Wow! Hyundai Blue Link Technology pada Venue Lebih Canggih dari MBUX?

CaruserMagz.com – Hyundai India telah meluncurkan SUV canggih bernama Venue pada tanggal 21 Mei 2019. Hyundai membuat genre baru untuk SUV mungil di negeri Boliwood tersebut, dimana pada umumnya mobil makin kecil, makin sederhana fitur dan kualitasnya. Namun Hyundai India mengincar market kalangan muda tajir untuk Hyundai Venue yang canggih berkat Hyundai Blue Link Technology.

 
Baik dari tampilan dan kualitasnya, Hyundai Venue sangat berkelas dan berbeda dari urban SUV seukuran di India, semisal Datsun Cross, Renault Kwid atau Suzuki Ignis. Hyundai mungkin tidak mengejar angka penjualan yang banyak, tapi lebih mengincar prestise.

 
Salah satu kecanggihan Hyundai Venue adalah teknologi connected car bernama ‘Blue Link‘, yang membuat Venue menjadi Smart Connected Car pertama di India.

 
Teknologi konektivitas Hyundai Blue Link Technology ini mirip dengan Mercedes Benz User Experince (MBUX) pada Mercedes Benz. Blue Link milik Hyundai terdiri dari tujuh segmen, yaitu:

  • Artificial Intellegence – Kecerdasan buatan
  • Alert Services – Fitur Pengingat
  • Location-based Services – Servis berbasis lokasi
  • Vehicle Relationship Management – Manajemen Mobil terhubung
  • Remote – Pengendalian berjarak
  • Security – Keamanan
  • Safety – Keselamatan

 

Hyundai Venue Blue Link Technology - Connected Car
Hyundai Venue Blue Link Technology – Connected Car

Berikut penjelasan lebih detail mengenai Hyundai Blue Link:

1. Artificial Intellegence (AI) – Kecerdasan Buatan menyediakan fitur interaktif antara Hyundai Venue dengan pengemudi dan penumpangnya melalui kemampuan pengenalan suara. Pengguna dapat berinteraksi dengan Hyundai Venue bahkan dengan aksen India. Fitur ini membuat pengemudi bisa mengaktifkan fitur-fitur infotainment dan mengaktifkan AC melalui perintah suara. Hal ini mirip dengan MBUX pada Mercedes yang diberi nama “Hi Mercedes“.

 
2. Alert Services – Berbagai fitur pengingat juga ada, antara lain Idle Alert yang membuat pengguna mobil mengetahui kapan kendaraan tidak digunakan, Time Fencing Alert (pengingat waktu), Geo-fence Alert untuk menjaga mobil agar tidak keluar dari wilayah yang ditentukan, Speed Alert dan Valet Alert untuk mengetahui jika mobil digunakan untuk joyride oleh petugas parkir valet.

 
3. Location-based services – Layanan berbasis lokasi termasuk Informasi Lalu Lintas real time, Pelacakan Kendaraan real time, Peta Push dari Aplikasi, Peta Push dengan pusat panggilan dan pengaturan destinasi yang ditautkan dengan jadwal.

 
4. Vehicle Relationship Management – Manajemen mobil terhubung memungkinkan pengguna untuk tetap mendapat informasi terbaru tentang kesehatan kendaraan dan cara kendaraan itu dikemudikan. Pengguna dapat mengakses laporan kesehatan bulanan kendaraan, menjalankan manual DTC (Diagnostic Trouble Code), memeriksa dan mengetahui perilaku/informasi mengemudi. Fitur-fitur ini sangat berguna ketika kendaraan diserahkan pada sopir pribadi atau dipinjam teman. Jadi pengguna dapat mengetahui kondisi mobilnya setiap saat.

 
5. Remote – Sejumlah fitur atau fungsi Hyundai Venue akan dapat diakses dari jarak jauh. Antara lain engine start-stop, membuka/mengunci pintu, klakson, lampu dan bahkan kontrol AC. Selain itu, fitur konektivitas tentu membuatnya dapat dipantau dari jarak tertentu, semisal pemeriksaan status dan lokasi kendaraan.

 
6. Security – Dalam hal keamanan, paket Blue Link menawarkan pemberitahuan pencurian, pelacakan dan imobilizer untuk kendaraan anti maling.

 
7. Safety – Fitur keselamatan yang ditawarkan di bawah Blue Link mencakup Pemberitahuan kepanikan, Pemberitahuan dan Bantuan Kecelakaan Otomatis, Bantuan SOS/Darurat, dan Roadside Assistance.

 

Hyundai Venue Blue Link Technology - Connected base features
Hyundai Venue Blue Link Technology – Connected base features

Baca juga: Begini Desain Futuristic Hyundai Venue

 
Dari rincian penjelasan fitur-fitur yang tercakup dalam “Blue Link Technology” tersebut, dapat kita ketahui bahwa mobil ini benar-benar dibuat untuk kaum muda yang sangat ingin terhubung dengan gadgetnya, termasuk mobil pribadi. Kaum generasi old yang gaptek tentu akan kesulitan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, sementara kaum muda yang techy-oriented akan sangat menyukainya.

 
Bagaimana menurut sobat muda? Apakah sebaiknya kita usulkan agar Hyundai Mobil Indonesia (HMI) segera memboyong Venue ke Indonesia? atau minimal menyematkan teknologi Blue Link tersebut pad model-model yang sudah ada di Indonesia, seperti Santa Fe, Tucson atau bahkan Grand i10. Sebagai informasi, Hyundai Venue mempunyai kembaran tak seiras dari brand segrupnya, yaitu Kia Tellos. (YAB)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar