BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Cara Merawat Interior Mobil tetap Wangi, Tips Mengatasi Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

Cara Merawat Interior Mobil agar tetap wangi

Share

CaruserMagz.com – Mempraktekkan cara merawat interior mobil sangatlah penting untuk kenyamanan berkendara. Bisa dibayangkan jika saat berpergian, ada bau tidak sedap di kabin mobil. Itu akan menyiksa bahkan bisa mengakibatkan mabuk perjalanan.

Sehingga menjaga interior mobil tetap wangi akan sangat membantu untuk membuat perjalanan menjadi nyaman, apalagi perjalanan jauh.

Sebelum masuk ke tips dan cara merawat interior mobil agar tetap wangi, kita perlu memahami penyebab bau tidak sedap pada kabin mobil.

Penyebab Bau Tak Sedap di Interior Mobil

Penyebab obyektif

Penyebab obyektif maksudnya adalah karena faktor luar atau benda-benda di dalam mobil yang tidak terkait kebiasaan pemilik mobil, yaitu sebagai berikut:

  • Faktor cuaca – Daerah dengan iklim lembab dan cuaca hujan, menyebabkan mudahnya tumbuh bakteri dan jamur, sehingga menimbulkan bau apek di dalam mobil. 
  • Faktor Bahan interior mobil – Interior mobil sebagian besar terbuat dari bahan kulit dan plastik sintetis. Bahan-bahan ini sangat mudah berbau.
  • Kotoran atau sisa makanan – Bau tak sedap pada mobil bisa berasal dari kotoran yang menumpuk seiring berjalannya waktu, baik berupa sisa makanan ataupun debu. Setiap membuka jendela, kotoran dari luar akan masuk dan menempel di mobil. Jika tidak dibersihkan, akan menimbulkan bau yang aneh.
  • Bahan senyawa organik pada mobil baru – Untuk mobil yang baru dibeli,umumnya akan ada bau tidak sedap di kompartemen mobil. Penyebabnya karena campuran senyawa organik yang dikeluarkan dari material di dalam mobil, dan kotoran organik di sistem pembuangan. Komponen yang terbuat dari bahan plastik fleksibel, atau vinil seperti panel, setir, sarung jok kulit, atau karpet, adalah penyebab bau tidak sedap pada mobil baru. Karena semuanya mengandung senyawa organik yang mudah menguap (VOC). Ini adalah sumber bau yang kuat dan tidak sedap di dalam mobil baru. Senyawa volatil ini jika dilepaskan ke udara akan berikatan bersama atau dapat bergabung dengan molekul lain membentuk senyawa baru.

Penyebab Subyektif

Penyebab subjektif maksudnya adalah karena perilaku pemilik atau penumpang mobil selama berkendara, misalnya:

  • Kebiasaan merokok di mobil.
  • Kebiasaan makan dan minum di mobil, ditambah dengan kurangnya pembersihan secara berkala menjadi penyebab timbulnya bau tak sedap di dalam mobil. 
  • Salah jika pengemudi berpikir bahwa membuka jendela sambil merokok, makan, atau menggunakan alat pembersih udara dapat membantu menghilangkan bau pada interior mobil. Karena asap rokok akan menempel di bagian interior mobil.

Bagaimana Membuat Mobil Anda Beraroma Baik?

Menjaga mobil Anda berbau segar dan bersih adalah hal yang penting. Aroma yang menyenangkan di dalam mobil membantu Anda rileks dan menikmati perjalanan sepenuhnya. 

Untuk mobil yang sering digunakan sehari-hari, bau di dalam mobil merupakan faktor penting. Kompartemen yang bersih akan memberikan kesan yang baik dan menciptakan kenyamanan bagi penumpang.

Untuk menghilangkan bau mobil, pemilik mobil terlebih dahulu perlu mengetahui lokasi di dalam mobil yang sering menjadi sumber bau.

Komponen Interior mudah menempel bau di mobil

Untuk mobil baru, bila tercium bau plastik yang kuat, Anda dapat melepas lapisan plastik yang menutupi bagian-bagian tersebut dan menggunakan handuk basah untuk membersihkan seluruh interiornya. Kemudian biarkan hingga benar-benar kering sebelum digunakan kembali. 

Sedangkan di mobil yang sudah lama digunakan, Anda dapat mencari bagian yang menimbulkan bau. Antara lain seperti jok, lantai, celah antar jok, bagasi, laci, tempat penyimpanan makanan dan minuman. Ada banyak cara untuk menghilangkan bau mobil yang bisa mengatasi bau tersebut secara menyeluruh.

Bagaimana Cara Merawat Interior Mobil agar selalu harum?

Gunakan teh atau kopi

Selain membuat pengemudi tetap terjaga, teh dan kopi juga bisa membantu menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil. 

Biji kopi memiliki sifat higroskopis, sehingga efektif menghilangkan bau mobil. Karena selain mengeluarkan aroma yang menyenangkan, kopi juga menyerap kandungan air di udara.

Untuk menghilangkan bau tak sedap di mobil, gantungkan sekantong daun teh kering atau biji kopi di tempat-tempat seperti AC. Aromanya yang menenangkan akan terpancar dan menghilangkan bau tak sedap pada mobil Anda.

Gunakan baking soda atau cuka

Tidak hanya memiliki efek membersihkan, soda kue juga menghilangkan bau dengan sangat baik, terutama bau kulit pada interior yang dimiliki hampir semua mobil baru. 

Caranya sederhana, yaitu sebagai berikut:

  • Taburkan bubuk baking soda secara merata seolah membedaki permukaan kulit yang akan dihilangkan baunya.
  • Lalu gunakan handuk kering untuk membersihkan bedak setelah 30 menit – 1 jam.
  • Terakhir gunakan handuk basah untuk menyeka seluruh bagian dalam kulit dan biarkan kendaraan agar kering sebelum digunakan.

Cuka putih sangat bagus untuk membersihkan dan mendesinfeksi mobil. Anda dapat sepenuhnya mencampurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 2:1.

Tambahkan minyak esensial untuk menciptakan wewangian (jika ada). Kemudian gunakan botol semprot yang berisi campuran tersebut untuk menyemprot bagian dalam mobil.

Cobalah Minyak Esensial

Ini mungkin cara paling populer untuk membuat bau mobil Anda lebih baik. Minyak atsiri sangat nyaman dan sangat aman bagi orang-orang di dalam mobil Anda. 

Minyak atsiri yang diekstraksi dari alam akan sangat bermanfaat bagi kesehatan untuk membantu pengemudi tetap terjaga, nyaman, dan fokus berkendara, terutama untuk menjernihkan udara, membunuh bakteri, dan menghilangkan beberapa bau pada mobil. 

Penggunaan minyak esensial bisa dengan cara digantung di interior mobil, disemprotkan pada permukaan interior, atau menggunakan penyemprot otomatis dalam rentang waktu tertentu.

Menghilangkan Bau dengan Arang Aktif 

Sama seperti soda kue, arang aktif (carbon active) memiliki kemampuan menyerap bau dengan sangat efektif. Namun arang aktif berfungsi hanya menghilangkan bau tak sedap, dia tidak menimbulkan bau wangi.

Selain membantu menghilangkan bau mobil, bahan alami tersebut juga baik untuk kesehatan penumpang mobil, antara lain membantu menghilangkan alergen, polutan, dan kelembapan berlebih di udara. 

Sekantong karbon aktif yang diletakkan di bawah jok atau di dekat ventilasi akan menghilangkan bau tak sedap dan membunuh jamur yang disebabkan oleh pengaruh cuaca.

Gunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang baru, jangan langsung dibuang ke tempat sampah. Karena itu adalah salah satu bahan pewangi alami untuk mobil Anda. 

Kulit jeruk mengandung banyak minyak atsiri alami yang tidak hanya menyenangkan indra penciuman tetapi juga menghilangkan berbagai bau yang tertinggal di dalam mobil.

Caranya sangat sederhana, cukup taruh kulit jeruknya di depan AC atau ruang penumpang, kulit jeruk ini akan bekerja dengan sangat cepat dan menghilangkan bau maksimal di dalam mobil.

Namun, Anda perlu membuang kulit jeruk tersebut setelah beberapa waktu, karena jika terlambat itu akan berdampak sebaliknya, yaitu menyebabkan lebih banyak bau tak sedap pada mobil.

Bersihkan Interior Mobil Anda secara Rutin

Untuk menghilangkan bau sepenuhnya, semua benda penyebab bau harus dihilangkan dan dibersihkan secara tuntas. 

Anda harus secara rutin membersihkan dan mensterilkan interior mobil agar ruang mobil tetap segar dan lapang. 

Secara khusus, penyedot debu akan menjadi alat pendukung yang lebih efektif dalam proses pembersihan, membantu membersihkan lantai mobil dan ruang-ruang sempit yang sulit dijangkau.

Bersihkan Filter Udara Kabin

Filter udara dapat menjadi penyebab bau setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, sehingga membersihkan bagian tersebut merupakan pekerjaan yang penting. 

Sementara filter udara dapat dibersihkan dengan dijemur di udara terbuka selama beberapa jam, lakukan pembersihan yang efektif dengan mengelap debu pada casing filter udara dan kemudian menyemprot dengan deodoran.

Filter Kabin Mobil
Filter Kabin Mobil

Hindari Merokok di Mobil!

Jika Anda adalah seorang perokok, maka berusahalah untuk tidak merokok selama berkendara. Merokoklah hanya di rest-area. Akan lebih baik lagi jika Anda berhenti merokok, karena itu lebih baik untuk kesehatan Anda.

Asap rokok mengandung ribuan bahan berbau tak sedap, yang akan menempel di semua permukaan interior mobil. Mungkin Anda yang perokok tidak bermasalah dengan itu, tapi orang lain akan mencium bau busuk dari residu asap rokok di interior mobil.

Kesimpulan

Tergantung pada preferensi, Anda dapat menerapkan satu atau menggabungkan beberapa cara merawat interior secara bersamaan. Mana yang menurut Anda lebih mudah.

Namun yang lebih penting adalah mencegah daripada mengobati. Untuk mencegah bau pada interior mobil Anda, sebaiknya bersihkan interior mobil secara berkala, dan batasi kebiasaan buruk seperti makan, dan hilangkan kebiasaan merokok di dalam mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)