BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Van Komersial Listrik Hasil Kolaborasi Toyota-Daihatsu-Suzuki akan Diperkenalkan di KTT-G7

Mobil Kargo Listrik Ringan Hasil Colab Toyota-Daihatsu-Suzuki

Share

CaruserMagz.com – Toyota Global melalui laman resminya mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan van komersial listrik di KTT G7 Hiroshima, pada Kamis, 18 Mei 2023, hingga Minggu 21 Mei.

Pameran itu diselenggarakan oleh Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) dalam memeriahkan pertemuan puncak pemimpin negara-negara G7 di Hiroshima, Jepang.

Ini adalah perwujudan janji Toyota Motor Corporation (TMC) yang mereka rilis juga di laman resminya pada 19 Juli 2022 lalu.

Van listrik itu merupakan hasil kolaborasi antara Suzuki Motor Corporation, Daihatsu Motor Co. Ltd., dan Toyota Motor Corporation, dalam upaya mendukung visi netralitas karbon dunia. Kerjasama ini juga melibatkan Commercial Japan Partnership Technologies Co., Ltd. (CJPT).

Para pabrikan akan membawa modelnya masing-masing, yaitu van komersial listrik dengan bentuk yang sama, tapi memiliki emblem berbeda.

Mobil Komersil Listrik Ringan Hasil Kolaborasi Toyota-Daihatsu-Suzuki
Mobil Komersil Listrik Ringan Hasil Kolaborasi Toyota-Daihatsu-Suzuki

Masing-masing merek memiliki namanya sendiri untuk mobil van komersial listrik kembar 3 ini, yaitu Toyota Pixis, Suzuki Every, dan Daihatsu Hijet.

Kolaborasi ketiga pabrikan tersebut dilakukan dengan menyumbang pengetahuan masing-masing, yaitu menggabungkan teknologi elektrifikasi Toyota dengan kemampuan manufaktur mobil kecil dari Suzuki dan Daihatsu.

Sementara CJPT berperan dalam perencanaan infrastruktur pengecasan ulang baterai BEV sebagai alat transportasi barang.

Adapun fasilitas perakitan yang akan digunakan untuk memproduksi van listrik ini adalah pabrik milik Daihatsu.

Van ringan untuk industri pengiriman ini dirancang sebagai alat transportasi jarak jauh yang efisien. Dalam kondisi bermuatan penuh, mobil BEV ini diharapkan bisa menempuh jarak sekitar 200 km dari kondisi baterai penuh.

Kerjasama antara grup Toyota dan Suzuki terlihat makin intens di banyak sektor. Misalnya di India, kedua merek bertukar platform hingga banyak memiliki mobil kembar. Kerjasama membuat BEV ini menjadi penambah daftar produk kembar antara keduanya.

Akankan Suzuki menjadi bagian dari Group Toyota di masa depan, sebagaimana yang terjadi pada Daihatsu? Who knows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)