Honda Mobilio 2019 Facelift Diluncurkan, Apa saja Perubahannya?

CaruserMagz.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan Honda New Mobilio 2019 facelift pada Kamis, 21 Februari 2019. Seolah tak mau ketinggalan dari rival-rival yang telah meluncurkan jagoannya, Honda pun menyegarkan Mobilio walau dengan perubahan minor. Paling tidak ada sesuatu yang baru, agar LMPV andalannya itu tak makin tenggelam.

 
Belakangan memang penjualan Honda Mobilio terpental cukup jauh dari posisinya sebelum hadirnya Xpander dan New Ertiga. Belum lagi digempur kehadiran Avanza-Xenia Facelift, Ertiga yang mendapat upgrade fitur dan Nissan Livina berbasis Xpander.

 
Jika tak ada penyegaran pada Mobilio, akan makin berat kompetisi di segmen Low MPV ini bagi Honda. Seperti dikejar jam tayang, akhirnya Honda Mobilio facelift ini diluncurkan hanya berselang 2 hari dari peluncuran Nissan All New Livina 2019.

 
Pertanyaannya adalah, apa saja yang berubah dari Honda Mobilio 2019 ini? Sehingga dianggap layak untuk kembali dipetimbangkan oleh peminat low MPV di tanah air. Ternyata perubahannya sangat tidak banyak sehingga tidak begitu mudah dikenali jika dijejerkan dengan Mobilio sebelumnya. Berikut detail pada bagian apa saja Mobilio 2019 ini berubah:

 

Perubahan Eksterior

Perubahan tampilan luar Mobilio 2019 facelift dapat dikatakan minor dan hanya berubah pada beberapa aksesoris saja. Berikut bagian-bagian yang mendapat peningkatan pada eksterior:

 

Head Lamp Projector

Jika pada Mobilio 2017 masih menggunakan lampu halogen biasa, hingga tipe tertinggi sekalipun, maka Mobilio 2019 ini sudah menggunakan lampu projector, walau masih banyak yang menyayangkan lampu projector tersebut masih halogen, bukan LED yang lebih terang.

Dengan projector, cahaya lampunya akan lebih fokus dan lebih terang dari sebelumnya, walau cahayanya masih berwarna kuning. Bagusnya lampu projector ini bukan hanya untuk tipe tertinggi, tetapi sudah ada mulai dari tipe E.

 

Honda Mobilio 2019 Facelift - Tampak Depan Belakang
Honda Mobilio 2019 Facelift – Tampak Depan Belakang

 

Antena Shark Fin

Antena model sirip hiu sudah disematkan pada Mobilio tipe RS, sehingga terlihat lebih kekinian. Namun pada tipe E masih dengan antena stik pendek di posisi yang sama dengan antena shark fin milik tipe RS. Jadi kemungkinan pemilik Mobilio tipe E bisa mengupgrade antenanya menjadi sama dengan tipe RS.

 

Under Spoiler di Bawah Bumper dan Samping

Pada tipe E sekarang telah disematkan under spoiler di semua sisi, yaitu di bawah bumper depan, bumper belakang dan side skirt. Sehingga tampilan Mobilio tipe E sudah mirip tipe RS.

 

Warna Baru

Dalam hal pilihan warna juga ada yang baru, karena warna jingga Mobilio RS terlihat sedikit berbeda dari versi sebelumnya, yaitu disebut Phoenix Orange yang lebih kemerahan. Sedangkan tipe E dan S mendapat pilihan warna baru juga, yaitu Coffee dan Cerry Red.

 

Velg Baru

Pada tipe RS, velg two-tone barunya cukup unik, karena bagian bermotif steel hanya pada bagian tepi-tepinya saja, sedangkan bagian tengah full hitam. Paling tidak, velg tersebut jadi identitas khas, bahwa Mobilio ini adalah yang terbaru.

Sedangkan pada tipe E, velgnya berubah signifikan. Sebelumnya hanya alloy single tone, pada Mobilio 2019 sudah menggunakan velg two-tone dengan desain yang mirip dengan tipe RS versi sebelumnya.

 

Honda Mobilio 2019 Facelift - Tampak Samping
Honda Mobilio 2019 Facelift – Tampak Samping
Loading...

 

Perubahan Bagian Belakang

Lampu Smoke – Lampu belakang tipe RS kini terlihat lebih mewah dengan ornamen smoke.

Rear Spolier – Duck tail di bagian atas pintu bagasi berukuran lebih besar, sehingga tampak lebih sporty.

Aksen Krom di Pintu Bagasi – Ada tambahan aksen krom, yaitu tepat di tengah memanjang sejajar logo Honda, sehingga seperti sayap panjang bagi logo tersebut.

 

Perubahan Interior

Di bagian dalam, perubahan Mobilio RS seperti berkiblat pada Brio RS 2018. Sehingga beberapa hal yang sudah ada pada Brio, kini disematkan pada Mobilio juga, berikut detailnya:

 

Interior Honda Mobilio 2019 Facelift - Tipe RS
Interior Honda Mobilio 2019 Facelift – Tipe RS

 

Aksen Orange

Pada dashboard tipe RS, sudah ada aksen plastik yang sebelumnya bermotif silver, kini menjadi berwarna orange, persis seperti yang ada pada Honda Brio RS 2018.

 

Head Unit Touch Screen

Head unit Mobilio tipe RS mendapat upgrade signifikan menjadi lebih besar hingga 8 inci dan bermodel floating hingga seperti tablet yang ditempel pada center cluster. Bagusnya HU tersebut lebih responsif dan terlihat mewah. Namun tidak sedikit yang mengatakan, floatingnya nanggung karena ukurannya yang seperti kebesaran.

Menurut beberapa reviewer otomotif, Jika tidak benar-benar floating seperti pada BMW atau Mazda, akan lebih baik jika dibuat terintegrasi saja dengan center cluster.

Pada tipe E, head unitnya mendapat improvement dari sebelumnya Double Din menjadi layar touch screen 6,2 inci yang seperti pada tipe RS sebelumnya. Facelift 2019 ini seolah upgrade besar-besaran untuk tipe E, mungkin karena tipe ini yang paling laris di Indonesia.

 

Warna Interior Mobilio Tipe E

Hal yang benar-benar baru adalah warna interior Honda Mobilio tipe E yang kini dominan warna hitam, yaitu pada dashboard, doortrim dan seluruh bagian plastik di interior. Namun warna jok kursinya masih beige seperti versi lama.

Sehingga interior Mobilio tipe E terlihat agak aneh. Namun bagi sobat yang menyukai warna full hitam, bisa mengganti pembalut kursinya dengan kulit sintesis berwarna hitam.

 

AC Otomatis (Tipe RS)

Jika sebelumnya AC Honda Mobilio belum auto walau sudah digital, maka pada facelift 2019 ini, Honda telah merubahnya menjadi AC otomatis, sehingga pengguna cukup mengatur suhu yang diinginkan, tidak perlu bulak-balik mengecilkan atau membesarkan hembusan AC.

 

Logo RS pada Meter Cluster

Pada meter cluster, Mobilio RS sudah disamakan dengan Brio RS dengan menyematkan huruf RS di tengah speedometernya. Hal tersebut mungkin bertujuan memberi kesan spesial pada pemilik Mobilio, bahwa mereka memiliki Mobilio tipe termewah.

 
Baca juga:

 
Demikianlah perubahan pada Honda Mobilio Facelift 2019. Pada kesimpulannya, facelift ini seperti upgrade signifikan pada tipe E sehingga mirip tipe RS, jadi dapat dikatakan bahwa Mobilio tipe E naik kelas jadi lebih mewah.

 
Semoga informasi ini bermamfaat bagi sobat yang butuh informasi, khususnya bagi sobat yang sedang akan membeli MPV cantik dari Honda ini.

 
Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar