BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Konsumsi BBM Almaz Hybrid Seberapa Irit? Ini Kumpulan Hasil Pengujian oleh Media

Konsumsi BBM Almaz Hybrid Seberapa Irit

Share

CaruserMagz.com – Menelisik Konsumsi BBM Almaz Hybrid – Memasuki era elektrifikasi untuk emisi karbon yang lebih ramah lingkungan, Wuling Indonesia menghadirkan Almaz Hybrid pada November 2022. Hal utama yang menjadi harapan pada SUV 7-Seater ini adalah tentang peningkatan signifikan dalam efisiensi bahan bakar.

Wuling Almaz memiliki salah satu kekurangan yang banyak disebut para reviewer hingga media besar otomotif, yakni konsumsi bahan bakar yang lebih boros dibanding pesaingnya semisal Honda CR-V, Hyundai Santa Fe dan lainnya.

Kekurangan itu diharapkan akan diatasi oleh hadirnya Almaz Hybrid. Karena teknologi hybrid tentu akan memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Wuling Indonesia mengklaim bahwa hasil pengujian internal terhadap konsumsi BBM Almaz Hybrid mencatatkan angka hingga 19 km/liter. Itu sangatlah hemat untuk ukuran SUV 7-Seater bertubuh bongsor.

Hasil Pengujian Konsumsi BBM Almaz Hybrid oleh Media Otomotif

Nah, seirit apakah Wuling Almaz Hybrid dengan teknologi bantuan motor listriknya? Apakah klaim konsumsi BBM dari Wuling itu benar?

Kami coba kumpulkan data hasil pengujian yang dilakukan beberapa media otomotif reputable, pada tabel di bawah ini:

Media OtomotifDalam Kota
(20-22 km/jam)
Luar Kota
(80-100 km/jam)
Rute Kombinasi
GridOto15,2 km/l14,9 km/l17,8 km/l
OtoDriver16,3 km/l16,2 km/l
DetikOto14,6 km/l16,8 km/l
Klaim Wuling19 km/l

Dari tabel di atas, maka dapat kita lihat bahwa belum ada media otomotif yang mendapatkan hasil pengujian yang mendekati klaim Wuling Indonesia.

Mungkin faktor kondisi pengujian yang berbeda. Dimana awak media akan menguji keiritan BBM berdasarkan pola mengemudi sehari-hari dalam kondisi berkendara di jalanan sebenarnya.

Sedangkan pengujian oleh pabrikan melibatkan berbagai parameter yang ditetapkan dan di lingkungan yang dikondisikan untuk mendapatkan figur yang paling baik.

Wuling Almaz Hybrid Irit atau tetap boros
Wuling Almaz Hybrid Irit atau tetap boros

Beberapa hal yang bisa kita simpulkan dari data pengujian komsumsi BBM oleh media tersebut, adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid di dalam kota yang sekitar 15 km/l tergolong sangat irit. Mengingat ukurannya yang besar dan kapasitas penumpang yang juga besar. Angka itu bahkan menyamai konsumsi BBM Citycar semisal Honda Jazz, Honda Brio, dan lain sebagainya.
  • Untuk berkendara di dalam kota, konsumsi BBM medium SUV ini sudah sangat bersahabat dengan kantong pemiliknya, karena sudah sehemat citycar.
  • Konsumsi BBM Almaz berlistrik ini tergolong hemat di rute toll, tapi tidak begitu impresif. Karena masih belum sebaik Honda CR-V bermesin non-hybrid yang bahkan bisa mencatatkan angka 18 km/l ke atas dari hasil pengujian awak media.
  • Klaim keiritan oleh pabrikan, sejauh ini (hingga November 2022) belum terbukti benar karena belum ada media yang berhasil mencapainya.
  • Efisiensi BBM Almaz Hybrid lebih baik dari konsumsi BBM Almaz Turbo.

Dapurpacu Hybrid

Sebagai informasi, Wuling Almaz Hybrid dipersenjatai mesin bensin Atkinson Cycle 1.999 cc (2.0L) Naturally Aspirated, 4-silinder. Berbeda dari Almaz non-hybrid yang menggunakan mesin 1.500 cc Turbo.

Mesin 2000 cc-nya menghasilkan tenaga 123 hp di 5.600 rpm, dan torsi 168 Nm di 4.000-4.400 rpm. Sedangkan motor elektrik-nya (Permanent Magnet Synchronous Motor) menghasilkan tenaga lebih besar, hingga 174 hp dan torsi 320 Nm.

Bila digabungkan, potensi tenaga Almaz Hybrid bisa mencapai 297 hp dan torsi 488 Nm. Namun dua sistem penggerak tersebut tidak akan bekerja maksimum berbarengan. Sayangnya Wuling tidak menyebutkan tenaga gabungan maksimum yang bisa dicapai.

Baterai yang diletakkan di bagian bawah bagasi merupakan Ternary lithium-ion (NMC) berkapasitas 1,8 kWh. Tenaga dari motor listrik dan mesin disalurkan ke roda depan melalui Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Dengan figur konsumsi BBM yang tergolong irit, maka Wuling Almaz Hybrid ini menjadi alternatif yang sangat menarik untuk mobil keluarga. Ia menjadi pilihan mobil hybrid yang lebih murah dibanding Toyota Innova Zenix.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)