Bunyi Brisik Hembusan AC Mobil di Kabin, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

CaruserMagz.com – Air Conditioner (AC) adalah salah satu fitur penting pada mobil. Kesehatan fitur pengatur suhu kabin ini berperan besar pada kenyamanan penumpang mobil. Jika terjadi masalah pada AC, harus segera diatasi, jangan sampai dibiarkan berlarut-larut hingga menyebabkan kerusakan parah yang bukan hanya membutuhkan biaya besar untuk perbaikan, namun juga bisa membahayakan kesehatan pengemudi dan penumpang.

 
Salah satu masalah yang lazim terjadi pada AC mobil adalah bunyi-bunyi brisik baik pada komponen AC di luar kabin seperti kompresor, maupun bunyi brisik yang keluar dari exhaust (hembusan) AC di dalam kabin.

 
Pada artikel ini, kami ingin berbagi pengalaman mengenai masalah bunyi brisik yang keluar dari hembusan AC di dalam kabin.

 
Masalah yang kami alami adalah keluarnya bunyi seperti siulan halus dari exhaust AC yang mulanya kecil, kemudian makin membesar setelah kurang lebih seminggu kami biarkan. Hingga menjadi sangat mengganggu kemyamanan telinga, walau hembusan udaranya masih terasa dingin.

 
Langkah awal yang kami lakukan adalah membersihkan filter kabin dari debu dan partikel-partikel besar yang melekat. Namun karena hanya dibersihkan secara manual, tetap tidak maksimal. Alhasil, bunyi berisik dari exhaust AC tersebut tidak berkurang. Artinya masalahnya bukan pada kotornya filter udara di kabin.

 
Kemudian kami bawa ke bengkel khusus AC mobil. Teknisi bengkel langsung melepaskan blower AC di bawah dashboard lalu membersihkan kipas blower dari debu hitam yang lengket dengan air sabun dan menyikatnya. Langkah selanjutnya adalah membersihkan gulungan kawan pada dynamo blower dengan hembusan udara dari kompresor. Banyak debu yang keluar dari semprotan udara pada dynamo tersebut.

 
Setelah dicuci dan dikeringkan, blower AC kabin dipasang kembali. Hasilnya suara berisik pada hembusan udara AC benar-benar hilang menjadi smooth kembali.

 
Menurut teknisi bengkel tersebut, saya melakukan tindakan yang benar. Jika menemukan masalah sekecil apapun, jangan dianggap remeh. Karena jika dibiarkan bisa menyebabkan masalah yang lebih besar dan tentunya akan membutuhkan biaya yang lebih banyak.

 
Baca juga: Tips Menjaga Kebersihan Interior Mobil

 
Selain mengurangi kenyamanan, bunyi berisik pada hembusan AC merupakan tanda bahwa motor pada blower bekerja lebih berat dari kondisi normal. Jika dibiarkan berlarut-larut, bisa menyebabkan motor tersebut burning (terbakar). Jika sudah demikian, harus membeli blower baru yang tentunya butuh biaya lebih besar dan terkadang untuk brand mobil tertentu perlu waktu inden yang lama.

 
Itulah salah satu penyebab dan cara mengatasi bunyi brisik pada exhaust AC di dalam kabin mobil. Semoga artikel ini bermamfaat bagi sobat pembaca. Jika sobat punya pengalaman berbeda, silahkan berbagi melalui kolom komentar di bawawh artikel ini.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *