Kelebihan Kekurangan Honda BR-V 2016, Review Detail

CaruserMagz.com  – SUV merupakan tipe mobil ideal untuk kondisi jalan di Indonesia yang beragam dan selalu berubah-ubah tingkat kerusakannya. Selain ground clearance dan kaki-kaki tangguh, kapasitas penumpang juga menjadi pertimbangan bagi pemilik mobil keluarga. Honda BR-V memenuhi kebutuhan tersebut bahkan ditambah tampilannya yang stylist, menjadikan BR-V pilihan paling menggoda bagi keluarga muda di Indonesia.

 

Cocoknya Honda BR-V dengan selera orang Indonesia dibuktikan dengan penjualannya yang terus meningkat. Hingga Oktober 2016, BR-V menjadi mobil Honda yang paling laris, yaitu 33% dari keseluruhan penjualan Honda selama 10 bulan di 2016, dengan angka penjualan sebanyak 33.414 unit hingga bulan oktober 2016.

 

Bagi Sobat calon pembeli Low SUV ini, tentunya ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Honda BR-V. Keunggulan apa saja yang membuat mobil ini sangat disukai konsumen otomotif Tanah Air dan apa saja kelemahan BR-V yang tidak disukai atau sering dikeluhkan pemiliknya. Berikut kami rangkumkan kelebihan dan kekurangan tersebut:

 

1. Kelebihan Honda BR-V

 

Ada banyak kelebihan Honda BRV yang membuat mobil ini layak sobat pertimbangkan sebagai mobil keluarga. Tenaga mesin yang cukup besar, kabin yang lapang, tampilan yang sporty dan stylist serta ground clearance yang tinggi menjadi keunggulan yang paling disukai dari SUV 7 seater ini.

 

Tampilan atau Desain yang Menawan – Tak dapat dipungkiri penampakan Honda BR-V sangat menggoda. Dibanding kompetitornya seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Honda BR-V unggul segalanya dalam hal desain eksterior. Body yang sporty dan fascia depan belakang yang stylist memberi kesan cepat dan tegas. Memang masalah tampilan itu tergantung selera, tapi kami kira akan banyak yang setuju dengan kami bahwa desain Honda BR-V lebih menawan dibanding Rush dan Terios.

 

Kabin Lapang – Panjang keseluruhan BRV yang mencapai 4456 mm memberi keleluasaan pada desainer BRV untuk menyediakan ruang yang lapang pada setiap baris kabinnya. Dipadu dengan busa kursi yang tipis, kelegaan kabin BRV jauh mengungguli kompetitornya pada segmen yang sama. Kabin baris ketiga masih terasa lapang untuk 2 penumpang dewasa, berbeda dari Toyota Rush yang terasa sempit.

 

Kabin Honda BRV lapang

 

Ground Clearance (GC) Tinggi – Ground clearance atau jarak terendah dengan jalan menentukan daya jelajah mobil untuk melewati kondisi jalan yang bergelombang, poldur yang tinggi dan jalan yang rusak alias berlubang-lubang. GC Honda BR-V yang 201 mm hanya lebih tinggi 1mm dari kompetitornya, namun tetap saja itu adalah kelebihan. Tidak adanya benjolan Gardan pada bagian bawah mobil ini juga memberi daya jelajah yang lebih baik.

 

Pengendalian yang Fun to Drive – Kenikmatan mengemudi merupakan kelebihan pakem mobil-mobil Honda. Hampir semua mobil Honda asyik dikemudikan. Setir BRV terasa presisi dengan feedback yang baik, mobil ini juga stabil saat menikung pada kecepatan tinggi berkat fitur Vehicle Stability Control, juga transmisi CVT yang halus dan responsif. Bagi sobat yang hobby mengemudi, BRV akan lebih tepat dipilih dibanding low SUV lainnya.

 

Tenaga dan Torsi Besar – Keasyikan mengemudi BR-V juga tak lepas dari peran tenaga besar yang dihasilkan mesin 1.5L SOCH i-VTEC 4-silinder. Mesin halus ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 120Ps/6000rpm dan torsi 145 Nm/4600 rpm. Ini adalah tenaga yang lebih besar dibanding Rush yang hanya bertenaga 109 Ps. Untuk melaju kencang di jalan tol, power BRV sudah cukup mumpuni. Berdasarkan test drive oleh Otodriver.com, BR-V mampu menyelesaikan 0-100km/jam hanya dalam 12,2 detik, cukup impresif untuk mobil seberat 1200 kg.

 

Desain Interior berkesan Modern – Interior BR-V memberi kesan ini benar-benar mobil masa kini, desain dashboard terasa stylist dengan garis-garis tegas. Warnanya yang full hitam memberi kesan elegan. Walau banyak yang bilang, dashboard BR-V biasa saja, tapi jika dibandingkan dengan Rush dan Terios yang nampak old-school, dashboard BRV tentunya lebih enak dipandang.

 

Dashboard Honda BR-V yang Stylist full black

 

Kepraktisan Lengkap – Kepraktisan merupakan hal penting bagi mobil keluarga, Honda BR-V menyediakannya dengan berlimpah. 10 ruang penyimpanan terbuka tersebar di dashboard, konsol tengah dan doortrim dari depan hingga belakang. tersedia 7 buah cupholder yang sudah sangat mencukupi bagi setiap penumpang. Bagasi BRV yang 341 liter juga sudah sangat mencukupi untuk membawa barang yang lumayan banyak.

 

AC Digital – Honda membuktikan keunggulan mobil-mobilnya yang sudah lama ber-image mobil mewah dengan AC digital. Perangkat pengatur temperatur kabin tersebut dioperasikan dengan tombol-tombol yang mudah dimengerti dan ditampilkan melalui layar display digital, kesan mewah device ini mengungguli kompetitornya yang masih menggunakan kenop putar jadul ala kompor gas.

 

Fitur Keselamatan – Kelengkapan fitur keselamatan Honda BR-V sudah cukup memadai, seperti adanya teknologi rem ABS+EBD, load limiter pada seat belt, stability (VSC) dan traction control, isofix untuk keamanan balita, child door lock, autodoor lock, side impact beam dan teknologi rangka body G-CON+ACE yang memberi kemungkinan selamat lebih besar saat terjadi tabrakan hebat.

 

Fitur Berlimpah – Selain fitur keselamatan, fitur-fitur lain juga banyak disematkan pada Honda BRV, antara lain fitur keamanan seperti: immobilizer, sensor dan kamera parkir yang dilengkapi petunjuk jarak dengan objek di belakang dan tentunya keyless entry dan alarm. Fitur-fitur yang memberi kenyamanan interior juga berlimpah, seperti: pengaturan ketinggian setir dan kursi pengemudi, head unit layar sentuh 6.1″ dengan berbagai konektifitas kekinian seperti Bluetooth, handphone mirroring, MID, AC double blower, dan lain sebagainya.

 

Hemat/Irit Bahan Bakar – Berdasarkan ujicoba yang dilakukan oleh tim Otodriver.com, konsumsi bbm Honda BR-V adalah 16,7 km/liter untuk rute luar kota yang lancar dan 11,1 km/liter untuk perjalanan dalam kota yang lebih banyak hambatan. Honda BR-V merupakan SUV yang berpenggerak roda depan, sehingga konsumsi bbm-nya otomatis lebih irit dibanding mobil berpenggerak roda belakang. Karena tenaga dari mesin langsung disalurkan ke roda depan tanpa melalui lebih banyak roda gigi dan perangkat mekanis lainnya. Komponen mekanik yang lebih sedikit dibanding mobil RWD juga beperan menghemat konsumsi bahan bakar.

 

Lampu Projector Headlight untuk semua Tipe – Jika pada kompetitornya lampu projector hanya ada pada tipe tertinggi, maka Honda cukup bermurah hati dengan menyediakan lampu utama berupa projector headlight pada semua tipe. Tentunya akan membuat BRV terasa lebih mewah dan stylist.

 

Value for Money yang Tinggi – Dengan segala kelebihan yang kami jelaskan di atas, harga Honda BRV tergolong murah dibanding Toyota Rush, kecuali pada tipe Prestige CVT yang merupakan varian termahal dari BRV. Sehingga kami menilai value for money BRV lebih tinggi dibanding kompetitornya.

 

Perbandingan Harga BRV vs Rush – BRV lebih murah umtuk tipe standar dan menengah

 

2. Kekurangan Honda BR-V

 

Meskipun BR-V tergolong mobil mewah dan tampilannya cukup menawan, mobil ini tetap bergelar low-SUV. Sehingga harganya yang terjangkau dibanding SUV berharga 400 jutaan, tetap akan memiliki konsekuensi terhadap beberapa kekurangan atau kelemahan, karena produsen mobil ini akan mengurangi beberapa hal untuk menekan biaya produksi agar didapatkan harga jual yang kompetitif.

 

Berikut beberapa kekurangan Honda BRV yang sering dikeluhkan penggunanya:

 

Jok Kursi Tipis dan Keras – Seperti yang kami jelaskan di atas, ruang kabin BRV yang lapang salah satunya karena busa kursi yang dibuat tipis. Ini merupakan kelemahan yang banyak disampaikan pemiliknya, busa kursi tipis tersebut terasa keras sehingga sedikit mengurangi kenyamanan. Pada kursi baris ketiga, busa yang tipis tersebut lebih terasa, bahkan rangka besi kursi terasa saat busa digenggam dengan kuat. Maka meskipun kabin belakang tersebut cukup lega, namun tidak nyaman untuk penumpang dewasa, khususnya saat perjalanan jauh.

 

Kualitas Bahan Plastik Interior Kurang Memuaskan – Bahan plastik pada dashboard dan doortrim bila ditelusiri lebih detail akan terasa ini merupakan plastik keras berkualitas tidak begitu baik. Bahkan beberapa reviewer professional menyebutnya nampak murahan. Hal tersebut terasa saat kita menekan bagian-bagian plastik tersebut yang terasa kurang kokoh.

 

Finishing Interior kurang Presisi – Sama halnya dengan Honda Mobilio dan Brio facelift 2016, interior BRV adalah satu basis baik dari segi desain maupun kualitas. Finishing yang kurang rapi dan presisi terlihat dari celah yang cukup lebar antara dashboard dan doortrim depan.

 

Penggerak Roda Depan dan tidak ada fitur AWD – Agak janggal memang jika SUV berpenggerak roda depan. Karena SUV sangat kental dengan performa yang berlimpah baik di jalan datar maupun jalan perbukitan. Banyak reviewer yang menyayangkan BRV ini dibuat FWD, bukan RWD. Paling tidak jika memang harus penggerak roda depan, disematkan juga fitur AWD yang dapat diaktifkan jika diperlukan seperti pada Suzuki SCross. Namun kami yakin Honda sudah mempehitungkan bahwa tenaga dan torsi BRV yang besar sudah mencukupi untuk medan jalan.

 

Kualitas suara dari speaker kurang bagus – Beberapa pengguna mengeluhkan kualitas suara dari speaker Honda BRV yang terasa sangat kurang memuaskan. Bagi sobat yang tidak begitu peduli dengan hal ini tentunya bukanlah masalah. Menurut kami, sudah mencukupilah untuk ukuran mobil keluarga, mungkin bagi pecinta musik hal tersebut menjadi sangat penting, tapi jika sekedar untuk memutar lagu dan radio, it’s not bad.

 

 

Demikianlah ulasan CaruserMagz.com mengenai keunggulan dan kelemahan Honda BRV Indonesia generasi pertama, yang mulai dipasarkan pada tahun 2015 ini. Semoga informasi ini bermamfaat dan membantu sobat calon pembeli Honda BRV baik sebagai mobil bekas maupun mobil baru. Jika sobat punya tambahan informasi atau ada tulisan kami yang kurang tepat pada review ini, silahkan disampaikan pada kolom komentar.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “Kelebihan Kekurangan Honda BR-V 2016, Review Detail

  • October 4, 2017 at 10:17 pm
    Permalink

    Bila ada yang membutuhkan mobil HONDA wilayah Banten ( serang, cilegon, cikande, pandeglang, dan rangkas bitung)
    Hub: Mirza

    Reply

Tulis Komentar