BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Harga Wuling Victory Jika Masuk Indonesia Sekitar Segini, Ancaman Buat Innova?

Wuling Victory Resmi Diluncurkan di China

Share

CaruserMagz.com – Wuling Victory telah resmi dijual di negeri asalnya, China, dengan banderol harga mulai 89,8 Ribu Yuan atau sekitar Rp 195 Juta dengan posisi kurs Rupiah terhadap Yuan di bulan November 2020. MPV besar berdesain aerodinamis tersebut diposisikan pada kasta lebih tinggi dari Wuling Cortez yang berbanderol lebih murah lagi di negeri Tirau Bambu tersebut.

Seperti yang kami kabarkan sebelumnya, Victory adalah model global yang akan dipasarkan Group SAIC Wuling di banyak negara di dunia, sehingga besar kemungkinan juga akan mengaspal di Indonesia. Tentu menarik memperkirakan harganya jika benar-benar sudah masuk Indonesia, karena akan menjadi alternatif yang sangat menggoda bagi peminat Toyota Innova atau KIA Sedona.

Menelisik dari harga Wuling Cortez di China, kami mencoba memperkirakan dengan hitung-hitungan kasar terhadap harga Wuling Victory di Indonesia. Cortez di China dibanderol mulai CNY 69.800 – 81.800 atau berkisar Rp 152 – 178 juta, sedangkan di Indonesia harganya pada rentang Rp 220 – 277 juta, artinya selisih 45% untuk tipe termurah dan 56% untuk tipe termahal.

Menanti Kehadiran Victory - MPV Mewah Wuling
Menanti Kehadiran Victory – MPV Mewah Wuling

Perkiraan Harga Wuling Victory di Indonesia

Kembali ke harga Wuling Victory di China yang sebesar CNY 89.800 atau Rp 195 jutaan untuk tipe terendah, dan CNY 119.800, setara Rp 261 jutaan untuk tipe termewah. Jika dianalogikan secara hitungan kasar, maka berdasarkan selisih persentase harga Wuling Cortez di China vs di Indonesia, maka harga Victory termurah di Indonesia akan sekitar Rp 280 jutaan, sedangkan yang termahal akan sekitar Rp 407 jutaan.

Mungkin hitung-hitungan tersebut tidaklah begitu tepat, karena ada perbedaan fitur-fitur dan komponen harga antara mobil di China dan di Indonesia. Namun jika analogi tersebut mendekati kenyataan, maka harga akan lebih murah dari Toyota Innova dengan selisih cukup signifikan. Mengingat harga Innova facelift 2020 sudah pada rentang Rp 337,6 juta hingga Rp 495,7 Juta.

Jika perkiraan kami tersebut tidak jauh melenceng, maka selisih harga Wuling Victory vs Toyota Innova di Indonesia akan berkisar antara Rp 50 – 90 jutaan. Itu bukan uang yang sedikit untuk dinikmati, setelah membeli mobil dengan fungsi dan kemewahan bahkan lebih menggiurkan.

Membandingkan Victory vs Innova

Secara spesifikasi, Victory lebih besar dari Innova dengan dimensi panjang 4.875 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 1.700 mm, serta wheelbase mencapai 2.800 mm. Victory lebih bongsor tapi lebih rendah dari saudaranya Wuling Cortez yang berdimensi 4.780 x 1.816 x 1.755 mm.

Sedangkan Innova punya dimensi 4.735 x 1.830 x 1.795 mm dengan wheelbase juga 2.800 mm. Artinya Victory lebih panjang 140 mm, lebih lebar 50 mm dan lebih rendah 95 mm. Bisa kita bayangkan Innova Reborn saja sudah terasa besar, apalagi Victory yang lebih panjang 14 cm dan lebih lebar 5 cm. Itu juga artinya Victory akan terlihat lebih aerodinamis dibanding Innova, karena lebih pipih dan lebih lebar. Seharusnya Victory akan lebih fun-to-drive dan punya kabin lebih lapang jika melihat perbedaan dimensinya.

Interior Wuling Victory - Seperti Mobil Premium Eropa
Interior Wuling Victory – Modern seperti Mobil Premium Eropa

Satu hal lagi yang membuat Wuling Victory akan lebih superior dari Toyota Innova adalah terkait besaran tenaga dan teknologi mesin. Dimana Victory dipersenjatai dengan mesin 1.451 cc turbocharger 4-silinder inline bertenaga 147 PS dan torsi hingga 250 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-speed atau otomatis CVT. Sedangkan mesin bensin Innova berkubikasi 2.000 cc naturally aspirated bertenaga 139 PS dan torsi 183 Nm. Namun Innova punya varian Mesin Diesel 2.4L dengan output 149 PS dan Torsi hingga 359 Nm.

Selain itu, mengingat bagaimana Wuling meracik Almaz dalam persaingannya dengan Honda CR-V, kemungkinan Victory akan menjadi MPV Flagship bagi Wuling untuk menggilas segmen Innova, dari varian terbawah hingga ke tipe Venturer yang sudah berharga nyaris Rp 500 juta. Dalam hal kualitas dan desain interior, sepertinya Wuling akan menggunakan cara yang analogis dengan Almaz, yaitu bahan-bahan interior yang berkualitas mobil Eropa, serta desain yang lebih futuristik. Apalagi Wuling telah memiliki fitur Voice-Command berbahasa Indonesia yang akan sangat menggoda konsumen Indonesia.

Kursi Wuling Victory saat Diaktifkan Semua
Kabin Wuling Victory saat Kursi Diaktifkan Semua

Jika benar akan masuk Indonesia, Wuling Victory benar-benar akan menjadi ancaman serius bagi sang raja MPV Indonesia, Toyota Innova. Sebagaimana Wuling Almaz yang telah mengalahkan Honda CR-V dalam hal angka penjualan. Apalagi di lain sisi, Wuling terus memperluas jaringan dealer dan layanan purna jualnya di berbagai kota-kota besar.

Anyway, perkiraan harga tersebut hanya tebak-tebak cocoklogi berdasarkan hitungan kasar, silahkan disampaikan pada kolom komentar jika ada metode penghitungan lain yang lebih akurat. Semoga saja perkiraan kami tersebut tidak sepenuhnya tepat, tapi harga Victory Indonesia bahkan lebih murah lagi, misalnya tidak berbeda dengan level harga Wuling Almaz. Bagaimana menurut Sobat pembaca, apakah akan menunggu hadirnya MPV mewah asal China ini? Atau tetap go ahead membeli Innova?

Lihat gambar Wuling Victory pada gallery di bawah ini, klik pada gambar untuk zoom lebih jelas. Jika sobat menemukan artikel ini di Aplikasi BabeNews atau versi AMP, kunjungi halaman asli blog ini untuk melihat gallery foto tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)