Airbag Berpotensi Meledak! Honda Recall Jazz dan Freed sebanyak 17.286 Unit

CaruserMagz.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan penambahan jumlah mobil Honda yang terkena recall atau penarikan ulang terkait potensi bahaya dari inflator airbag pada 9 Oktober 2018. Mobil yang teridentifikasi bermasalah tersebut adalah Honda Jazz dan Freed.

 
Di seluruh dunia, mobil-mobil Honda paling sering terkait dengan kecelakaan Airbag Takata yang meledak seperti granat. Sehingga wajar pabrikan Jepang tersebut lebih waspada pada mobil-mobilnya yang masih menggunakan airbag maut tersebut.

 
Namun tidak ada pernyataan dari HPM apakah recall ini terkait airbag merk Takata atau bukan. HPM hanya menjelaskan potensi bahaya yang mungkin terjadi.

 
Pada penambahan daftar recal Honda Jazz dan Freed ini, masalah yang teridentifikasi adalah airbag sisi penumpang depan yang bisa meledak melebihi kondisi yang diharapkan (over deployment), hingga berpotensi menyebabkan kecelakaan pada penumpang dan pengemudi.

 
Penambahan Honda Jazz dan Freed yang direcall berjumlah total 17.286 unit di Indonesia, yaitu Honda Jazz keluaran tahun 2014 sebanyak 6.961 unit dan Honda Freed produksi 2014 hingga 2016 sebanyak 10.325 unit.

 
Hingga pengumuman penambahan daftar Recal Honda Jazz dan Freed ini dikeluarkan, belum ada laporan kecelakaan yang telah terjadi terkait masalah airbag Honda di Indonesia.

 
Baca juga:

 
Dalam implementasinya, HPM mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik mobil yang teridentifikasi. Namun HPM juga mengharapkan pemilik mobil Honda yang mungkin termasuk dalam daftar tersebut juga proaktif mengecek apakah kendaraannya terkena recall atau tidak.

 
Apabila sudah menyepakati jadwal dengan dealer Honda terdekat, komponen inflator airbag akan diganti secara cuma-cuma (tanpa biaya apapun) dan proses pergantian tersebut memerlukan waktu sekitar 1 hingga 2 jam saja.

 
Cara memastikan apakah mobil Honda terkena recall atau tidak, HPM menyediakan saluran komunikasi, yang antara lain adalah:

  1. Pengecekan secara online melalui website yang dapat dibuka melalui link ini: http://pud.honda-indonesia.com.
  2. Saluran Telpon Honda Customer Care: 0-800-1446-632 (bebas pulsa), pada hari kerja (Senin-Jumat), pukul 08.00 – 17.30.
  3. Datang langsung ke dealer resmi Honda terdekat.

 

Cara Cek Mobil Honda apakah Kena Recall

 
Untuk mengecek secara online, sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik link di atas atau dengan membukanya melalui browser.
  2. Selanjutnya akan menampilkan halaman Pengumuman Recall dengan judul “Product Announcement”.
  3. Klik button pada bagian bawah Halaman yang bertuliskan “Check My Honda”.
  4. Pada halaman selanjutnya, masukkan nomor rangka kendaraan yang bisa ditemukan pada STNK atau di bawah pillar-B mobil Honda.
  5. Isikan kode yang diberikan pada halaman web tersebut pada kolom yang disediakan.
  6. Klik tombol Check di bagian bawahnya. Selanjutnya akan diinformasikan apakah mobil sobat masuk list yang harus diganti airbag atau tidak.

 
Bagi sobat yang memiliki mobil Honda Jazz dan Freed dengan tahun produksi yang termasuk dalam pengumuman ini, sebaiknya tidak menganggap remeh berita ini.

 
Segera periksa mobil sobat melalui saluran-saluran komunikasi di atas. Karena risiko yang mungkin terjadi sangat berbahaya, di seluruh dunia sudah ratusan kecelakaan terjadi akibat airbag yang meledak berlebihan.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar