SUV Pertama Ferrari Bernama Purosangue, Ini Kemungkinan Penampakannya

Ferrari Purosangue - Unofficial Teaser Front

CaruserMagz.com – Ferrari sedang dalam proyek membangun SUV pertamanya dan sepertinya sudah dipenghujung kian mendekati peluncuran. Dikabarkan bahwa Super SUV Pertama Ferrari itu akan bernama Ferrari Purosangue.

Awalnya Ferrari mengklaim tidak tertarik untuk membuat SUV, karena dianggap akan menghilangkan eksklusivitas Ferrari sebagai brand mobil Sport super mewah.

Namun kemudian dikonfirmasi oleh CEO Ferrari, Sergio Marchionne, pada akhir 2017 bahwa Ferrari dalam usaha mengembangkan produk baru berupa Ferrari SUV untuk memperluas jangkauan pasar dan penjualan.

Sebelumnya sudah tertangkap kamera sebuah SUV yang diduga adalah Ferrari, sedang diuji jalan dalam balutan kamuflase di medan bersalju, pada pertengahan Februari 2021 lalu.

SUV Pertama Ferrari Purosangue saat uji jalan dalam kamuflase
Ferrari Purosangue saat uji jalan dalam kamuflase – sumber: Carscoops.com

Dari uji jalan Ferrari Purosangue tersebut, media-media otomotif melihat bahwa model tersebut memiliki bodywork Ferrari GTC4lusso atau Maserati Levante.

Dari foto-foto spyshot uji jalan tersebut, seorang seniman Photoshop Giorgi Tedoradze membuat rendering penampakan Purosangue dari depan dan belakang, hingga kita lihat pada gambar utama di atas dan bokongnya pada gambar berikut:

Ferrari Purosangue - unofficial teaser Rear
Ferrari Purosangue – unofficial teaser Rear

Tedoradze mengambarkan bagian depan SUV yang sangat agresif dan masih sangat bernuansa supercar, hanya saja dalam bentuk yang lebih tinggi sehingga terlihat garang.

Lampu depan yang tajam dipadu dengan lampu LED daytime running yang ramping. di bagian bawah, intake udara bersudut di sisi kedua bumper terlihat serasi dengan sudut lampu utama.

Hal yang banyak menjadi bahan diskusi para netizen adalah warna dualtone yang mulai dari bagian atas kap depan hingga ke atap keseluruhan, itu belum pernah terlihat pada mobil Ferrari. Namun ini adalah ekspektasi sang seniman.

Di bagian belakang tak kalah agresif, ini terlihat rumit tapi sangat gagah. Bumper dengan difusser besar dan ventilasi udara bersudut terlihat mendominasi bagian bawah.

Teaser Ferrari Purosangue oleh Giorgi Tedoradze
Teaser Ferrari Purosangue oleh Giorgi Tedoradze

Bagian yang indah terlihat pada lampu belakang berbentuk dua hexagonal dan dihubungkan oleh LED tipis di sepanjang pintu belakang.

Spoiler belakang di atas LED tipis terlihat cakep dan dua knalpot di bagian tengah bagasi seolah akan menyemburkan hawa panas dari mesin jet.

Posisi kenalpot itu terlihat kurang masuk akal untuk diwujudkan, karena tentu plat nomor dapat saja terlihat kotor karena menerima semua yang mengalir dari kenalpot. Lagipula, tentu akan mengganggu pengguna jalan lain di belakang.

Bagaimana dengan Mesin SUV Pertama Ferrari?

Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Ferrari, media-media otomotif mulai menebak-nebak akan seperti apa dapurpacu Ferrari Purosangue ini.

Diperkirakan bahwa SUV pertama Ferrari ini akan menggunakan mesin V8 3,9-liter twin-turbo yang sama seperti milik GTC4lusso, yang menyemburkan tenaga hingga 650 PS (641 HP), sehingga diharapkan akan bersaing ketat dengan Lamborghini Urus.

Mengenai kemungkinan bahwa SUV ini diberi mesin V12, itu dinilai kecil akan terjadi. Kemungkinan lain yang lebih dekat adalah bahwa akan ada varian berteknologi listrik, semisal Hybrid atau Plugin Hybrid, dengan dapur bakar V6.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar