BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Beda Stargazer X Tipe Style vs Prime, Selisih Harga 10 Jutaan tipe Tertinggi Dapat Banyak!

Beda Stargazer X tipe Style vs Prime

Share

CaruserMagz.comHyundai Stargazer X disediakan dalam 2 tipe, yaitu tipe Style sebagai varian standar dan tipe Prime sebagai varian tertinggi. Lalu apa saja beda Stargazer X tipe Style vs Prime? Bagi Sobat yang berminat membeli versi Crossover dari Stargazer ini, tentu ingin mengetahui detail perbedaannya.

Kedua tipe Stargazer X tersebut terpaut selisih harga Rp 10,6 juta untuk OTR DKI Jakarta dan sekitarnya. Itu bukanlah jumlah yang signifikan untuk mobil berharga 300 jutaan. Apa saja kelebihan Stargazer X Prime dibanding tipe Style dengan nilai 10,6 juta tersebut? Mari kita simak detailnya.

Beda Harga

Detail harga OTR Hyundai Stargazer X sebelum tambahan harga untuk warna khusus atau diskon dari dealer adalah sebagai berikut:

  • Stargazer X Style : Rp 325.600.000
  • Stargazer X Prime : Rp 336.200.000

Untuk tipe Prime dengan pilihan warna dual-tone dikenakan harga tambahan sebesar Rp 1,5 juta, dan untuk warna special matte yang dop, dikenakan harga tambahan sebesar Rp 3,5 juta.

Beda Stargazer X Tipe Style vs Prime

Dengan selisih 10,6 juta rupiah, Stargazer X tipe Prime memiliki beberapa kelebihan dibanding tipe Style, antara lain sebagai berikut:

Beda Fitur Interior

AC Auto-climate Control – AC otomatis hanya disediakan pada tipe Prime, sedangkan pada tipe Style tidak otomatis, pengaturannya manual namun tetap dengan panel digital.

Wireless Charger – Fitur fungsional ini juga hanya untuk tipe Prime. Pada tipe Style, tetap bisa mengecas gadget, tapi harus menggunakan kabel.

Audio System – Perbedaan signifikan selanjutnya adalah bahwa tipe Style dilengkapi 6-Speaker biasa. Sedangkan tipe Prime dibekali 8-Speaker premium dari BOSE termasuk tweeter dan sub-wover.

Ambient Light – Fitur yang membuat suasana mewah pada kabin ini hanya ada di tipe Prime. Namun bagi yang tidak menganggap itu penting, tentu bukan masalah tidak memilikinya.

Interior Hyundai Stargazer X
Interior Hyundai Stargazer X

Beda Aksesoris

Bahan Pembalut Jok – Kursi tipe Prime berbalut kulit sintetis, sedangkan tipe Style menggunakan bahan fabric. Namun semuanya mendapat jahitan merah sebagai pembeda dari Stargazer versi MPV.

Seat Back Pocket – Kantong di belakang kursi depan sebagai tempat penyimpanan, pada tipe Style hanya ada di kursi penumpang depan, sedangkan di tipe Prime ada di kedua kursi depan.

Seat Back Table – Meja di belakang kursi penumpang depan hanya ada pada tipe Prime. Aksesoris ini tidak disediakan pada tipe Style.

Fitur Keselamatan

Airbags – Fitur keselamatan penting ini juga dibedakan, pada tipe Style hanya ada 2-Airbag, sedang tipe Prime sudah dilengkapi 6-airbags, termasuk untuk penumpang belakang.

Fitur ADAS – Paket fitur canggih Advanced Driver Assistance System (ADAS) hanya disediakan pada tipe Prime, sedangkan tipe Style hanya dibekali fitur keselamatan standar.

Beda Eksterior

Pilihan warna – Tipe Prime memiliki opsi 2 warna premium dan 3 warna dual tone. Dua Warna special Matte yang mewah yaitu putih keemasan dan putih mutiara dengan tekstur dop, sebagaimana ada pada Hyundai Ioniq 5.

Ada juga 3 pilihan warna dual tone dengan atap hitam untuk tipe Prime dengan warna dasar merah, putih dan silver. Sedangkan tipe Style hanya ada 5 opsi warna single tone, yakni merah, putih, silver, hitam, dan abu-abu.

Berikut Tabel perbedaan fitur Stargazer X tipe Style vs Prime:

Fitur / Kelengkapan
Stargazer X
Tipe
Style
Tipe
Prime
Pembalut JokFabricKulit
Seat Back Pocketdi Kursi Penumpangdi Kedua Kursi
Seat Back TableTidak Adadi Kedua Kursi
Pengaturan ACManualOtomatis
Wireless ChargerTidak AdaAda
Airbags2 di depan6-airbags
Audio System6-Sepaker Biasa8-Speaker Bose
Ambient LightTidak AdaAda
ADASTidak AdaHigh Beam Assist (HBA)
Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
Driver Attention Warning (DAW)
Lane Keeping Assist (LKA)
Lane Following Assist (LFA)
Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA)
Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)
Safe Exit Warning (SEW)
Pilihan WarnaSingle Tone:
Hitam
Putih
Silver
Merah
Abu-abu
Single Tone:
Hitam
Putih
Silver
Merah
Abu-abu

Dual-Tone:
Merah-atap Hitam
Putih-Atap Hitam
Silver-Atap Hitam

Warna Spesial:
Gravity Gold Matte
Optic White Matte
Fitur Stargazer X Prime yang tidak ada pada tipe Style
Fitur Stargazer X Prime yang tidak ada pada tipe Style

Kesimpulan

Jadi, nilai selisih harga Rp 10,6 juta mengakibatkan kelebihan yang luar biasa banyak bagi Stargazer X tipe Prime. Rasanya semua fitur dan kelengkapan yang ada pada tipe Prime tapi tidak ada pada tipe Style, akan sangat lebih besar nilainya dari Rp 10 juta.

Sepertinya Hyundai sengaja membuat tipe Prime untuk lebih laris dari tipe Style. Uang Rp 10,6 juta terlalu kecil untuk beda beberapa fitur sekaligus seperti: 6-Airbag, Fitur ADAS, audio premium BOSE, jok kulit sintetis, AC otomatis, wireless charger, ambient light, dan seat back table.

Namun melirik kompetitor semisal Xpander Cross dan Honda BR-V pada varian tanpa ADAS, maka Hyundai Stargazer X tipe Style termasuk jauh lebih murah.

Sehingga jika akan membeli mobil tanpa ADAS, tipe Style tetap layak bersaing dengan kompetitor, karena punya kelebihan pada fitur konektifikas BlueLink dan mesin yang bertenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)