Interior Mercedes EQS Diungkap, Sedan EV Termewah untuk Para Sultan

Kabin Mobil Listrik Termewah dari Mercedes-Benz

CaruserMagz.com – Mercedes-Benz mengungkap penampakan Interior Mercedes EQS, sedan listrik flagship-nya pada minggu 28 Maret 2021. Perusahaan mobil mewah Jerman tersebut mengungkap tampilan keseluruhan interior EQS yang seperti dari masa depan.

Bagian paling eksentrik dari interior EQS dan ditunggu-tunggu pecinta Mercedes adalah tampilan dashboard layar penuh yang disebut MBUX Hyperscreen dengan panjang total mencapai 1,41 meter.

Kokpit Dasbor Mercy EQS - Mobil Listrik Termewah
Kokpit Dasbor Mercy EQS – Mobil Listrik Termewah

MBUX Hyperscreen meliputi keseluruhan tampilan depan kokpit yang mengandung 3 layar monitor besar, yaitu cluster-meter di belakang kemudi berukuran 12,3 inci, center-cluster OLED berukuran 17,7 inci dan layar infotainment OLED untuk penumpang depan berukuruan 12,3 inci.

Teknologi infotainment dan instrument Mercedes ini memiliki total 12 aktuator yang terletak di bawah permukaan layar sentuh, yang membuat pengoperasian sentuhan yang intuitif dengan umpan balik haptik.

Saat tidak digunakan, Hyperscreen ini bisa diatur untuk menampilkan berbagai latar belakang yang menyesuaikan dengan pencahayaan yang tersebar di seluruh kabin.

Ambient Light pada interior Mercy EQS
Ambiens Light pada interior Mercy EQS

Opsi Dashboard Sederhana

MBUX Hyperscreen tentu jauh lebih mahal dan tidak semua orang menyukai dashboard berupa full screen. Untuk konsumen yang menginginkan dashboard yang lebih konvensinal, Mercedes menyediakan opsi dashboard sebagaimana yang kita lihat pada Mercedes-Benz S-Class terbaru.

Interior EQS tanpa Hyperscreen - Sama dengan S-Class
Interior EQS tanpa Hyperscreen – Sama dengan S-Class

Perangkat instrument-nya berupa floating-screen berukuran 12,3 inci di balik lingkar kemudi. Kemudian untuk infotainment ada layar besar seperti tablet berukuran 12,8 inci di center-cluster. Bagian lainnya dari dashboard merupakan trim bermotif seperti kayu dan finishing logam.

Kursi disediakan dengan dua opsi berbeda di bagian depan, yaitu kursi dengan kenyamanan standar dan kursi ekstra sport dengan sandaran kepala terintegrasi sebagai bagian dari paket AMG Line.

Fitur MBUX ‘Hi Mercedes’

Mercedes-Benz EQS adalah Sedan EV termewah dari brand Jerman ini, sehingga tentu disematkan fitur tercanggih generasi terbaru. Salah satunya adalah Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Fitur ini merupakan asisten digital yang didukung oleh Artificial Intelligence (AI).

MBUX bisa diaktifkan dengan mengucapkan kata kunci ‘Hi Mercedes‘ dalam bahasa inggris. Berbagai pengaturan fungsi mobil bisa diatur melalui perintah suara, semisal AC, membuka tutup jendela, fungsi infotainment hingga menanyakan berbagai hal terkait fitur mobil.

Fitur Unggulan pada Kabin Mercedes Benz EQS - The MBUX Hyperscreen
Fitur Unggulan pada Kabin Mercedes Benz EQS – The MBUX Hyperscreen

Fitur MBUX ini bukan sekedar perangkat biasa, ini sudah selevel super-computer dengan spesifikasi raksasa, yaitu mencakup CPU 8-inti, RAM 24 GB, dan bandwidth memori RAM 46,4 GB per detik. Sehingga pemilik mobil tidak perlu khawatir bahwa fitur ini akan menjadi lemot.

Mercedes EQS juga dibuat untuk lebih personal bagi pemiliknya dengan kamera pengenal wajah pada layar di depan pengemudi. Kamera tersebut juga menjalankan fungsi bantuan dan kenyamanan.

Seperti otentikasi biometrik, peringatan kelelahan serta menyesuaikan kaca spion luar ke posisi yang telah ditentukan sebelumnya pada masing-masing pengendara yang dikenali oleh sistem MBUX.

Sketsa Digital Interior Mercedes Benz EV Termewah
Sketsa Digital Interior Mercedes Benz EV Termewah

Mobil dengan Tingkat Kenyamanan untuk para Sultan

Mercedes-Benz juga telah mengungkap bahwa EQS dilengkapi berbagai fitur yang memanjakan penumpangnya dengan level kenyamanan untuk para raja.

Mulai dari penjaga kualitas udara dengan filter HEPA yang menghilangkan semua debu halus, partikel mikro dan berbagai zat polutan dari lingkungan luar kendaraan.

Dashboard Mercedes-Benz EQS dengan MBUX Hyperscreen
Dashboard Mercedes-Benz EQS dengan MBUX Hyperscreen

Sistem audio menggunakan 15 speaker Burmester berkapasitas 710 watt yang kualitasnya sudah dikenal para pengguna mobil Mercedes-Benz sebagai yang terbaik.

Fitur unggulan di interior Mercedes EQS yang akan dinikmati pemiliknya adalah apa yang disebut program ‘Power Nap‘, yaitu perlakuan dari sistem mobil untuk beristirahat di dalam mobil.

Interior Merdeces EQS - Sedan EV Termewah dari Mercy
Interior Merdeces EQS – Sedan EV Termewah dari Mercy

Program untuk tidur di mobil ini memiliki 3 fase, yaitu persiapan tidur, saat tidur, dan bangun. Fase pertama menyiapkan posisi tidur dengan mengatur posisi kursi untuk tidur, menutup jendela samping dan roller-blind.

Saat penumpang tertidur, mobil mengaktifkan ionisasi udara segar untuk mengoptimalkan pemulihan tenaga dan mengatur pencahayaan dan suara menenangkan yang sesuai untuk kondisi tidur.

Penampakan Dashboard EQS dalam suasana gelap
Penampakan Dashboard EQS dalam suasana gelap

Pada fase bangun, mobil akan mengaktifkan suara pengingat yang menyenangkan, mengeluarkan wewangian yang sesuai dan kursi mengaktifkan pijatan halus disertai hembusan udara menyegarkan dari ventilasi kursi. Selanjutnya jok secara otomatis dinaikkan kembali, roller-blind dan roof-curtain dibuka.

Itu terdengar seperti mobil yang menjadi pelayan para raja, yang mengetahui kebutuhan majikannya. Ini bahkan belum terdengar di brand luxury lainnya semisal Rolls-Royce, Bentley atau BMW. Tentu ada harga yang mahal untuk itu semua.

Debut Global 15 April 2021

Mercedes belum mengungkap sepenuhnya menggenai sistem penggerak EQS, namun banyak media otomotif internasional mengaku bahwa mereka telah mendapat bocoran mengenai baterai, motor listrik dan kemampuan mobil listrik termewah Mercy ini.

Siluet Tampilan Eksterior Mercy EQS
Siluet Tampilan Eksterior Mercy EQS

Dikabarkan bahwa EQS dengan spesifikasi termewah akan memiliki baterai berkapasitas 108 kWh yang memungkinkan jarak tempuh lebih dari 700 km dalam siklus WLTP.

Pengungkapan detailnya dikabarkan akan dilakukan Mercedes pada 15 April 2021. Itu sekaligus merupakan debut global dan peluncuran untuk pasar Amerika Utara.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar