Harga Mitsubishi Xpander Bisa Turun Drastis, Avanza Berpotensi Kian Terpuruk

Mitsubishi Xpander Cross Resmi Diluncurkan

CaruserMagz.comXpander bisa turun harga secara signifikan – Petinggi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah memastikan bahwa pihaknya akan meningkatkan kandungan lokal Mitsubishi Xpander hingga 80%. Hal itu disampaikan oleh Shinji Matsumura selaku Direktur Utama PT MMKSI, sebagai komitmen dalam berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Ini langkah kami dalam berpartisipasi untuk membantu menggerakkan perekonomian di Indonesia,” ujar Matsumura-san.

Peningkatan komponen lokal tersebut diaplikasikan dengan memproduksi mesin Xpander di dalam negeri, dimana sebelumnya dipasok langsung dari Jepang.

Mitsubishi Xpander Facelift 2020
Mitsubishi Xpander Facelift 2020

Mesin Mitsubishi Xpander yang akan dibuat di Indonesia tersebut adalah mesin yang sama dengan yang diimpor dari Jepang, yaitu mesin 1,5-liter (1.500 cc) 4-Silinder berkode 4A91 dengan teknologi MIVEC DOHC 16-Valve. Mesin tersebut bertenaga 104 PS dan torsi 141 Nm.

Mesin merupakan komponen termahal dari mobil, sehingga strategi bisnis tersebut berkemungkinan akan secara signifikan menurunkan biaya produksi Xpander untuk semua varian, termasuk Xpander Cross.

Sebagai efek berantai dari efisiensi produksi akibat peningkatan komponen lokal tersebut, PT MMKSI punya beberapa peluang opsi strategi marketing yang akan menguntungkan konsumen pembeli Xpander.

Opsi pertama adalah Mitsubishi Xpander bisa turun harga secara signifikan, jika PT MMKSI tidak menambah fitur Xpander dari versi sebelumnya. Hal ini kemungkinan akan membuat harga Xpander menjadi selevel atau bahkan lebih rendah dari saingan terdekatnya, yaitu Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.

Opsi selanjutnya adalah harga yang tidak berubah, namun penurunan biaya produksi dialihkan untuk menambah fitur-fitur penggoda, sehingga Xpander jadi lebih canggih dan lebih menarik bagi konsumen. Jika opsi ini diambil, semoga saja ada fitur-fitur kekinian seperti Apple CarPlay, Android Auto, Camera 360, Electric Parking Brake, Auto Hold dan AC digital Auto-climate control, atau bahkan sun-roof.

Opsi selanjutnya adalah mengakomodir kedua opsi sebelumnya, yaitu dengan menurunkan harga Xpander secara tidak signifikan, serta menambah sedikit fitur-fitur penggoda, untuk memberi efek bombastis. Sehingga Xpander jadi sangat menarik bagi konsumen, lebih murah tapi lebih canggih.

Baca: Perkiraan Mobil-mobil Baru Meluncur Tahun 2021, ada Next-Gen Avanza-Xenia hingga MPV Canggih Wuling.

Kami kira, opsi pertama tidak akan diambil PT MMKSI, karena mengacu pada perubahan Pajero Sport CKD dibanding versi CBU, Mitsubishi tidak menurunkan harga versi CKD, melainkan menambah fitur-fitur. Hal serupa juga dilakukan Mercedes-Benz pada produk-produk CKD-nya, semisal GLS fullsize SUV.

Kita nantikan saja realisasinya oleh PT MMKSI, apakah hal ini akan membuat Xpander mampu kembali mengambil alih tahta mobil terlaris di Indonesia seperti pada awal-awal peluncurannya. Tapi Toyota sudah punya amunisi untuk Avanza generasi baru yang kabarnya akan meluncur tahun ini.

Tulis Komentar