Ertiga Seruduk Truk Hingga Ringsek karena Pengemudi Tak Sabaran di Kemacetan

Suzuki Ertiga seruduk belakang truk

CaruserMagz.comSuzuki Ertiga Seruduk Truk – Kondisi macet memang membuat kebanyakan kita stress, kehilangan ketenangan dan kesabaran, hingga terkadang terpancing marah dan melampiaskannya pada klakson kencang atau pedal gas yang ditekan dalam-dalam.

Kejadian seperti klakson yang ribut dan umbaran kemarahan menjadi hal biasa yang kita saksikan di jalan raya. Bahkan hingga ada yang adu jotos hanya karena tidak rela disalib atau karena kesalah-fahaman lainnya, akibat tidak mampu menahan emosi.

Salah satu contoh kejadian karena ketidak sabaran pengemudi yang berujung kecelakaan fatal terekam kamera cctv. Video dari cctv tersebut diposting oleh akun facebook “Info Kecelakaan Hari Ini” yang kemudian diteruskan diposting di group “Suzuki Ertiga Club Indonesia“, karena kecelakaan tersebut melibatkan Suzuki Ertiga.

Kejadian tersebut dapat dilihat pada video berikut:

Alhasil, Suzuki Ertiga tersebut ringsek karena menyeruduk bagian belakang truk bermuatan. Kap mesin ringsek hingga ke kaca depan, lalu low MPV tersebut lengket di bagian belakang truk. Kondisi tersebut direkam dengan kamera telepon seluler seperti pada video berikut:

Tidak diketahui apakan pengemudi meninggal dunia atau tidak. Mestinya pengemudi hanya akan mengalami cidera ringan jika airbag mengembang, karena bentuk kabin depan tidak sampai hancur.

Tindakan Ceroboh Pengemudi

Dari video pertama, terlihat pengemudi Suzuki Ertiga tersebut melakukan kesalahan dengan mendahului truk dari sebelah kiri dengan kecepatan tinggi. Mungkin ia mengira tidak ada kendaraan lain di depan truk tersebut, karena visibilitasnya terhalang oleh truk di depannya.

Tindakan seperti ini sering dilakukan oleh pengemudi ceroboh yang suka berjudi dengan maut, mereka mengandalkan harapan bahwa tidak ada kendaraan lain di depan, lalu memacu kendaraannya secepat mungkin.

Saat benar-benar tidak ada kendaraan lain di depan kendaraan yang dia dahului, mereka selamat. Namun jika ternyata ada, maka mereka mengalami nasib yang tragis, karena benturan keras sudah tidak mungkin dihindari.

Kemungkinan Terjadi Kepanikan Pengemudi

Dari video Ertiga seruduk truk tersebut, juga terlihat bahwa mobil sempat melambat saat posisinya sejajar dengan truk yang ia dahului, kemudian secara mendadak mobil itu kembali berakselerasi hingga menyeruduk belakang truk di depan truk yang dahului.

Kondisi tersebut sepertinya terjadi karena kepanikan pengemudi, yang ingin menekan pedal rem namun salah injak pedal hingga terinjak pedal gas.

Kepanikan seperti ini sering terjadi pada pengendara mobil matik, karena saat panik dia mengira telah menggeser kaki ke pedal rem, tapi ternyata terinjak pedal gas karena kakinya tidak sempat berpindah ke rem.

Baca juga:

Pelajaran yang Bisa Diambil

Dari kejadian tersebut, kita yang menyaksikan semestinya mengambil pelajaran. Terutama saat terjebak macet dalam iring-iringan truk, karena badan truk yang besar menghalangi visibilitas secara signifikan.

Kita harus meyakinkan bahwa benar-benar tidak ada lagi kendaraan di depan truk yang akan kita dahului, sebelum memutuskan untuk membejek pedal gas atau memilih bersabar.

Kemudian, mendahului dari sebelah kiri atau bahu jalan dengan kecepatan tinggi sebaiknya dihindari, karena itu tindakan sangat berisiko mencelakakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Cukuplah orang lain yang menjadi pelajaran dalam hal-hal buruk. Kita tidak perlu mengalaminya sendiri untuk menjadi sadar dan merubah kebiasaan buruk dalam mengemudi.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar