Renault Kwid Climber

Renault Climber Diluncurkan di Tengah Pandemi Covid-19, MRI Tak Kapok dengan Kegagalan Kwid

Berita Renault
CaruserMagz.comRenault Climber 2020 – Industri otomotif sedang lesu dan sangat terpuruk karena Pandemi Covid-19. Bukan hanya di Indonesia, penjualan mobil di seluruh dunia juga sedang terjun bebas karena kebanyakan orang lebih fokus menyelamatkan diri dari kengerian bahaya virus Corona, ketimbang mewujudkan keinginan membeli mobil baru.

Kondisi tersebut ternyata tidak membuat pesimis pemegang merek asal Prancis, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), untuk meluncurkan mobil baru di tengah kecamuk pandemi Covid-19. Tak hanya itu, optimisme ATPM Renault bisa diacungi jempol, mengingat model sebelumnya yang mereka luncurkan 2018 silam mengalami kegagalan cukup telak.

PT MRI meluncurkan New Kwid dan Climber pada Rabu 20 Mei 2020 secara virtual. Citycar bernuansa crossover tersebut diimpor langsung dari India dengan harga OTR DKI Jakarta Rp 149,9 juta untuk Renault Kwid M/T dan Rp 158,9 juta untuk Climber AM/T. Jadi meskipun ini brand Eropa, tetap aslinya adalah CBU India.

Interior Kabin Renault Kwid Climber
Interior Kabin Renault Kwid Climber

Davy J. Tuilan, selaku Chief Operating Officer MRI memberikan beberapa pernyataan saat peluncuran virtual tersebut. Antara lain mengenai segmen dan hal-hal yang menarik dari Renault Kwid Climber, dan juga mengenai waktu pemesanan.

Jadi kami memang ingin mendeliver suatu produk yang sangat baik dengan harga terjangkau untuk para customer,” buka Tuilan dalam konferensi videonya.

New Renault Climber dengan design progresif ditambah transmisi otomatis ala mobil super-mewah, akan menjadi pilihan yang menarik untuk konsumen otomotif Indonesia,” sambungnya.

Jika diperhatikan, Climber memiliki banyak aksen berwarna orange yang membuatnya terkesan seperti mobil off-road. Hal tersebut juga didukung tampilan dari mobil yang semakin macho tentunya,” papar Tuilan.

Dari informasi terakhir, indennya bisa sekitar satu sampai dua bulan untuk warna tertentu,” ujar Tuilan mengenai waktu pemesanan Renault New Kwid dan Climber.

 

Apa saja yang Berubah

Di fascia depan, Kwid model terbaru ini terlihat beda signifikan dengan desain lampu depan dan Day-time Running Light (DRL) baru, grill serta bumper yang juga baru. Sementara di bagian belakang, hal yang terlihat adalah lampu baru dengan LED, serta empat buah titik sensor parkir.

Pada bagian samping, tidak terlihat banyak perubahan. Namun diinformasikan bahwa ground clearance lebih tinggi menjadi 184 mm. Hal yang terlihat dari sisi samping adalah kehadiran roof rail untuk memberi kesan lebih maskulin, dan velg full hitam dengan desain spoke baru.

Kenop Transmisi AMT - Renault Kwid Climber
Kenop Transmisi AMT – Renault Kwid Climber

Di bagian interior, hal yang unik dan baru adalah tuas transmisi yang kini berubah jadi kenop putar untuk mengoperasikan transmisi Automated Manual Transmission (AM/T). Jadi terlihat seperti mobil-mobil mewah Eropa semisal Land-Rover, Bentley dan lainnya.

Selain itu, dashboard mobil mungil ini terlihat canggih dengan head unit layar sentuh 8-inci yang dilengkapi fitur konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.

Interior Dashboard Renault Kwid Climber
Interior Dashboard Renault Kwid Climber

Walau harganya tergolong murah dibanding Suzuki Ignis dan Datsun Cross, Renault Climber ini tetap mengusung nuansa kecanggihan mobil Eropa. Antara lain dengan adanya kamera mundur dengan display berpetunjuk arah dan tampilan meter cluster digital di balik lingkar kemudi yang membuatnya terasa modern dan canggih.

Fitur Renault Kwid Climber
Fitur Renault Kwid Climber

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Renault Kwid

Mengenai dapurpacu, New Kwid dan varian Climber masih menggunakan mesin Renault berkapasitas 1.000 cc dengan tenaga maksimum 68 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 91 Nm pada 4.250 rpm.

Renault Kwid tersedia dalam 5 pilihan warna, sedangkan Renault Kwid varian Climber diediakan dalam 3 warna, serta trim berbeda pada eksterior dan interiornya.

Segmen Renault Kwid dapat disamakan dengan Suzuki Ignis dan Datsun Cross, karena ini merupakan citycar yang bertampilan ala-ala crossover, atau juga disebut Urban SUV. Kwid menjadi alternatif menarik bagi peminat mobil mungil bernuansa SUV karena harganya lebih murah dari Ignis.

Sayangnya jaringan dealer Renault tidak seluas merek Jepang, karena baru ada di kota-kota yang padat penduduk seperti di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar