Deretan Mobil Listrik Mercedes-Benz yang segera Hadir, Versi EV dari Sedan dan SUV

Mobil Listrik Mercedes-Benz

CaruserMagz.com – Lineup mobil listrik Mercedes-Benz diperkenalkan pada ajang IIA Mobility 2021 pada September 2021. Pabrikan mobil mewah Jerman tersebut memperkenalkan 4 model EV-nya yang merupakan versi listrik dari line-up mobil yang selama ini sudah ada.

Empat model EV tersebut adalah Mercedes-Benz EQE, Mercedes-AMG EQS 53, Mercedes-Maybach EQS dan Mercedes-Benz EQG. Dari bentuknya, semua line-up EV tersebut merupakan versi listrik dari E-Class, S-Class AMG dan S-Class Maybach, serta G-Class.

Meskipun masih berupa model konsep, lineup ini disebut akan diluncurkan versi produksinya dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. Artinya konsumen penyuka mobil premium sudah mulai bisa berencana untuk beralih ke mobil listrik sepenuhnya.

Berikut Penjelasan mengenai 4 mobil Listrik Mercedes-Benz yang akan Hadir:

Mercedes-Benz EQE – versi EV dari Sedan E-Class

Sedan listrik Mercedes-Benz EQS sudah lebih dulu hadir pada Maret 2021 lalu sebagai jelmaan sedan flagship S-Class. Kini giliran kasta kedua yang akan segera mengaspal, yaitu Mercedes-Benz EQE sebagai versi EV dari E-Class.

Mercedes-Benz EQE
Mercedes-Benz EQE

Dari segi bentuk, EQE dan EQS terlihat mirip. Perbedaannya ada pada beberapa bagian depan dan belakang serta dimensi yang lebih pendek. Dimana EQE memiliki panjang 4,9 meter, sementara EQS 5,2 meter.

tipe termewah dari Mercedes EQE ini juga memiliki layar monitor full-screen sepanjang dashboard yang disebut Hyperscreen, layaknya versi termewah dari EQS. Namun ada juga versi standar dengan interior yang mirip dengan S-Class non-EV yang kita kenal di tahun 2021 ini.

Kokpit Dasbor Mercy EQS - Mobil Listrik Termewah
Kokpit Dasbor Hyperscreen Mercy EV

Untuk urusan jantung-pacu, Mercedes-Benz EQE dibekali baterai berkapasitas 90,6 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 660 km. Baterai tersebut bisa terisi dari 10% hingga 80% dalam waktu sekitar 30 menit dengan metode fast charging.

Mercedes-Benz EQE versi standar menggunakan satu penggerak motor listrik yang bertenaga 288 hp dan torsi hingga 530 Nm. Sedangkan EQE versi AWD dilengkapi dua motor listrik. Selain itu, ada opsi varian untuk mendapat sistem suspensi udara dan 4-wheel steering.

Mercedes-AMG EQS 53 – versi EV dari S-Class AMG Performa

Bagi yang ingin merasakan sensasi supercar dalam sebuah mobil listrik, bisa menanti kehadiran Mercedes-AMG EQS 53. Ini adalah versi buas dari Mercedes-Benz EQS.

Tampilan AMG EQS 53 ini sekilas mirip dengan EQS versi non-performa, namun identitas kinerja tinggi disematkan berupa spoiler belakang yang besar dan grill PanAmericana dari AMG.

Mobil Listrik Mercedes-Benz - AMG EQS 53
Mercedes-AMG EQS 53

Sesuai kasta AMG-nya, EQS performa tinggi ini diberi powertrain selevel supercar dengan penggerak 2 motor listrik bertenaga gabungan hingga 751 hp dan torsi hingga 1.020 Nm saat mode Race diaktifkan.

Dengan powertrai itu, performanya bisa melaju 100 km/jam dari diam dalam waktu 3,4 detik, dan bisa mencapai top-speed hingga 250 km/jam.

Untuk itu, baterainya diberi kapasitas hingga 107,8 kWh dengan tegangan 400V. Jarak tempuh yang mungkin dicapainya adalah hingga 580 km, atau dengan kondisi yang tidak terlalu hemat bisa mencapai 526 km.

Untuk efisiensi, AMG EQS 53 ini juga dilengkapi sistem i-Booster untuk regenerative braking saat pengereman atau ketika mobil melambat.

Mengingat ini adalah mobil kencang, Mercedes juga menyediakan fitur suara buatan baik di dalam maupun di luar kabin, untuk alasan keselamatan dan sensasi mengemudi kencang.

Mercedes-Maybach EQS – EV S-Class versi SUV

Tak hanya versi kencang, EQS juga akan dihadirkan dalam versi SUV mewah beremblem Maybach. Ini adalah SUV 4-seater untuk kaum Sultan yang menginginkan kendaraan mewah dan elegan tapi tetap gagah.

Mercedes-Maybach EQS yang diperkenalkan ini merupakan versi konsep, sehingga belum diumumkan secara detail mengenai power-trainnya. Namun jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai sekitar 600 km.

Mercedes-Maybach EQS Concept
Mercedes-Maybach EQS Concept

Yang ditampakkan dari perkenalannya adalah mengenai desain gagahnya dengan berbagai ciri khas kemewahan Maybach di eksterior dan interior.

Juga mengusung Hyperscreen dengan semua teknologi Mercedes-Benz di kabin depannya. Di kabin belakang ada konsol tengah mewah dengan vas bunga dan cangkir gelas, ada juga meja lipat, kulkas dan tempat botol minuman.

Mercedes-Maybach EQS Concept - Interior Cabin
Mercedes-Maybach EQS Concept – Interior Cabin

Mercedes-Benz EQG – Versi EV dari SUV G-Class yang Tangguh

Ternyata tak ketinggalan SUV boxy legendaris dari Mercedes-Benz juga akan segera tersedia versi listrik-nya. Sesuai rumus penamaan, versi EV dari SUV ladder-frame yang juga dikenal sebagai G-Wagen ini diberi nama Mercedes-Benz EQG.

Bentuk mobil listrik Mercedes-Benz ini tetap membawa warisan G-Class yang mengotak, namun kini dengan grill tertutup dan lampu-lampu positioning light yang tipis serta konde yang mengecil jadi berbentuk mengotak.

Mobil Listrik Mercedes-Benz EQG
Mercedes-Benz EQG

Untuk dapurpacunya, SUV EV ini menggunakan total 4 motor listrik, sehingga setiap roda digerakkan oleh motor yang berbeda. EQG ini juga dilengkapi gearbox 2-percepatan untuk pilihan rasio besar dan kecil.

Tidak disebutkan berapa tenaga dan torsinya, namun diklaim untuk urusan kemampuan menerjang tanjakan curam, Mercedes-Benz EQG ini setara dengan G-Class bermesin bakar V8.

Baca juga:

Tulis Komentar