Ferrari SP38 Supercar Special untuk Pelanggan paling Berdedikasi

CaruserMagz.com, Maranello – Ferrari SP38, mobil terbaru dari One-Off Customer Program Ferrari, diluncurkan di Fiorano, Italia pada Rabu 23 Mei 2018. Setelah prosesi serah terima kepada sang pelanggan, Supercar ini langsung dijajal di lintasan dalam serangkaian sesi hotlap.

 
Ferrari SP38 dirancang secara khusus oleh Ferrari Design Centre berdasarkan customisasi dari pemesan yang merupakan konsumen paling berdedikasi. Supercar ini dibangun dengan basis, mesin, serta transmisi Ferrari 488 GTB.

 
Mobil yang termasuk legal road racing car ini disebut Ferrari dalam siaran pers-nya sebagai model yang mengekspresikan semua keindahan dan inovasi yang melekat pada sebuah mobil Ferrari.

 
Mobil ini menggendong mesin Ferrari 488 GTB yang telah memenangkan berbagai penghargaan, yaitu powertrain berteknologi twin-turbo, twin-intercooler. Tidak disebutkan besaran tenaga mobil ini, namun jika sama dengan milik 488 GTB, kemungkinan mesin tersebut adalah mid-engine 3.9-liter twin-turbo V8 bertenaga 660 hp dan  torsi 760 Nm.

 

Ferrari SP38 - One-Off customer program - Front-Back Looks
Ferrari SP38 – One-Off customer program – Front-Back Looks

Bodywork yang serba baru diispirasi dari ikon F40 sebagai referensi acuan arah proyek ini secara keseluruhan. Hal itu ditandai oleh balutan warna merah metalik dengan tiga lapis plat pada bagian penutup mesin di paruh belakang. Ferrari menyebutnya sebagai pergeseran radikal pada bahasa estetika dari mobil basisnya.

 
Lampu depan nampak berbeda dari lampu khas Ferrari yang memanjang kebelakang seperti pada 488 GTB. Melainkan lampu inset khusus yang dirancang setipis mungkin, dengan DRL yang terus menyala di bagian dalamnya. Balutan hitam pada grill depan dan bumper tipis berdesain difuser mengingatkan kita pada 308 GTB, cakep!

 
Baca juga:

 
Tampilan keseluruhan Ferrari SP38 terkonsentrasi pada bagian atas roda belakang dengan desain wedge melebar tajam ke arah depan. Desain ini berkonsep mobil balap sehingga mempertimbangkan aliran udara untuk memaksimalkan pengendalian dan kecepatan. Hal itu terlihat pada bagian depan yang runcing kemudian melebar pada bagian atas lingkar roda memberi tampilan berotot.

 
Kemudian berlanjut ke bagian samping, saluran udara yang menjadi ciri khas 488 GTB dibuat tersembunyi oleh lembaran logam yang menutupi bagian bawah beltline di pintu dan ke lingkar roda belakang serta tiga bagian kaca belakang. Keseluruhan rancangan ini memberi kesan perpaduan antara potensi tenaga besar dan kelincahan.

 

Ferrari SP38 - Side Looks
Ferrari SP38 – Side Looks

 
Gaya dinamis berlanjut di atas penutup mesin, yang menggantikan kaca belakang dengan konstruksi buka-tutup terbuat dari serat karbon dengan ujung yang memotong flank, langsung mengingatkan kita pada F40 yang ikonik.

 
Tiga bilah transversal melintang pada penutup mesin berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dari mesin, dan terintegrasi secara sempurna dengan spoiler belakang yang menjadi ciri khas seperti sayap belakang yang terkenal pada F40.

 
Keseluran bagian belakang terlihat indah dengan trailing edge dari spoiler yang seolah terintegrasi dengan sayap dan diffuser aerodinamis di bagian bawah. Rancangan buritan ini memberi kesan frame exhaust pesawat ruang angkasa yang mampu menombakkan mobil ini secepat kilat.

 
Ferrari belum meliris penampakan bagian kabin yang sepenuhnya Tailor Made. Berbagai bahan dan ornamen di interior dipilih secara detail oleh konsumen khusus untuk merefleksikan personalisasi dan antusiasme sang pemilik mobil ini pada mobil balap.

 
Penampakan nyata mobil Ferrari yang benar-benar istimewa ini, akan dipamerkan untuk pertama kali di Concorso d’Eleganza Villa d’Este pada hari Sabtu 26 Mei 2018, yang mana pihak media akan diizinkan melihat setiap bagian luar dan dalamnya.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar