Tanda-tanda Mesin Mobil Bermasalah yang Tidak Boleh Diabaikan

CaruserMagz.com – Mesin adalah komponen utama pada mobil hingga sering disebut dengan istilah jantung pacu. Pada kendaraan bermesin bakar, mesin adalah sumber tenaga yang menggerakkan mobil dan menyediakan semua kebutuhan listrik dengan sistem pengecasan ulang baterai secara berkelanjutan dari putaran mesin. Ibarat jantung, jika mesin rusak maka mobil tersebut tidak dapat berfungsi sama sekali.

 
Jadi kondisi mesin tidak dapat dianggap remeh oleh pemilik mobil. Sedikit saja tanda-tanda mesin tidak normal, harus segera difahami apakah itu berpotensi menjadi masalah besar atau tidak.

 
Beberapa kondisi menjadi indikasi jika mesin telah mulai bermasalah. Memahami gejala mesin yang mulai memburuk penting diketahui pemilik mobil, agar bisa mencegah masalah lebih lanjut dan kita terhindar dari masalah buruk saat dalam perjalanan.

 
Berikut beberapa tanda-tanda mesin mulai bermasalah yang tidak boleh diabaikan:

 

Tenaga Mesin Ngempos (Berat)

Jika tenaga mesin terasa berbeda dari kondisi normal, misalnya terasa berat atau loyo saat harus mendahului mobil lain, atau tenaga tidak rata di kecepatan tinggi, itu adalah pertanda ada masalah terkait mesin, khususnya pada pembakaran yang tidak berjalan normal.

 
Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain: Mesin yang overheating karena masalah pada sistem pendingin, sistem pengapian yang bermasalah, filter udara yang kotor, busi yang sudah minta diganti, filter bahan bakar yang tersumbat atau bahan bakar yang kotor.

 
Sebaiknya segera periksakan mobil pada ahlinya untuk dapat mendeteksi masalah secara lebih presisi. Sehingga dapat diperbaiki dengan tepat. Jangan biarkan kondisi tersebut dalam waktu lama, karena bisa menjadi masalah besar hingga menguras rekening.

 
Baca:
Pengalaman Mesin Mobil Bermasalah karena Bahan Bakar Kotor
Penyebab Utama Konsumsi bbm jadi Boros, Hindari Kebiasaan Buruk

 

Suara Aneh

Suara yang tidak normal yang terjadi konstan pada mesin adalah pertanda buruk dari bagian-bagian yang bergerak di dalam mesin. Contoh yang paling sering terjadi adalah gejala yang disebut mesin ngelitik (knocking). Dari luar, itu mungkin terdengar suara yang kecil dan sering diabaikan, namun itu adalah pertanda ledakan di dalam mesin tidak normal atau berlebihan.

 
Penyebab paling banyak dari masalah ini adalah karena seringnya menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai anjuran pabrikan. Misalnya disarankan menggunakan bbm ron 92 (Pertamax), namun karena masalah harga bbm, pengguna mobil lebih sering menggunakan bbm ron 88 (premium).

 
Membiarkan mesin ngelitik dalam waktu lama akan memperpendek usia pakai mobil. Jika sudah terlanjur memburuk, biaya yang dibutuhkan akan sangat besar. Maka sebaiknya segera perisakan pada ahli dan atasi masalah tersebut hingga suara aneh tidak lagi terdengar.

 

Bau tidak sedap dari Kenalpot

Masalah ini mungkin jarang diperhatikan, karena sulit dideteksi saat berkendara. Namun jika tercium bau yang terlalu kuat saat mobil dipanaskan di garasi, itu adalah salah satu pertanda buruk dari sistem pembakaran pada mesin. Bisa saja itu disebabkan adanya oli mesin yang masuk ke ruang bakar atau jalur gas buang, itu akan menjadi masalah yang buruk jika dibiarkan.

 

Asap Dari Knalpot

Mesin modern di masa kini telah dirancang sedemikian rupa untuk mencapai pembakaran sempurna. Sehingga gas yang keluar dari kenalpot adalah lebih dominan CO2 dan minim gas-gas beracun seperti CO atau lainnya. Pembakaran yang sempurna ditandai dengan tidak adanya asap dari kenalpot.

 

Jika terjadi asap pada kenalpot secara konstan, apalagi jika berwarna hitam. Itu adalah pertanda terjadi pembakaran yang tidak sempurna. Salah satu sebabnya adalah karena mesin membakar terlalu banyak bbm dari yang seharusnya.

 

Tanda Mesin Bermasalah - Kenalpot Berasap
Tanda Mesin Bermasalah – Kenalpot Berasap

Masalahnya mungkin karena saringan udara yang rusak, masalah mekanis, atau mungkin juga karena saluran balik bahan bakar yang tersumbat.

 
Maka ceklah apa yang dikeluarkan kenalpot mobil dalam rentang waktu tertentu. Khususnya jika mobil anda adalah mobil yang sudah cukup berumur. Masalah asap pada kendaraan biasanya tidak terdeteksi secara dini, dan jika sudah terlalu banyak asap yang keluar baru masalah terdeteksi, padahal itu berarti kondisi mesin telah buruk.

 

Lampu Indikator Engine Menyala

Pada mobil modern, beberapa masalah pada mesin bisa dideteksi sistem komputer, sehingga secara otomatis sistem tersebut menginformasikan pada pemiliknya melalui lampu indikator mesin pada meter cluster yang biasanya di balik lingkar kemudi.

 
Jika lampu tersebut telah menyala terus-menerus, itu pertanda ada masalah serius pada mesin, maka tidak ada pilihan selain memeriksakan mobil pada ahlinya untuk menghindari kondisi yang kian memburuk.

 
Itulah beberapa gejala mesin mobil bermasalah yang tidak boleh dianggap remeh. Jika tidak ingin mengalami masalah yang berat saat dalam perjalanan, sebaiknya segera perbaiki mobil anda. Semoga artikel ini bermamfaat bagi sobat pembaca. Jangan ragu untuk berbagi pada kolom kometar jika anda memiliki pengalaman terkait masalah-masalah tersebut.

 
Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar