Triumph TE-1, Motor Listrik Bertenaga 174 Hp yang Ganteng Sangat!

Triumph TE-1 - Motor Listrik Super

CaruserMagz.com – Triumph dan Williams Advanced Engineering bekerja sama untuk membangun sebuah motor listrik berenaga besar yang diberi nama “Project TE-1“. TE-1 adalah singkatan dari “Triumph Electric-1” yang artinya merupakan motor listrik pertama dari Sang Pabrikan legendari asal Inggris.

Triumph dan Williams meluncurkan gambar digital pertama yang menampilkan wujud prototipe Proyek TE-1. Motor ini menganut desain sporty yang sekilas terlihat seperti motor bermesin bakar.

Triumph TE-1 Project
Triumph TE-1 Project

Namun tidak ada mesin bakar di tubuhnya, melainkan bagian yang gemuk di sisi depan bawah adalah baterai besar dan motor listrik.

Menurut sang pabrikan, motor ini dirancang untuk menjadi motor listrik terbaik. Posisi dan bobot baterai dirancang sedemikian rupa untuk keseimbangan dan pusat gravitasi.

Uniknya, perangkan Control Unit sudah disatukan dengan pengemasan baterai untuk pertimbangan efisiensi ruang dan bobot.

Baca juga:

Triumph Electric 1 (TE-1) - Williams Technology
Triumph Electric 1 (TE-1) – Williams Technology

Meski Triumph belum memberi keterang resmi mengenai powertrain-nya, media otomotif banyak memberitakan bahwa sistem kelistrikannya akan berukuran 360 Volt dan dilengkapi fitur fast-charging yang baterainya bisa terisi hingga 80% dalam waktu kurang dari 20 menit.

Motor listrik sebagai jantungpacunya dikabarkan mampu memuntahkan tenaga hingga 174 hp, walau berat keseluruhan motor tersebut hanya 10 kg saja. Itu sudah hampir setara dengan tenaga SUV besar semisal Toyota Fortuner dan Pajero Sport.

Namun demikian, motor ini disebut memiliki respons throttle yang intuitif serta pengereman regeneratif yang terasa alami. Artinya pengendara tidak akan merasa terintimidasi oleh tenaga dari motor listrik yang biasanya instan dan ekstrim dari putaran bawah.

Triumph Project TE1 - Tampak Samping
Triumph Project TE1 – Tampak Samping

Proyek motor listrik Triumph ini telah dimulai sejak tahun 2019 sebagai salah satu fondasi bagi strategi sepeda motor listrik masa depan sang pabrikan.

Menurut CEO Triumph, Nick Bloor, pada akhirnya motor listrik mereka akan difokuskan untuk memberikan apa yang diinginkan konsumennya, yaitu keseimbangan yang sempurna antara kinerja, pengendalian dengan karakter asli motor Triumph.

Tulis Komentar