Hyundai Staria Debut Global 13 April 2021 di 5 Negara, Indonesia Salah Satunya

Hyundai Staria - Luxury & Futiristic MPV

CaruserMagz.comHyundai Staria Debut Global 13 April 2021Hyundai Staria, MPV mewah baru dari raksasa otomotif Korea Selatan telah lama gaungnya menggema. Pertama kali terdeteksi di Filipina dan diterka akan menjadi low MPV pesaing Avanza dan kawan-kawan dan diproduksi di pabrik baru Hyundai indonesia, ternyata belakangan terungkap, bahwa mobil ini adalah Hi-end MPV yang akan bersaing dengan Toyota Alphard atau Nissan Elgrand.

Hyundai resmi mengumumkan bahwa Staria akan debut global pada Selasa, 13 April 2021 di 5 negara berbeda. Negara-negara tersebut antara lain adalah Korea Selatan (Seoul), Uni Emirat Arab (Dubai), Rusia (Moskow), Jerman (Frankfurt) dan Indonesia (Jakarta).

Di Indonesia, seremoni buka tudung akan digelar mulai jam 07:30 di Jakarta secara daring di akun-akun sosial media Hyundai Indonesia seperti instagram, youtube dan lainnya. Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia tenggara yang mendapatkan kehormatan tersebut.

Hyundai Staria debut global di 5 negara
Hyundai Staria-Left Look Black

Hal ini menunjukkan bahwa pabrikan ternama Korea Selatan tersebut telah serius menganggap Indonesia sebagai pasar yang harus mendapat perhatian lebih. Hal itu juga terlihat dari komitmen Hyundai dengan berinvestasi triliunan Rupiah untuk membangun pabrik Hyundai di Indonesia.

Eksterior

Hyundai Staria mengusung bahasa desain yang benar-benar berbeda dari mobil-mobil Hyundai yang kita kenal. Tampilannya benar-benar futuristik. Desain eksterior Staria seolah dibuat sebagai mobil listrik berkat lampu-lampu LED tipis dan lampu titi-titik kotak yang berkesan teknologi digital.

Hyundai Staria - Front & Rear Eksterior
Hyundai Staria – Front & Rear Eksterior

Desain keseluruhan penampakan model konsepnya yang simpel, aerodinamis dan clean membuat Staria seperti mobil dari masa depan yang mengedepankan efisiensi tinggi, namun dengan kualitas bahan dan teknologi terbaik.

Hyundai Staria debut global 13 April 2021
Hyundai Staria – Front & Rear Look Black

Interior

Di dalam kabin, Hyundai sudah menampakan gambar detail dasbor dan keseluruhan kabinnya. Senada dengan eksteriornya, dasbor kokpit Staria terlihat simpel bernuansa teknologi digital dengan layar monitor besar, seperti yang kita saksikan pada Hyundai Tucson terbaru.

Hyundai Staria - Interior Teaser
Hyundai Staria – Interior Teaser

Kabinnya bukan 3 baris, melainkan 4 baris kursi dengan total kapasitas 9 penumpang termasuk pengemudi. Dua baris di tengah merupakan captain seat, artinya jika akan ada versi non-captain seat, MPV bongsor ini akan mampu menampung hingga 11 penumpang.

Hyundai Staria - 9 Seater Luxury MPV
Hyundai Staria – 9 Seater Luxury MPV

Mesin dan Transmisi

Untuk powertrainnya, sudah terdeteksi melalui NJKB di situs samsat DKI Jakarta. Mobil ini akan mengusung mesin 2,2-liter dengan transmisi AT 8-percepatan dan berpenggerak roda belakang.

Sehingga kemungkinan Staria akan menggunakan mesin yang sama dengan yang ada pada Hyundai Palisade atau Santa Fe, yaitu mesin Diesel 2.200-liter 4-silinder berkode D4HB.

Pada Santa Fe mesin tersebut bertenaga maksimum hingga 193 ps/3.800 rpm dan torsi puncak 441 Nm/1.750 – 2.750 rpm. Namun pastinya tentu akan dirilis Hyundai pada hari peluncuran resmi.

Hyundai Staria debut global di Indonesia
Hyundai Staria-Side Look Black

Perkiraan Harga Hyundai Staria 2021 Indonesia

Pada situs Samsat DKI, Hyundai Staria varian 2.2 2WD 8AT dibanderol NJKB Rp 450 juta, Itu artinya dengan ditambah komponen pajak, kemungkinan harga OTR di DKI Jakarta sekitar Rp 650 jutaan.

Untuk ukuran MPV besar dengan kapasitas penumpang hingga untuk 9 orang, Staria akan menjadi pilihan yang murah dibanding Toyota Alphard. Apalagi jika mobil ini ternyata dilengkapi fitur-fitur canggih untuk keselamatan dan kenyamanan, itu akan menjadi lawan berat bagi Alphard yang selama ini seperti tidak punya lawan di Indonesia.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar