Interior Avanza 2019 Tidak Banyak Berubah, Apa saja Hal yang Baru?

CaruserMagz.com – Foto-foto bocoran penampakan Toyota Avanza 2019 Facelift dan juga kembarannya Daihatsu Xenia 2019 terus bertebaran di sosial media. Setelah penampakan wajah dan eksterior terungkap, baik dengan foto-foto maupun video yang kian jelas, kali ini giliran interior yang diungkap, sehingga bagian dalam Toyota Avanza 2019 bukan rahasia lagi walau belum resmi diluncurkan.

 
Pada Jumat, 4 Desember 2019, foto-foto interior Avanza 2019 tipe G dan Veloz bertebaran di Instagram, sehingga kita bisa tahu apa saja yang baru dan apa saja yang masih sama dengan model sebelumnya.

 
Berikut kami detailkan apa saja yang terdeteksi dari interior Toyota Avanza 2019 Facelift berdasarkan foto-foto yang diposting beberapa pecinta otomotif, akun resmi media dan youtuber otomotif.

 

Bagian Interior yang Tidak Berubah

 
Berikut bagian-bagian interior Toyota Avanza 2019 yang masih sama dengan model sebelumnya. Pada intinya tidak banyak perubahan dalam hal desain dan bahan interior, sehingga sebaiknya peminat mobil ini tidak berharap teralalu banyak.

 
Desain dan Bahan Dashboard – Masih sama bentuknya dengan yang lama dan berbahan plastik keras yang cheap look.

Desain Palang Setir – Tidak ada perubahan sama sekali.

Meter Cluster – Bentuk speedometer, takometer dan MID di Balik Lingkar Kemudi masih sama.

Bentuk Kursi – Tidak ada perubahan.

Bahan Pelapis Kursi – Masih menggunakan bahan fabric.

Door Trim – Masih dengan desain yang sama.

Pengaturan Setir – Tilt Steering.

Konsol Tengah – Tetap dengan desain yang lama.

Globe Box – Masih sempit.

 

Interior Avanza 2019 Facelift - Kabin Baris Kedua
Interior Avanza 2019 Facelift – Kabin Baris Kedua

 

Apa yang Berubah dan Baru pada Avanza 2019?

 

1. Center Cluster Baru

Hal yang paling mencolok adalah perubahan pada center cluster yang menjadi tempat Head Unit Entertaintment System dan Panel AC. Bagian tengah dashboard tersebut kini terlihat lebih modern dengan motif Piano-Black. Center cluster ini juga terlihat flat hingga seperti layar lebar berkat warna hitam piano blacknya yang mengintegrasi Head Unit dan panel AC.

Pada tipe Veloz sebagai varian termahal, center cluster tersebut dikelilingi aksen silver tipis yang membuatnya terlihat mewah. Sedangkan pada tipe G tidak ada list silver tersebut. Pada center cluster juga bersemayam tombol lampu hazard dan slot untuk menyimpan kartu-kartu penting.

 

2. Head Unit Touchscreen

Terlihat jelas bahwa Avanza 2019 tipe G sudah dilengkapi Head Unit berupa layar sentuh yang lebar, mungkin ukurannya antar 7 hingga 8 inci. Tidak terlihat tombol-tombol aktual pada tepian HU tersebut, jadi kemungkinan tombol-tombol controlnya adalah virtual. Bagusnya Head Unit tersebut seperti terintegrasi dengan center cluster, sehingga tidak terkesan after market.

 

Interior Avanza 2019 Facelift - Center Cluster tipe G
Interior Avanza 2019 Facelift – Center Cluster tipe G

 

3. Start-Stop Engine Button dan Keyless Entry

Toyota meningkatkan fitur Avanza 2019, yaitu dengan hadirnya fitur Keyless Ignition System dan Keyless Entry. Kedua fitur tersebut memang selalu terintgrasi, sehingga tidak perlu anak kunci untuk menghidupkan mesin dan untuk membuka pintu kabin depan.

Bagusnya fitur canggih tersebut telah disediakan pada Avanza tipe G yang sebelumnya masih sangat minim fitur. Fitur ini adalah salah satu yang membuat Avanza seperti naik kelas jadi lebih mewah.

 

4. Retractable Door Mirror

Rumahan kaca spion kini bisa dilipat secara elektrik dari tombol di dalam kabin. Sehingga lebih praktis saat parkir atau saat harus melalui jalanan sempit dimana kaca spion butuh dilipat sambil mobil tetap berjalan.

 

5. AC Digital

Perubahan besar selanjutnya adalah telah disematkannya AC Digital pada Avanza tipe G dan Veloz. Sehingga tidak ada lagi putaran kenop untuk mengontrol AC. Sebenarnya pengaturan AC Avanza 2019 ini masih sama dengan versi sebelumnya, hanya saja kini dilakukan dengan tombol-tombol digital. Sayangnya AC tersebut belum otomatis, namun lumayan membuat tampilan interior jadi lebih modern.

 

6. Audio Steering Switch

Sebenarnya fitur tombol-tombol pengaturan audio system pada palang setir bukanlah hal baru, karena sebelumnya memang sudah ada pada Veloz. Namun istimewanya pada Avanza 2019, fitur tersebut telah disematkan pada Avanza tipe G, dimana dulunya hanya dimiliki Veloz.

 

7. Rear Entertainment System

Untuk penumpang kabin baris kedua dan ketiga, disediakan layar monitor di plafon. Tapi aksesoris tersebut hanya disediakan untuk Tipe Veloz sebagai varian tertinggi.

 
Demikianlah hal-hal apa saja yang baru pada interior Toyota Avanza 2019 Facelift. Semoga para peminat mobil ini belum bosan dengan nuansa Avanza versi sebelumnya, karena suasanyanya masih sama. Namun peningkatan fitur lumayanlah dibanding model sebelumnya, seperti AC Digital, Head Unit Touchscreen untuk tipe G dan Start-Stop Engine Button.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar