brio 2018 Generasi-2 – Tampak Belakang

Di bagian depan, bukanlah hal yang mengagetkan, dan sudah bisa ditebak sejak setahun yang lalu. Wajah Brio generasi kedua ini hanya mengikuti pakemnya yang satu basis dengan Mobilio. Namun bagusnya jadi terlihat lebih modern dengan bentuk head lamp yang tajam.

Overall tampilan Brio 2018 ini jadi lebih sedap dipandang, bokongnya tidak lagi seperti terpotong atau seperti habis digigit monsters jahat. Dengan perubahan ini, harusnya Brio bisa menjadi lebih sempurna dan mengungguli semua rivalnya, karena menjawab kritik pada hal-hal yang selama ini dianggap kekurangannya.

 

Lampu-lampu LED

Jika pada versi sebelumnya hanya tipe RS yang dilengkapi LED, maka pada Brio 2018 ini, semua tipe akan dilengkapi LED Positioning Light pada lampu utama, sehingga menambah kesan mewah. Lampu LED juga akan ada pada spion dan high mount stop lamp di rear-spoiler.

 

Desain dan Ukuran Velg

Bentuk dan ukuran velg Brio generasi kedua ini dibedakan berdasarkan tipe-nya. Dimana tipe RS mendapat velg yang lebih besar. Berikut detailnya:

  • Honda Brio tipe RS: Velg aluminium 15 inci – Piano Black Design.
  • Honda Brio tipe E : Velg aluminium 14 inci – Triple Dynamic Design.
  • Honda Brio tipe S : velg 14 inci – double-layer design.

 

Pilihan Warna Baru

Ada pilihan warna baru untuk Honda Brio 2018 Indonesia ini, yaitu kuning menyala yang disebut Carnival Yellow. Selain itu adalah warna lama. Sehingga total ada 7 pilihan warna Honda Brio generasi baru ini, yaitu:

  • Putih – Taffeta White.
  • Silver – Lunar Silver Metallic
  • Abu-abu – Modern Steel Metallic
  • Hitam – Crystal Black Pearl
  • Merah – Rallye Red
  • Kuning – Carnival Yellow
  • Orange dual Tone – Phoenix Orange Pearl with Black Top Roof untuk kelas RS.

 

Spion

Hal yang baru pada rumahan spion Honda Brio 2018 ini adalah sudah adanya lampu sein LED dan fitur retractable pada Brio tipe RS. Dimana sebelumnya lampu sein ada di body samping, di bawah pilar A.

 

INTERIOR

Pada bagian dalam kabin, secara desain tidak banyak berubah, nuansa Brio 2017 masing sangat kental terasa. Namun perubahan signifikan terasa di kabin baris kedua. Berikut apa saja yang beda pada interior Honda Brio 2018.

Interior Honda Brio 2018 Generasi kedua
Interior Honda Brio 2018 Generasi kedua

 

Kelegaan Kabin

Honda sengaja membuat Brio generasi kedua ini lebih panjang untuk menjawab kritik dan keluhan pengguna yang kurang puas dengan kelegaan kabin versi sebelumnya. Wheelbase diperpanjang 6 cm untuk menambah ruang kaki pada kabin baris kedua. Sehingga nuansa sempit jauh berkurang.

 

Kapasitas Bagasi

Dengan dimensi yang lebih panjang, dan desain bokong yang tidak lagi seperti dipotong rata, kapasitas bagasi Brio 2018 bertambah signifikan, yaitu lebih luas 84 liter dibanding versi lama. Sehingga total luas bagasinya adalah 258 liter. Selain itu, luas bukaan pintu juga lebih lebar 15% dari sebelumnya.

 

Kekedapan Kabin

Honda mengklaim bahwa Brio 2018 ini lebih kedap dari versi lama. Peningkatan itu dilakukan dengan menambahkan insulator pada atap, bagasi dan dashboard, serta mengubah exhaust pipe supporter sehingga mengurangi penetrasi suara dari luar kabin.

 

Warna Interior

Honda Brio 2018 ini masih mengusung warna dual tone Hitam dan Beige untuk tipe S dan E. Sedangkan tipe termahal, yaitu RS diberi warna basis hitam dengan hiasan garis-garis orange pada dashboard dan doortrim. Pada tipe E ada dekorasi berwarna silver.

 

Head Rest / Sandaran Kepala

Perubahan yang dilakukan pada sandaran kepala cukup signifikan, dimana pada kursi depan untuk tipe RS tidak lagi menyatu dengan kursi, sehingga sudah bisa diatur ketinggiannya. Sedangkan tipe S dan E masih seperti versi sebelumnya yang menyatu dengan sandaran kursi.

Interior Honda Brio 2018 - Head Rest
Interior Honda Brio 2018 – Head Rest

Namun pada baris kedua, tidak ada perbedaan, semua kursi sudah mendapat head rest yang dapat diatur ketinggiannya, bakan total ada 3 sandaran kepala. Sehingga dalam hal ini, Brio mengungguli semua kompetitornya.

 

Kinerja AC

Honda mengklaim AC pada Brio 2018 akan lebih cepat mendinginkan ruangan karena kinerjanya telah ditingkatkan. Selain itu komponen AC juga diklaim lebih ringan sehingga berkontribusi mengurangi bobot total kendaraan.

 

Lampu Bagasi

Hal yang baru juga ada di bagasi dimana sudah ada lampu bagasi yang akan otomatis hidup jika pintu bagasi dibuka, sehingga menambah visibilitas saat membuka bagasi di ruang gelap atau malam hari. Fitur ini sebelumnya sudah ada pada Kia All New Picanto.

 

Fitur Kunci Pintu

Untuk urusan fungsi-fungsi penguncian pintu ini sebenarnya Honda Brio cukup terlambat, karena kompetitornya seperti Kia All New Picanto sudah memilikinya sejak tahun 2012. Fungsi baru tersebut antara lain:

Auto-relock – Ketika kunci pintu dibuka dengan remot, kemudian selama 30 detik pintu mobil tersebut tidak juga dibuka, makan akan otomatis terkunci kembali. Hal ini untuk menghindari pintu terbuka karena terpencet tidak sengaja oleh pemiliknya.

One motion door – yaitu kunci semua pintu dapat dilock dari tuas kunci pada sisi dalam pintu pengemudi. Namun fitur ini dilengkapi lagi dengan mechanical cancel lock, dimana pintu yang dalam posisi terbuka tidak akan ikut terkunci.

Electrical Trunk Opener – Pintu bagasi bukan mekanis dengan tuas, tapi sudah menggunakan fitur elektronis dengan tombol. Cukup menekan tobol tersebut, pintu bagasi akan terbuka. Lagi-lagi hal ini mirip dengan yang sudah ada pada Kia All New Picanto.

 

POWERTRAIN

Meskipun menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya, Honda melakukan berbagai peningkatan pada mesin, khususnya untuk menjaga kehematan bahan bakar, karena adanya penambahan bobot dengan bertambahnya dimensi.

 

Mesin

Mesin berkapasitas 1.2L i-VTEC 4-silinder Brio disempurnakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi gesekan di setiap bagian mesin. Improvement itu dilakukan pada struktur piston untuk mencapai proses intake yang lebih ringan.

 

Transmisi

Perubahan dilakukan pada transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission) dengan tujuan juga efisiensi bahan bakar, yaitu dengan mengurangi gesekan pada komponen transmisi dan berbagai sensor kontrol.

 

Emisi

Honda juga mengklaim bahwa Honda Brio terbaru ini lebih environtment friendly, karena emisi gas buang sudah dikurangi dengan meningkatkan pendinginan di ruang pembakaran. Hal tersebut dicapai dengan kombinas exhaust manifold dengan kepala silinder, dan meletakkan catalytic converter di bawah exhaust manifold.

 

PENGENDALIAN

 

Sistem Kemudi

Honda mengklaim sistem kemudi Honda Brio 2018 ini lebih presisi dibanding versi lama. Berbagai peningkatan dilakukan seperti pengaturan baru pda sistem EPS, ukuran pegas yang baru dan lain sebagainya.

 

Suspensi

Bobot yang bertambah menuntut perubahan pada kinerja suspensi, untuk mempertahankan pengendalian yang baik dan kenyamanan penumpang. Hal itu dilakukan dengan pengaturan baru pada suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam.

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar