BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

BMW XM Concept, Cikal Bakal SUV Super Bertenaga 750 HP

BMW XM Concept - Super SUV 750 hp

Share

CaruserMagz.com – BMW XM Concept diumumkan secara digital pada akhir November 2021. Sesosok Super SUV bertenaga 750 HP sebagai perwujudan visi BMW tentang seperti apa model X berperforma tinggi di masa depan.

Merek BMW memiliki divisi sport dengan lineup mobil berlabel M, kemudian untuk jenis SUV dari merek Premium Jerman ini diberi label X. Maka inisial XM jelas merupakan perpaduan dari kedua model tersebut.

BMW mengatakan bahwa model produksi dari konsep SUV Super bergrill kidney besar ini akan hadir dalam tahun 2022 mendatang.

BMW XM Concept – Super SUV Bertenaga Buas

Divisi M merupakan pembuat mobil-mobil sport di lineup BMW. Tapi pada umumnya mesin model M berkisar pada besaran tenaga Sport Car, yaitu 400-an Hp ke bawah.

Tapi XM ini berbeda, karena disebut akan diberi powertrain mencapai 750 hp. Itu adalah besaran tenaga supercar. Dengan demikian, model produksi dari konsep XM ini akan jadi model M terkuat yang pernah ada hingga 2022.

Mesin tersebut adalah mesin bensin V8 yang dipadu dengan motor listrik dengan output gabungan dari sistem Plugin Hybrid (PHEV)-nya sebesar 750 hp dan torsi hingga 999 Nm.

Jika dikendarai dengan motor listriknya saja, mobil ini diklaim mampu berjalan hingga 80 km (50 mil) menurut pengukuran WLTP Eropa, dan diperkirakan 48 km (30 mil) menurut pengukuran AS.

BMW XM Concept - Tampak Samping
BMW XM Concept – Tampak Samping

Eksterior Garang Bergaya Militer

Bentuk mobil konsep ini begitu dramatis. Ini seperti potongan-potongan kristal yang kaku. Jika Sobat pernah ingat film Super Boy di tahun 1990-an, Super Boy punya kembaran versi Cryptonite berwajah seperti batu putih yang dipahat patah-patah. Nah, wajah BMW XM Concept ini mengingatkan kita pada tokoh tersebut.

Ini seperti wajah monster ganas yang siap menghancurkan apa saja yang dilewatinya. Tapi detailnya sungguh modern dan berkelas. Sebuah breakthrough desain yang kami kira akan menawan bagi kaum pria.

Bagi mereka yang tidak suka pada garis-garis tajam kaku yang identik dengan kendaraan militer, tentu berharap ini hanyalah model konsep yang tidak akan diterapkan sepenuhnya pada model produksi.

Wajah Monster pada mobil konsep super SUV
Wajah Monster pada BMW XM Concept

Tapi ada rumor bahwa XM Concept ini sudah sangat dekat dengan versi produksi. Bahkan beberapa media Amerika menyebutnya juga akan diterapkan pada model X non-performa tinggi. Mungkin hal itu akan membuat sebagian orang jadi pembenci model X jika benar-benar terjadi.

Desain ini mengingatkan kita pada mobil bergelar “SUV termahal di Dunia” yang bernama Karlmann King, hanya saja pada dosis kenyentrikan yang jauh lebih kecil.

Kesan modern cukup kental disajikan dengan head lamp LED kecil yang mengintip di bawah kap mesin dan LED di sekeliling Kidney-grille menjadi signature lamp yang menarik.

Penampakan sampingnya terlihat gagah dengan profile ban tipis membalut velg 23-inci, over-fender besar yang kaku bersudut-sudut serta warna dual-tone yang memberi kesan canggih.

Beralih ke belakang, ada lampu LED merah tipis memanjang berkelok-kelok dari sisi bawah pilar-D hingga ke pintu bagasi. Bagian unik juga terliat pada sisi atas dengan dua logo BMW di sisi kiri dan kanan dan 4 aksen krom seperti kenalpot di bumper.

BMW XM Concept - Tampak Belakang
BMW XM Concept – Tampak Belakang

Interior Canggih Bernuansa Tradisional

Kontras dengan tampilan luar yang seolah datang dari planet lain, kita dapati interior yang bernuansa kemewahan tradisional.

Interior di depan merupakan perpaduan bahan carbon-fiber pada bidang kokpit di area pengemudi dan kulit coklat yang mendominasi keseluruhan kabin depan, termasuk kursi, konsol tengah dan lingkar kemudi.

BMW XM Concept - Interior Dashboard
BMW XM Concept – Interior Dashboard

Kursi belakang berbeda dengan kabin depan. Pembalut kursi belakang seperti kain beludru biru yang bertekstur lembut. Garis-garisnya dibuat seperti jahitan pada kasur di kamar hotel kelas President-Suite. Bagian ini mungkin tidak akan terjadi pada model produksi.

Interior BMW XM Concept - Cabin
Interior BMW XM Concept – Cabin

Di hadapan pengemudi, terbentang layar monitor panjang menggabungkan cluster-meter dan head unit infotainment yang telah menggunakan sistem BMW iDrive.

Di center cluster ada 3 layar sentuh untuk pengaturan fitur mobil. Tapi sayangnya di konsol tengah masih ada tuas transmisi yang lagi-lagi kontras dengan kesan modern.

Kokpit SUV Super dari merek Jerman
BMW XM Concept – Kokpit Dashboard

BMW tentu belum mengumumkan harga Super SUV ini. Tapi melihat spesifikasi mesinnya, kemungkinan mobil ini menargetkan konsumen pada segmen yang setara dengan penggemar Lamborghini Urus, Bentley Bentayga, Aston Martin DBX, atau bahkan Rolls-Royce Cullinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)