BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Seberapa Irit Konsumsi BBM Innova Hybrid? Ini Klaim Toyota dan Hasil Pengujian Media

Konsumsi BBM Innova Hybrid Seberapa Irit - Innova Zenix

Share

CaruserMagz.com – Konsumsi BBM Innova Hybrid seberapa irit? Bisa berapa km/liter konsumsi BBM Kijang Innova Zenix? Benarkan lebih irit dari Innova Reborn bermesin Diesel. Irit mana Innova Zenix hybrid vs yang bermesin bensin biasa (non-hybrid)?

Mungkin daftar pertanyaan di atas akan terlintas di benak Sobat CarUsers yang berminat membeli Innova Zenix. Karena ada dua pilihan mesin pada Innova generasi-7, yaitu mesin bensin biasa yang lebih murah dan pilihan mesin hybrid yang tentu lebih mahal.

Sehingga jadi pertanyaan penting dijawab, apakah layak membeli Innova Hybrid yang lebih mahal Rp 40 – 55 jutaan dibanding yang bermesin non-hybrid.

Konsumsi BBM menjadi faktor biaya terbesar dari operasional mobil, sehingga mobil yang lebih irit akan sangat signifikan menghemat biaya perjalanan.

Namun sesignifikan apa perbedaan efisiensi bahan bakar tersebut? Berikut kami sajikan data konsumsi BBM Innova Zenix dari berbagai sumber:

Klaim Toyota terhadap Konsumsi BBM Innova Hybrid

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan pada media bahwa hasil pengujian internal Toyota terhadap efisiensi bahan bakar Innova Hybrid jauh lebih irit dibanding Innova sebelumnya.

“Soal fuel consumption, jadi fuel consumption mobil diesel yang lama itu kira-kira 1 liter berbanding 14 km. Yang baru, bahkan yang bensinnya saja sudah 1 liter banding 15 km sekian,” kata Anton di Jakarta pada 21 November 2022.

“Apalagi yang hybrid 1 liter berbanding 21 km. Jadi dari sisi keiritan, baik bensin maupun hybrid lebih irit dibandingkan yang diesel,” sambung Anton.

Jadi berdasarkan klaim Toyota, ada sesilih 6 km/liter antara Zenix Hybrid vs non-hybrid. Jika kita misalkan jarak yang ditempuh adalah 100 km, maka Innova Zenix non-Hybrid membutuhkan 6,67 liter bensin, sedangkam Innova Hybrid hanya butuh 4,76 liter.

Ada selisih sebesar 1,91 liter untuk jarak tempuh setiap 100 km. Dengan harga bensin Pertamax Rp 13.900/liter, maka perbedaan biaya bahan bakar tiap 100 km adalah Rp 26.549. Apakah itu angka yang menurut Sobat signifikan?

Untuk perjalanan jauh hingga beberapa ratus kilometer, itu akan signifikan. Apalagi jika mobil digunakan untuk perjalanan jauh dan setiap hari semisal mobil travel/rental.

Namun perlu diingat, umumnya kondisi mengemudi paling hemat pada mobil hybrid adalah saat berjalan lambat di perkotaan. Sedangkan saat berjalan di tol dengan kecepatan tinggi, akan cenderung lebih boros atau mendekati figur mobil non-hybrid.

Hasil Pengujian Media Otomotif

Data yang kami bahas di atas adalah berdasarkan klaim pabrikan dari hasil pengujian internalnya. Lalu bagaimana hasil pengujian independen dari berbagai media otomotif yang punya reputasi teruji?

Sayangnya hingga saat artikel ini kami tulis, belum banyak media atau influencer otomotif yang merilis hasil pengujian independennya terhadap konsumsi BBM Innova Hybrid.

Data itu akan kami sajikan dengan mengupdate artikel ini jika telah ada. Pada umumnya, pengujian independen oleh media akan menunjukkan angka efisensi yang lebih kecil dari klaim pabrikan.

Kemungkinan karena kondisi berkendara yang real di jalan raya sesuai dengan pengendaraan sehari-hari. Bukan pengujian dengan beberapa parameter yang dimaksimalkan untuk angka terbaik.

Namun salah satu Channel YouTube telah merilis hasil pengujiannya terhadap konsumsi BBM Zenix Hybrid,. Channel SetirKanan mendapatkan figur konsumsi sebesar 22,2 km/liter. Itu bahkan lebih besar dari klaim Toyota.

Hasil Pengujian channel SetirKanan pada Innova Zenix Hybrid
Hasil Pengujian channel SetirKanan pada Innova Zenix Hybrid – Sumber: SetirKanan

Baca juga: Konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid Berapa Km/Liter?

Spesifikasi Mesin Innova Zenix

Kijang Innova Zenix generasi-7 dibekali mesin 1.987 cc (2.0L) berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine, 4-silinder dual VVT-i yang menghasilkan tenaga174 PS pada 6.600 rpm, dan torsi 204,9 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Sedangkan Kijang Innova Zenix Hybrid menggunakan mesin 1.987 cc M20A-FXS yang bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

Mesin tersebut digabungkan dengan sistem motor listrik hybrid bertenaga 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Tenaga gabungan dari sistem hybrid tersebut diklaim mencapai 186 PS.

Innova Zenix non-hybrid diklaim lebih irit dibanding Innova generasi-6 karena penggunaan platform TNGA-C dan sistem penggerak roda depan (FWD) yang berkontribusi mengurangi bobot keseluruhan hingga 170 kg.

Tenaga yang lebih besar, bobot lebih ringan dan sistem penggerak yang lebih ringkas membuat akselerasi Innova Zenix juga meningkat dibanding Innova Reborn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)