Aplikasi GIIAS Auto360 Diluncurkan, Wadah One-Stop Otomotif Lengkap

Aplikasi GIIAS Auto360

CaruserMagz.comAplikasi GIIAS Auto360 – GAKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah salah satu event otomotif terbesar di Indonesia yang terpukul keras oleh kejamnya Pandemi Covid-19. Ekshibisi besar yang melibatkan banyak pelaku dunia otomotif tersebut terpaksa dibatalkan di tahun 2020 lalu, dan parahnya ada kemungkinan di tahun 2021, ajang ini juga tidak dapat digelar di dunia nyata.

Bisnis sektor otomotif mengalami kemerosotan signifikan selama pandemi Covid-19 merajalela. Tak hanya penjualan mobil yang terpangkas hingga lebih dari 50% dari sebelumnya, tapi juga membuat industri pendukungnya juga terpaksa tiarap, bahkan beberapa diantaranya sekarat.

Pelaku bisnis tidak boleh menyerah pada keadaan buruk yang belum jelas kapan akan berakhir. Guna mendorong kembali gairah industri otomotif tanah air, GIIAS melakukan inovasi dengan membuat aplikasi online yang memberikan one-stop digital solution baik untuk pelaku bisnis otomotif, mapun masyarakat sebagai konsumen.

Aplikasi tersebut diberi nama “GIIAS Auto360“, yang menggabungkan tiga fungsi utama, yaitu Exhibition Hub, marketplace khusus produk otomotif, dan platform informasi dan berita industri otomotif.

Pameran Mobil di GIIAS - Padat Pengunjung dan Transaksi
Pameran Mobil di GIIAS – Padat Pengunjung dan Transaksi

Dengan aplikasi GIIAS Auto360 ini diharapkan dapat memindahkan berbagai transaksi langsung di dunia nyata ke dunia digital, sehingga tidak ada lagi batasan tempat dan waktu.

Semua kebutuhan brand dan pelaku usaha otomotif semisal ekshibisi, outlet toko, kemudahan transaksi dipindahkan ke platform digital pada aplikasi ini. Komunikasi antara pelaku usaha dan calon pembeli jadi lebih mudah, aman dan nyaman.

Jadi aplikasi ini jadi seperti e-commerce khusus untuk semua hal yang berhubungan dengan otomotif. Namun para penjaja dagangan atau merchant-nya adalah brand-brand resmi yang terverifikasi, semisal Agent Pemegang Merek (APM) resmi, dealer dan pelaku usaha otomotif lainnya.

Calon merchant GIIAS Auto360 hanya butuh melakukan lima langkah untuk terdaftar pada aplikasi ini, yaitu:

  1. Membuat akun pada aplikasi GIIAS Auto360
  2. Melakukan aktivasi
  3. Mendaftarkan toko
  4. Meng-upload produk
  5. Mulai berjualan.

Layaknya ecommerce, GIIAS Auto360 akan memiliki program-program point reward untuk merchant dan juga user dari aplikasi ini. Semisal starter Point untuk merchant baru dan point untuk tiap transaksi yang terjadi.

Begitupun user yang membeli produk-produk otomotif, akan mendapat point reward. Poin-poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan program promosi, baik secara online di aplikasi GIIAS Auto360 atau ditukarkan dengan fasilitas di pameran off-line.

Aplikasi khusus otomotif seperti ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh konsumen maupun pelaku usaha otomotif. Karena ecommerce mainstream yang ada, kian membingungkan dengan kacau-balaunya status penjual, apakah toko resmi, reseller, atau dropshiper.

Menarik untuk diikuti dan dicoba, apakah nama besar GIIAS dan Gaikindo akan menjamin kualitas pelayanan dari aplikasi ini, atau akan kah berujung sama dengan ecommerce mainstream, yang makin meninggalkan kualitas kepuasan para konsumen, Semoga tidak!

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar