Baru Diluncurkan di Indonesia, Hyundai Kona EV Kena Recall

Hyundai Kona Electric - suv listrik pertama indonesia

CaruserMagz.comHyundai Kona EV Kena Recall di Korea Selatan – Hyundai sedang kena badai recall di beberapa negara besar. Belum lama ini Hyundai Amerika mengumumkan penarikan kembali pada beberapa model karena masalah mesin dengan jumlah ratusan ribu unit. Sebelumnya recall terkait mobil listrik Hyundai karena masalah baterai yang berpotensi menyebabkan kebakaran.

Hyundai belum lama melaporkan recall pada 128.948 unit kendaraan di Amerika Serikat pada 8 November 2020. Recall tersebut meliputi Veloster 2015-2016, Santa Fe 2012, Sonata Hybrid 2011-2013, dan Sonata Hybrid 2016 yang memiliki rod-bearing yang bisa aus sebelum waktunya hingga berpotensi menyebabkan kebakaran hebat pada mesin.

Kali ini giliran Hyundai Kona EV kena recall, crossover listrik sepenuhnya yang baru saja meluncur di Indonesia pada 6 November 2020. Mobil listrik ini terkena recall karena sistem pengereman elektronik yang bermasalah.

Hyundai Kona Electric - Tampak Depan dan Belakang
Hyundai Kona Electric kena Recall di Korsel

Model yang terkena penarikan kembali ini berjumlah total mencapai 50.864 unit. Dengan rincian 40.726 unit Hyundai Kona Electric yang diproduksi antara Mei 2019 hingga November 2019, dan 10.138 unit SUV hidrogen Hyundai Nexo keluaran Januari 2018 hingga November 2020.

Kampanye recall ini terjadi untuk mobil yang dipasarkan di Korea Selatan. Belum ada kabar dari Hyundai Motor Indonesia, apakah masalah yang sama berpotensi menimpa mobil listriknya yang ada di Indonesia, pasalnya beberapa unit Kona EV dan IONIQ sudah terkirim ke konsumen.

Adapun masalah pada sistem pengereman mobil listrik ini, disebutkan karena perangkat lunak yang cacat. Positifnya, belum ada laporan mengenai kejadian kecelakaan yang menimpa pengguna mobil ini karena masalah tersebut.

Masalah ini dikabarkan tidak hanya terjadi pada mobil Hyundai, tapi juga menimpa model dari brand segrupnya, yaitu Kia Soul EV yang juga direncanakan direcall sebanyak 1.895 unit.

Tulis Komentar