Citroen C5 X Hasil Kawin Silang Wagon dan SUV, Bentuknya Aduhai Menggoda!

CaruserMagz.com – Citroen meluncurkan mobil flagship-nya bernama New Citroen C5 X. Jenis mobil asal pabrikan Prancis ini cukup membingungkan, karena merupakan perpaduan antara sedan, estate dan SUV, tepatnya ini adalah hasil dari penggabungan wagon dan SUV.

C5 X ini dibangun berdasarkan mobil konsep CXperience 2016 yang mengambil bodywork wagon dengan garis atap fastback atau melandai ke belakang.

Mobil ini adalah model pertama yang menggunakan teknologi Citroen Advance Comfort, yaitu sistem suspensi aktif yang menjanjikan rasa berkendara seperti menggunakan karpet terbang.

Bentuk Citroen C5 X yang pipih dan panjang layaknya wagon, dipadu dengan kegagahan bagian bawah yang terlihat kekar dengan body clading, velg sporty yang besar dan atap fastback, membuat mobil ini terlihat seperti super SUV yang akan sangat cepat membelah udara.

perpaduan wagon dan SUV
Citroen C5X – Wagon Cross yang pipih dan gagah

Citroen C5 X baru ini berukuran panjang 4.805 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.485 mm, dan jarak sumbu roda hingga 2.785 mm. Terbanyangkan betapa leganya ruang kaki di kabin belakang karena kabinya hanya dua baris.

Detail exteriornya juga sangat gagah. LED-DRL tipis yang seperti alis bagi headlamp dan desain rumit wajahnya terlihat modern. Dari sisi samping dan belakang juga terlihat sempurna sedap dipandang.

Wajah Citroen C5 X
Citroen C5X 2022 – Perpaduan Wagon dan SUV

Kami membayangkan sosok mobil pipih nan gagah seperti ini sejak lama, sayangnya tidak banyak pabrikan yang mewujudkannya. Terobosan Citroen ini merupakan hal luar biasa dan lama ingin kami saksikan. Namun bahkan pabrikan yang membuat Super SUV pun tidak membuat model seperti ini, tapi cenderung tetap tinggi dan mengotak layaknya SUV.

Itulah mengapa kami tertarik menumpahkan kesukaan kami pada konsep desain tersebut melalui artikel ini, walau sebelumnya kami tidak begitu tertarik untuk membahas mobil-mobil yang dari brand yang tidak dijual di Indonesia semisal Citroen, Dacia, DS, Seat, Skoda dan lain sebagainya.

Citroen C5X 2022 - Eksterior Rear
Citroen C5X 2022 – Eksterior Rear

Power Train Citroen C5 X

Model falgship baru dari Citroen ini disediakan dengan teknologi plug-in hybrid dan mesin bensin 1,6-liter 4-silinder turbo. Kombinasi dari mesin turbo dan motor listriknya menghasilkan tenaga maksimum 225 HP.

Dengan model pengendaraan murni dari sistem listriknya, mobil ini diklaim mampu menempuh jarak 50 km dan punya kecepatan maksimum hingga 135 km/jam.

Baca: Merek Mobil Asal Prancis Ada Apa Saja?

Fitur dan Teknologi

Sistem infotainment berupa layar sentuh dengan resolusi tinggi berukuran 12 inci, yang telah mendukung natural voice recognition, dan menampilkan layar yang dapat disesuaikan dengan berbagai widget. Ada juga wireless charger untuk smartphone.

Citroen New C5 X ini dilengkapi dengan head-up display yang menampilkan proyeksi skala besar penuh warna ke kaca depan untuk pengalaman berkendara yang lebih imersif dan santai, guna mengurangi keteralihan pandangan pengemudi dari jalan.

Citroen C5 X - dengan Headup Display pada kaca depan
Citroen C5 X – dengan Headup Display pada kaca depan

Citroen C5 X memiliki kabin luas yang dilengkapi kursi khusus ‘Advanced Comfort‘, yaitu kursi dengan bantalan khusus yang berfungsi memberikan kenyamanan tinggi.

Joknya menggunakan lapisan berkepadatan tinggi dan busa berstruktur tebal untuk kenyamanan dinamis dalam menopang postur tubuh, guna menjaga penumpang dan pengemudi tetap rileks bahkan untuk perjalanan jauh.

Interior kabin depan Citroen C5 X
Interior kabin depan Citroen C5 X

Untuk fitur keselamatan, model flagship Citroen ini telah dilengkapi sistem bantuan mengemudi level-2, yang mencakup sistem keselamatan aktif seperti Highway Driver Assist, Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, dan Kamera 360 Vision.

Mobil ini baru akan mulai dijual di Eropa pada akhir 2021. Rincian harga baru akan dirilis jika sudah akan remi dijual.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar