Berantem di Jalan, Citycar Jumpalitan Disenggol Truk Bermuatan

CaruserMagz.comCitycar vs Truk Berantem di Jalan – Suatu insiden hampir celaka di jalan toll terjadi antara truk pengangkut barang vs citycar merek Fiat. Kejadian itu dilaporkan sebagai akibat dari keributan atau adu emosi antara sopir truk dan sopir citycar.

Insiden tersebut terjadi di dekat Samsun, pantai Laut Hitam sekitar 450 mil timur Istanbul, Turki. Citycar yang nekat tersebut diketahui merupakan Fiat Fiorino Panorama, mobil boxy yang imut asal Pabrikan Prancis.

Seperti dilaporkan Carscoops, kejadian senggolan truk vs citycar ini diakibatkan oleh kemarahan kedua pengemudi karena berebut jalan, yang mungkin sudah berlangsung beberapa saat sebelum video tersebut direkam.

Fiat Fiorino Panorama
Fiat Fiorino Panorama

Dari rekaman tersebut, terlihat pengemudi Fiat mengambil jalur bahu jalan di sisi kanan truk barang, padahal sisi kiri terlihat kosong. Sedangkan di Turki menganut sistem mengemudi di kanan jalan, sehingga saat akan mendahului, seharusnya dari sebelah kiri.

Jalan tersebut terlihat merupakan jalan toll bebas hambatan dan ada pembatas jalan untuk mobil dari arah berlawanan. Kondisi tersebut mengindikasikan memang terjadi keributan di antara kedua pengemudi, sehingga keduanya sengaja berusaha menyulitkan rivalnya.

Baca juga:

Sayangnya pengemudi citycar tersebut terlihat bodoh, karena merusaha menantang truk barang berbobot dan berdimensi besar. Sangat jelas pengemudi tersebut kurang perhitungan dan lebih mengedepankan emosi ketimbang akal sehat.

Tidak butuh usaha besar bagi sang truk, cukup menutup sedikit jalan di sisi kanan, citycar tersebut terjungkal keluar jalur, untungnya mobil mungil tersebut berhasil kembali ke jalan walau sempat jumpalitan di sisi kanan jalan.

Berantem di Jalan, Truck vs Citycar Fiat – Sumber: Carscoops

Untungnya tidak ada mobil lain dari arah belakang saat Fiat tersebut berhasil kembali ke jalan. jika ada kendaraan lain dengan kecepatan tinggi, terbayangkan mobil tersebut bisa mengalami kecelakaan fatal.

Kejadian seperti ini hendaknya menjadi pelajaran bagi kita, untuk jangan coba-coba nekat memancing emosi pengemudi truk. Karena mereka mengendalikan kendaraan besar dengan beban dan momentum yang besar. Jangankan adu bodi, mendekat pun pada truk-truk bermuatan tersebut harusnya kita hindari.

Di sisi lain, meskipun merasa dalam posisi benar dan mampu memberi pelajaran pada kendaraan lain, pengemudi truk tidak seharusnya melampiaskan emosinya dengan menutup jalur kendaraan lain yang akan mendahuluinya, karena itu berkaitan dengan nyawa manusia.

Baca: Tips Hindari Keributan di Jalan Raya, Tahan Emosi atau Celaka

Namun kita tidak tahu pasti, apakah benar itu sekedar road-rage (keributan karena emosi), atau ada latar belakang lain yang membuat sopir truk itu nekat mencelakakan mobil kecil, semisal usaha perampokan atau intimidasi premanisme dari penumpang citycar tersebut.

Pelajaran lain yang bisa kita ambil adalah untuk tidak membiasakan mendahului kendaraan lain dari bahu jalan. Bisa saja kejadian tersebut bukan karena road-rage, tapi lebih karena pengemudi truk tidak melihat kehadiran citycar yang akan mendahului, sedangkan truk tersebut dalam posisi ingin menepi.

Mendahului dari bahu jalan sangat berisiko mengakibatkan kecelakaan. Apalagi jika kendaraan yang akan didahului adalah truk atau trailer. Posisi pengemudi truk yang tinggi, menyebabkan kendaraan lain di sebelahnya berada pada titik buta atau blindspot.