BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Toyota Innova Zenix Mobil Terlaris di Indonesia pada Agustus 2023, Ini Penyebabnya!

Toyota Innova Zenix Terlaris Agustus 2023

Share

CaruserMagz.com – Toyota Innova Zenix menjadi mobil terlaris di Indonesia sepanjang Agustus 2023. Medium MPV generasi baru itu mengungguli Toyota Avanza dan Daihatsu Sigra yang sering terjual lebih banyak.

Gaikindo mengumumkan data penjualan whole-sale sepanjang Agustus 2023, yang menunjukkan bahwa Innova Zenix adalah yang terlaris dengan angka 7.463 unit. Di tempat kedua adalah Daihatsu Sigra dengan 6.628 unit dan Avanza tergeser ke tempat ketiga di angka 6.283 unit.

Selanjutnya 10 besar diisi oleh Honda Brio, Toyota Calya, Rush, Honda HR-V, Daihatsu Terios, Mitsubishi Triton dan Honda WR-V.

Kondisi ini cukup unik, karena Innova tergolong mobil mahal. Namun beberapa kondisi sangat mungkin menyebabkan Zenix jadi mobil terlaris, antara lain sebagai berikut:

Tidak Ada Pembagian Kue dengan Daihatsu

Innova merupakan mobil yang hanya ada di merek Toyota, bukan mobil kembar semisal Avanza, Xenia, Rush Terios dan lain sebagainya. Sehingga kue penjulanan segmen ini hanya dikuasai Toyota Innova, tidak ada Innova versi Daihatsu.

Jika penjulaan Avanza digabungkan dengan Xenia dan Veloz, maka akan lain ceritanya. Tentu trio kembar itu tetaplah mobil terlaris di Indonesia.

Tidak Ada Kompetitor

Jika dilihat lebih dalam, mobil apa pesaing Toyota Innova sebenar sepadan di Indonesia? Maka jawabannya tidak ada. Innova Zenix melenggang sendirian menikmati kue pasar medium MPV tanpa kompetitor.

Jika disebut Wuling Cortez, Kia Carens, Honda CR-V, Hyundai Santa Fe. Semua mobil itu punya segmen yang berbeda dari segi harga, jenis mobil, dan segmen pembeli.

Misalnya Cortez, secara gengsi merek dan harga bukanlah saingan Innova Zenix sama sekali. Kia Carens kalah fitur dan dimensi mobil sehingga terkesan over-priced, Honda CR-V dan Hyundai Santa Fe terlalu mahal untuk besaing dengan Zenix.

Eksodus Peminat Honda CR-V

Awalnya Honda CR-V generasi baru ditunggu-tunggu oleh peminat mobil keluarga berukuran cukup besar. Tapi ketika diluncurkan di GIIAS 2023 lalu, harga CR-V sudah menyentuh Rp 740 – 800 jutaan. Itu membuat CR-V seperti naik ke segmen mobil premium, sehingga tidak lagi worthed bagi pembeli mobil medium.

Sementara dengan harga Rp 500 – 600 jutaan, Innova Zenix telah menawarkan kenyamanan kabin yang memadai, mesin hybrid yang irit, tampilan ala SUV yang gagah dan kemudahan perawatan tentunya. Sehingga banyak peminat CR-V yang mengganti pilihannya ke Innova Zenix.

Hal itu cukup menggema di sosial media. CR-V banyak disebut over-priced dan banyak netizen yang mengungkapkan bahwa mereka mengganti pilihan dari CR-V ke Zenix.

Harga Honda CR-V nyaris sentuh 800 juta
Harga Honda CR-V nyaris sentuh 800 juta

Mesin Hybrid yang Super Irit

Dengan body bongsor, muatan banyak dan tenaga lumayan besar, Toyota Innova Zenix Hybrid mengkonsumsi BBM bahkan lebih hemat dari city-car saat berkendara di dalam kota. Itu adalah hal yang sangat menggiurkan di tengah kondisi harga BBM yang terus meroket.

Mesin hybrid Innova Zenix juga menghasilkan kesenyapan kabin yang jauh lebih baik dari Innova Reborn bermesin diesel. Sehingga rasa berkendara di dalam kabin Innova Zenix Hybrid jadi terasa lebih premium.

Desain Ala SUV

Bentuk Innova Zenix sangat mirip dengan Toyota Highlander, medium SUV di Amerika Utara. Sehingga walau tetap disebut MPV, sebenarnya Innova Zenix lebih bernuansa medium SUV. Itulah mengapa para peminat CR-V banyak yang bisa berpindah hati ke Zenix.

Toyota Innova Zenix Hybrid – Modellista

Fitur Canggih dan Lengkap

Urusan fitur juga cukup menggiurkan, semisal hadirnya fitur ADAS dan T-intouch pada Zenix. Fitur-fitur kekinian itu membuat Zenix lebih menarik untuk orang-orang muda yang berusia 40an tahun.

Jika dulu Innova Reborn hanya menarik untuk kalangan berumur, maka berbeda kondisinya pada Zenix yang lebih bisa diterima kalangan muda.

Ajang GIIAS 2023!

Tak dapat dipungkiri, ajang GIIAS adalah momen dimana pembelian mobil sangat banyak terjadi. Sedangkan Toyota adalah merek mainstream yang selalu terlaris di tiap pameran otomotif di Indonesia. Sepanjang ajang GIIAS 2023 yang berlangsung 11 hari, Innova Zenix tercatat laku sebanyak 823 unit.

Itulah beberapa faktor yang menurut kami menjadi penyebab Toyota Innova Zenix mobil terlaris di Indonesia pada Agustus 2023. Hal yang paling besar pengaruhnya menurut kami karena kosongnya kompetitor yang benar-benar sepadan dengan Innova Zenix di segmen medium MPV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)