Konvoi Club Motor ABG vs Toyota Innova Berujung Maut, Jangan Arogan di Jalan!

CaruserMagz.com – Riding club motor memang menyenangkan bagi member-nya, konvoi beramai-ramai menjadi aktualisasi kegagahan di atas kendaraan kesayangan. Apalagi jika motor tersebut cukup stylist dan ber-cc besar, seolah jalan jadi milik rombongan pengendara yang terbakar adrenalin, hingga pengguna jalan lainnya harus menyingkir dan memberi mereka jalan apapun kondisinya.

 
Sayangnya konvoi club motor tersebut sering dilakukan Anak Baru Gede (ABG) yang kurang mengerti peraturan lalu-lintas, sehingga adrenalin dan rasa gagah lebih menguasai para rider tersebut, ketimbang pertimbangan akan kemungkinan kecelakaan, apalagi kepentingan pengguna jalan lain.

 
Cukup memakai jaket seragam dengan segala perlengkapan riding, jadilah konvoi club motor. Tanpa harus mengurus izin pada pihak berwenang atau didampingi orang yang perbepengalaman dalam safety riding.

 
Alhasil, tidak sedikit kecelakaan terjadi berkaitan dengan konvoi club motor yang berubah seperti genk motor brutal menguasai jalanan. Sering kita jumpai, club motor yang bertingkah arogan di jalanan, hingga seolah jalan adalah milik mereka, sehingga mereka sesuka hati mengambil jalur kanan, yang seharusnya jadi hak pengguna jalan dari arah berlawanan.

 
Contoh kejadiannya baru saja terjadi di jalan raya Tuban-Bojonegoro pada Minggu 7 Juli 2019, seperti dikabarkan oleh GridOto. Kecelakaan tersebut tepatnya terjadi di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Tuban, Jawa Timur.

 
Club motor yang ugal-ugalan mengambil jalur kanan tersebut adalah Club Motor Honda CB yang terdiri dari belasan ABG berumur belasan hingga 20an tahun. Bisa kita bayangkan usia tersebut masih tergolong green rider, dimana pada umumnya mereka sulit mengontrol emosi dan adrenalin.

 
Rombongan ABG tersebut melakukan konvoi dari arah Tuban menuju ke arah Plumpang dengan mengambil jalur kanan. Sementara mobil yang ketiban apes berhadapan dengan club motor Honda CB tersebut adalah Toyota Innova berwarna hitam dengan nopol B 1983 WKF.

 
Kemungkinan karena pengemudinya kaget, secara tiba-tiba berhadapan dengan belasan motor dari arah berlawanan, Toyota Innova tersebut oleng dan berhenti di tengah jalan. Mungkin pengemudinya bingung dan tidak dapat memutuskan harus menghindar ke arah mana lagi.

 

Kecelakaan Club Honda CB vs Innova di Tuban - 2 orang tewas
Kecelakaan Club Honda CB vs Innova di Tuban – 2 orang tewas

Baca juga: Kebiasaan Buruk Mengemudi yang Harus Dihindari

 
Menurut keterangan pihak berwajib, motor pertama yang bertabrakan dengan Toyota Innova tersebut adalah Honda CB bernopol W 2605 RR, kemudian disusul dua motor lainnya yang dikendarai remaja berusia 18 dan 22 tahun. Kemudian terjadilah tabrakan beruntun disusul oleh tiga pemotor berikutnya yang berusia 18 dan 19 tahun.

 
Tabrakan tersebut mengakibatkan 2 penabrak pertama meninggal di tempat dan 4 lainnya mengalami luka serius. Sementara Toyota Innova mengalami ringsek pada bagian depan dan hingga roda sebelah kanan terlepas karena ditabrak beberapa motor Honda CB yang berbobot cukup berat.

 
Semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi pemotor yang suka melakukan riding bersama club motornya. Tidak ada hak spesial bagi konvoi club motor di jalan raya, semua harus mengikuti peraturan lalu lintas dan harus memikirkan keselamatan diri dan orang lain. Tidak ada gunanya merasa gagah di jalan raya, jika pada akhirnya berakhir di kuburan atau rumah sakit dengan cacat seumur hidup.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar