Siap-siap Menyambut Hyundai Santa Fe Facelift 2021 Indonesia

Hyundai Santa Fe Facelift Indonesia meluncur 2021

CaruserMagz.com – Sepertinya Hyundai Motor Indonesia (HMI) akan ikut meramaikan pasar otomotif Indonesia pada tahun 2021 dengan peluncuran versi teranyar dari Medium SUV Global terlarisnya, yaitu Hyundai Santa Fe Facelift 2021. Hal itu terdeteksi dari kode Santa Fe baru pada daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta.

Kode baru dari Santa Fe tersebut adalah terkait spesifikasi mesin, sehingga diduga kuat itu adalah Santa Fe facelift 2021. Mengingat salah satu perubahan signifikan pada Santa Fe facelift di Eropa dan Amerika Serikat adalah terkait spesifikasi dapurpacu-nya.

Mid Size SUV Tercanggih Hyundai segera hadir di Indonesia
Mid Size SUV Tercanggih Hyundai segera hadir di Indonesia

Pada data JNKB di BPD Pemprov DKI Jakarta, Hyundai Santa didaftarkan dengan kode mesin berbeda dari yang telah ada sekarang, yaitu SANTA FE D2.24X28AT dan SANTA FE G2.54X2 6AT. Sedangkan pada Santa Fe sebelumnya berkode 2.2CRDI untuk mesin Diesel dan 2.4MT dan 2.4AT untuk varian bermesin bensin.

Kode SANTA FE D2.24X28AT disinyalir sebagai mesin diesel generasi baru berjenis Smartstream-D, meskipun berkubikasi 2.200 cc yang sama serta transmisi yang juga 8-speed otomatis. Tapi diperkirakan transmisi tersebut berjenis dual-clutch atau kopling ganda.

Sedangkan kode SANTA FE G2.54X2 6AT, jelas merupakan mesin baru karena tipe bensin sebelumnya bermesin 2.4-liter. Namun varian ini akan bertransmisi 6-speed otomatis. Berikut screenshot Harga NJKB Hyundai Santa Fe 2021 Facelift Indonesia:

NJKB Hyundai Santa Fe 2021
NJKB Hyundai Santa Fe 2021 – DKI Jakarta

Belum ada pernyataan resmi dari PT Hyundai Motor Indonesia mengenai waktu peluncuran Santa Fe 2021 Indonesia. Namun daftar harga jual sebelum pajak pada Dinas Pendapatan Daerah DKI Jakarta biasanya tidak meleset sebagai tanda akan hadirnya mobil baru di Indonesia.

Hyundai Santa Fe 2021 telah debut global secara resmi pada awal Juli 2020 lalu. Perubahannya tidak nampak pada bentuk keseluruhan, tapi banyak bagian yang berubah cukup signifikan, yaitu fasia depan, beberapa bagian interior, dapurpacu, serta platform baru.

Hyundai Santa Fe 2021 facelift - Rear Digital
Hyundai Santa Fe 2021 facelift – Rear Digital

Selengkapnya mengenai perubahan pada Hyundai Santa Fe Facelift dapat Sobat baca di artikel kami sebelumnya: Santa Fe Facelift 2021, Apa Saja yang berubah?

Pembaruan pada konstruksi mesin adalah perubahan bahan ke aluminium yang mengurangi bobot hingga 19,5 kg dan revisi pada output tenaga yang diperbesar sehingga meningkatkan rasio power to weight. Platform terbaru generasi ketiga juga diklaim berperan dalam peningkatan signifikan untuk performa, pengendalian, efisiensi bahan bakar serta keselamatan berkendara.

Interior Hyundai Santa Fe Generasi-5 - Lebih Canggih tanpa Tuas Transmisi
Interior Hyundai Santa Fe Generasi-5 – Lebih Canggih tanpa Tuas Transmisi

Di Amerika dan Eropa, Santa Fe 2021 telah mulai mendapat elektrifikasi dengan hadirnya varian hybrid dan Plug-in Hybrid. Berbagai fitur canggih dengan fungsi driving assist yang memamfaatkan sensor juga telah ada. Tapi hal-hal itu kemungkinan belum akan hadir untuk Santa Fe Facelift Indonesia.

Mengenai kapan tepatnya peluncuran tersebut, belum ada kabar resmi dari PT HMI, namun diperkirakan itu akan terjadi pada paruh awal tahun 2021. Bagi Anda yang suka mengihtung-hitung harga On the Road dari data NJKB-nya, tentu sudah bisa mengira-ngira akan berapa harga Santa Fe Facelift Indonesia sampai di konsumen.

Tulis Komentar