Pabrik Mitsubishi Indonesia Senilai 7,5T Diresmikan di Cikarang, untuk Produksi Pajero Sport & MPV

CaruserMagz.com – Pabrik mobil Mitsubishi di Cikarang akhirnya selesai dibangun, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) meresmikan pabrik perakitan mobil tersebut pada Selasa, 25 April 2017. Pabrik yang akan menjadikan Mitsubishi Pajero Sport dan Low MPV sebagai produk awalnya ini, dibangun di atas lahan seluas 51 hektar, sehingga menjadi pabrik mobil terluas kedua di Asia Tenggara setelah pabrik di Thailand.

 

Pabrik Mitsubishi ini berlokasi di Kawasan Greenland International Center, Kota Deltas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Investasi yang digelontorkan Mitsubishi untuk membangun pabrik ini senilai 65 miliar Yen atau sekitar Rp 7,5 triliun rupiah.

 

Kapasitas produksi pabrik perakitan mobil penumpang ini adalah 160 ribu unit per tahun, dengan proyeksi pengembangan hingga 240 ribu unit pertahun. Produk andalan yang akan dirakit adalah Mitsubishi Pajero Sport (CKD) yang meskipun sekarang berstatus CBU-Thailand, sudah berhasil menjadi SUV 7-seater terlaris di Indonesia saat ini, mengalahkan hegemoni Toyota Fortuner.

 

Selain Pajero Sport, produk kedua yang sudah lama digaungkan adalah calon low MPV sejuta umat yang hingga sekarang belum diumumkan nama versi komersilnya, tapi sudah dipamerkan sebagai mobil konsep Mitsubishi XM.

 

Dengan diproduksi di dalam negeri, diharapkan MPV beraroma Crossover tersebut akan mengambil kue pasar low MPV dalam porsi besar hingga menggoyang posisi Toyota Avanza. Dengan tampilan yang unik dan harga bersaing, sangat mungkin low MPV Mitsubishi ini akan menarik minat konsumen Indonesia secara massif.

 

Pabrik baru Mitsubishi ini dikabarkan telah menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 3000 orang dan 581 vendor lokal. Sehingga kehadiran pabrik ini akan menjadi sumber penghidupan banyak orang dan masyarakat sekitarnya di Cikarang.

 

Peresmian pabrik MMKI ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo, yang menyatakan dukungannya untuk investasi dari luar negeri seperti ini. “Investasi sangat penting karena bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Maka dari itu saya meminta untuk tidak mempersulit kehadiran setiap produsen yang akan berinvestasi di Indonesia,” ujar Presiden dalam sambutannya.

 

Selain Presiden Jokowi, seremoni peresmian pabrik ini juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto,  Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Kepala BKPM Thomas Lembong,  dan Chief Executive Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko.

 

Petinggi Mitsubishi Motor Corporation, Osamu Masuko, mengatakan bahwa investasi ini merupakan perwujudan ambisi Mitsubishi untuk menjadi jawara di pasar otomotif Indonesia. “Fasilitas perakitan (mobil Mitsubishi) di Bekasi merupakan simbolisasi ambisi kami untuk memimpin pasar otomotif Indonesia,” ujar Masuko San.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *