Jenis busi, apa kelebihan dan kekurangan busi iridium

Jenis Busi, Bagaimana Memilih Busi yang Tepat?

Tips
CaruserMagz.com – Fungsi dan jenis busi untuk kendaraan. Mungkin kita semua sudah tahu bahwa busi berperan penting dalam pembakaran di ruang mesin bakar, yaitu menghasilkan percikan api untuk membakar bahan bakar. Tetapi tahukan anda, bahwa ada beberapa jenis busi yang memiliki efisiensi berbeda sesuai bahannya.

Komponen penting dari busi adalah elektroda yang awalnya hanya dibuat dari bahan tembaga. Seiring perkembangan teknologi, busi sekarang dibuat dari berbagai bahan lain, seperti platinum, iridium, bahkan perak.

 
Bukan hanya bahan, pengembangan juga ditujukan untuk membuat busi lebih hemat daya listrik, misalnya revisi ukuran elektrodanya menjdi lebih kecil dan konfigurasi lapisan bahan dan lain sebagainya.

 

Setidaknya ada enam jenis busi yang sekarang tersedia di pasaran. Berikut daftarnya:

 

1. Busi Tembaga (Copper Plug Spark)

Ini adalah jenis busi paling tua yang hingga sekarang masih ada. busi ini dibuat dari bahan tembaga padat. Biasanya tembaga dipadukan dengan nikel karena tembaga saja akan terlalu lunak dan mudah terkorosi.

Kelemahan dari busi tembaga adalah usia pakai yang singkat, karena bahan yang lunak dan halus, yaitu sekitar 15.000 hingga 30.000 km saja. Selain itu, busi jenis ini menghisap daya listrik paling besar karena Elektroda tengahnya berdiameter besar.

Busi Tembaga - Copper Spark Plug
Busi Tembaga – Copper Spark Plug

Busi tembaga paling cocok untuk kendaraan tua yang diproduksi sebelum tahun 1980-an karena mobil-mobil tersebut membutuhkan sedikit listrik untuk komponen mobil yang lain. Busi tembaga berkinerja baik dalam kondisi kompresi tinggi atau mesin turbo.

Kelebihan Busi Tembaga:
— Cocok untuk kompresi tinggi dan turbo.
— Harganya murah.

Kelebihan Busi Tembaga:
— Usia pakai yang singkat
— Memerlukan banyak daya listrik.

 

2. Busi Platinum

Busi ini mirip dengan busi tembaga, tapi ditambah disc platinum pada ujung elektrodanya. Perubahan kecil tersebut membuat busi ini lebih tahan lama, untuk jarak tempuh hingga 96.000 km (60.000 mil).

Busi platinum menghasilkan lebih banyak panas dibanding busi tembaga, sehingga mengurangi penumpukan kerak karbon sisa pembakaran. Busi ini cocok untuk kendaraan modern yang memiliki sistem pengapian dengan distribusi elektronik.

Kelebihan Busi Platinum:
— Umur pemakaian lebih lama dari busi tembaga
— Mengurangi penumpukan kerak karbon

Kekurangan Busi Platinum:
— Cukup mahal
— Tanggung, karena bukan yang terbaik

 

3. Busi Platinum Ganda

Busi platinum ganda adalah pilihan terbaik untuk sistem percikan limbah dalam distributor ignition. Disk platinum ganda pada busi ini menghasilkan dua kali nyala api, dimana percikan kedua terbuang dalam sistem pengapian selanjutnya.

Kelebihan Busi Platinum Ganda:
— Terbaik untuk sistem percikan limbah
— Sangat andal

Kekurangan Busi Platinum Ganda:
— Tidak Cocok untuk DIS elektronik
— Mahal

 

4. Busi Iridium

Busi iridium adalah yang paling tahan lama dari semua jenis busi dan lebih kuat daripada busi platinum. Busi ini bisa bertahan untuk jarak tempuh hingga 161.000 km (100.000 mil).

Busi iridium memiliki elektroda pusat yang pendek, sehingga membutuhkan lebih sedikit tegangan untuk menghasilkan arus listrik dan memberikan pembakaran yang hampir sempurna.

Busi iridium - Kelebihan Busi Iridium
Busi iridium – Kelebihan Busi Iridium

Mungkin teman-teman pembaca sudah mengetahui bahwa busi iridium lebih mahal berkali-kali lipat dari busi biasa. Namun hal tersebut tergolong wajar untuk semua kelebihan yang dimiliki busi jenis ini.

Kelebihan Busi Iridium:
— Terbesar dari semua tipe
— Memiliki umur pemakaian terlama
— Lebih hemat daya listrik
— Pembakaran yang lebih sempurna

Kekurangan Busi Iridium:
— Harganya paling mahal

 

5. Busi Iridium Ganda

Layaknya busi platinum ganda, busi iridium juga dikembangkan dengan cakram ganda untuk performa yang lebih kuat dan usia pemakaian yang lebih lama. Busi iridium ganda punya kemampuan menghasilkan percikan api dalam kondisi mengemudi apa pun.

Busi iridium ganda
Busi iridium ganda

Kelebihan busi iridium ganda:
— Peningkatan kinerja
— Bekerja dalam kondisi apa pun
— Usia pakai lebih lama dari busi iridium tunggal.

Kekurangan Busi Iridium:
— Sangat mahal, tentu lebih mahal dari busi iridium biasa.

 

6. Busi Perak (Silver Spark Plug)

Perak adalah pengantar listrik terbaik, sehingga bahan mahal tersebut juga disematkan untuk salah satu jenis busi. Namun ini adalah jenis yang paling jarang kita temui, karena hanya digunakan pada sepeda motor Eropa kuno dan kendaraan berkinerja tinggi.

Perak merupakan konduktor panas yang hebat dan sangat tahan terhadap korosi, sehingga mampu bertahan tiga kali lebih lama dari busi tembaga tradisional dan sedikit lebih mahal.

Namun busi perak tidak lebih baik dari platinum dan iridium sehingga menawarkan solusi bagi mereka yang tidak ingin menggunakan busi tembaga, tapi tidak sanggup membeli busi iridium.

Kelebihan busi perak:
— Konduktor panas yang bagus
— Tahan terhadap korosi
— Usia pakai yang panjang

Kekurangan busi perak:
— Lebih mahal dari busi tembaga
— Aplikasi terbatas

 
Baca juga:
Tanda-tanda Mesin Bermasalah yang harus segera diperbaiki
Mengapa Mobil jadi Boros Bahan Bakar?

 
Itulah jenis-jenis busi untuk mesin bakar yang ada. Jenis busi apa yang tepat untuk mobil anda? sebenarnya tidak perlu bingung, karena anda cukup mengikuti rekomendasi pabrikan mobil.

 
Namun jika tidak memikirkan anggaran yang tersedia, maka busi iridium adalah pilihan terbaik mengingat semua kelebihannya yang baik untuk kendaraan dan usia pakai yang lebih lama, khususnya jika mobil anda adalah mobil modern.

 
Busi platinum adalah pilihan lain yang juga baik untuk anda yang memiliki anggaran terbatas, tetapi untuk mobil-mobil tua, busi tembaga adalah satu-satunya pilihan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.