CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Cara Cek Bulan dan Tahun Produksi Mobil, Apa PentingnyaDecember 27, 2020

Cara Cek Bulan Apa Mobil Diproduksi dan Alasan Pentingnya Mengetahui Waktu Keluaran Mobil

CaruserMagz.comCara Cek Bulan dan Tahun Produksi Mobil – Pentingkah mengetahui kapan waktu produksi mobil secara detail hingga ke bulan dan tahun? Mungkin sebagian kita mengira itu bukanlah hal yang penting, tapi artikel ini akan menunjukkan alasan mengapa mengetahui bulan dan tahun produksi mobil dibuat ternyata penting.

Mengapa Penting Mengetahui Bulan dan Tahun Produksi Mobil

Beberapa keadaan membuat kita perlu mengetahui kapan mobil milik kita tepatnya diproduksi di pabrik secara terperinci, antara lain sebagai berikut:

  1. Saat butuh mengganti suku cadang tertentu, agar tidak salah beli suku cadang mobil sejenis dengan periode waktu produksi berbeda.
  2. Jika ada pengumuman recall atau penarikan kembali dari pabrikan untuk mengganti suku cadang tertentu karena alasan keselamatan, kita perlu memastikan apakah mobil kita terkena recall atau tidak.
  3. Jika membeli mobil bekas, kita perlu memastikan apakah mobil tersebut pernah terkena recall dan apakah sudah memenuhi panggilan perbaikan tersebut atau belum.

Berkaitan dengan recall atau penarikan kembali oleh pabrikan, hal itu tidak bisa dianggap remeh. Mungkin teman-teman masing ingat dengan kasus Airbag Maut Takata yang banyak merenggut nyawa pemilik mobil karena terlewat dari memenuhi panggilan recall oleh pabrikan.

Bagaimana cara cek bulan apa mobil dibuat?

Ada beberapa cara untuk mengetahui bulan pembuatan mobil, atau tanggal mobil dianggap selesai diproduksi setelah melewati serangkaian pengujian kualitas.

1. Dari Stiker di Bodi Mobil

Sebagian besar kendaraan memiliki stiker yang ditempel di bodi, biasanya pada bagian dalam pillar-B sisi pengemudi. Stiker tersebut salah satunya berisi informasi tanggal produksi bersama dengan beberapa informasi penting lainnya.

Mungkin ada lebih dari satu stiker dan kita harus memeriksa yang memiliki Label Sertifikasi Standar Keselamatan, tekanan standar ban dan kode rangka. Bisa juga memiliki nomor identitas mobil.

Stiker yang memuat waktu produksi mobil - cara cek bulan dan tahun mobil dibuat
Stiker yang memuat waktu produksi mobil – cara cek bulan dan tahun mobil dibuat

Bulan dan tahun produksi kemungkinan besar berada di baris pertama stiker. Bisa tepat setelah nama perusahaan dan terlihat seperti “11/’20”, atau “Nov 2020”. Label ini kemungkinan besar berada pada posisi vertikal dan mungkin juga diperlukan kaca pembesar untuk visual yang lebih baik bagi Anda yang sudah sulit melihat pada jarak dekat.

2. Dari VIN (Vehicle Identification Number)

Setiap VIN (nomor identifikasi kendaraan) bersifat eksklusif. Kode ini merupakan rangkaian alfanumerik yang biasanya terdiri dari 17 atau 19 huruf dan angka. Kode VIN setiap mobil berbeda-beda, tidak mungkin ada yang sama. Di Indonesia nomor ini biasa disebut “Nomor Rangka“.

VIN memuat banyak informasi tentang model mobil tertentu. Informasi itu biasanya berisi tentang nama pabrikan mobil, nama pabrik tempat pembuatan kendaraan, negara asal, tahun model, ukuran mesin, dan banyak lainnya.

Nomor VIN mobil bisa ditemukan pada beberapa lokasi, pada umumnya di stiker yang ditempel di pintu sisi pengemudi (biasanya jika ada lebih dari 1 stiker di pillar-B), di dasboard sisi pengemudi dekat kaca depan, atau pada sasis di bawah kursi pengemudi dan di bagian depan ruang mesin.

Namun VIN biasanya lebih bisa difahami orang-orang yang berkecimpung di dunia pabrikan otomotif atau perawatan mobil. Karena terdiri dari kode-kode huruf dan angka yang tidak bisa difahami orang awam tanpa sumber informasi yang tepat untuk memecahkan kode-kode tersebut.

Namun ada aturan baku tentang kode VIN yang bisa kita jadikan acuan untuk cek bulan dan tahun produksi mobil, yaitu sebagai berikut:

Cara Cek Bulan dan Tahun Produksi Mobil dari VIN / Nomor Rangka Mobil:

Untuk kode “Tahun Produksi” mobil ditunjukkan oleh huruf pada posisi ke-10 pada VIN. Untuk model tahun 2010-2030 dilambangkan dalam serial dari huruf “A” sampai “Y” (tidak termasuk huruf “I”, “O”, “Q” dan “U”).

Untuk mobil yang diproduksi sebelum tahun 2010, kode huruf B hingga Y secara berurutan menunjukkan tahun produksi 1980 hingga 2000. Sedangkan angka 1, 2, 3, dan seterusnya hingga 9, menunjukkan model tahun 2001-2009.

Kemudian untuk “Bulan Produksi“, ditunjukkan dari huruf selanjutnya (ke-11) dengan arti dari “A” sampai “M” (kecuali “I”) menunjukkan bulan dari Januari sampai Desember.

Contoh VIN atau Kode Rangka Mobil di Bawah Kursi Pengemudi
Contoh VIN atau Kode Rangka Mobil di Bawah Kursi Pengemudi

Sebagai Contoh, untuk kode rangka atau VIN mobil berikut, dapat kita ketahui tahun dan bulan produksinya:

Kode VIN : H J J B A 5 5 A 2 C K 0 1 7 6 4 8

Kode ke 10 adalah huruf “C” yang kami beri warna biru dan kode ke 11 huruf “K” yang kami beri warna merah. Dengan rangkaian seperti yang kami jelaskan di atas, maka mobil dengan VIN tersebut diproduksi pada Tahun 2012 (ditunjukkan oleh huruf C) dan bulan Oktober (ditunjukkan oleh huruf K).

Lebih jelasnya berikut urutan bulan berdasarkan kode huruf:

Kode Huruf ke-11Bulan Produksi
AJanuari
BFebruari
CMaret
DApril
EMei
FJuni
GJuli
HAgustus
JSeptember
KOktober
LNovember
MDesember

Sedangkan urutan tahun berdasarkan kode huruf adalah sebagai berikut:

Kode Huruf ke-10Tahun Produksi
A2010
B2011
C2012
D2013
E2014
F2015
G2016
H2017
J2018
K2019
L2020
M2021
N2022
P2023
R2024
S2025
T2026
V2027
W2028
X2029
Y2030

Dengan mengetahui pengertian kode huruf ke tahun dan bulan produksi pada tabel di atas, Kita bisa dengan mudah memecahkan kode waktu pembuatan mobil secara tepat dan terperinci.

Baca juga:

Namun untuk kode-kode lainnya diperlukan informasi lebih banyak dan akan terlalu panjang jika ditulis pada artikel ini. Namun untuk memahami kode tersebut, Sobat bisa menggunakan tool online yang banyak disediakan pihak ketiga maupun pabrikan mobil terkait.

Sobat bisa mengetikan KeyWord “Car VIN Decoding” atau “VIN Decoder” di Mesin Pencari Google atau lainnya untuk menemukan website-website yang menyediakan jasa untuk memahami nomor rangka mobil secara instan.

Itulah sedikit informasi tentang cara cek bulan dan tahun produksi mobil dan alasan mengapa kita harus mengetahui kapan mobil kita sebenarnya diproduksi. Alasan paling penting adalah terkait keselamatan, yaitu jika terjadi pengumuman recall dari pabrikan karena potensi bahaya jika suatu suku cadang tidak diganti atau diperbaiki.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar